Bekerja membutuhkan aktivitas fisik maupun pikiran. Ya, karena dalam pekerjaan kita dituntut untuk mendesain ataupun menyelesaikan suatu tugas. Namun rasa bahagia dan puas akan muncul ketika pekerjaan itu selesai tepat waktu dan tentunya mencapai target.

Terkadang adakalanya kita terjebak pada pola kerja yang membosankan sehingga kita merasa jenuh berada di kantor. Memang hal itu manusiawi dan wajar. Rasa jenuh merupkan hal biasa yang selalu muncul pada setiap orang ketika menghadapi rutinitas.

Apakah kamu pernah mengalami hal seperti itu? Luapan rasa bosan dan jenuh terkadang ditunjukan dengan mlaas mengerjakan tugas, sengaja telat atau bahkan tidak masuk kantor.

Apalagi ketika hari senin tiba, rasa malas itu akan muncul karena setelah dua hari sebelumnya kita dibuai oleh liburan akhir pekan tanpa pekerjaan. Kantor bisa dibilang merupakan rumah kedua bagi seorang pekerja. Di ruang kantorlah sesorang menghabisakn nyaris sepertiga waktunya sehari.

Penyebab kejenuhan pun berbeda-beda, mungkin bisa jadi masa kerja yang sudah dalam kurun waktu yang lama dan masih saja ditempatkan pada bagian itu, ataupun suasana kantor yang memicu rasa bosan muncul.

Ketika rasa bosan dan jenuh itu menghampiri, jangan sampai terus terjebak dalam situasi itu. Kejenuhan tidak boleh dibiarkan menghinggapi diri terlalu lama karena dapat mengganggu kinerja dan mengurangi produktivitas kita di kantor.

Nah, bagi kamu yang mengalami rasa jenuh ketika di kantor tak perlu pergi ke tempat-temoat jauh untuk menghilangkan rasa tersebut. Berikut beberapa cara mengusir jenuh di kantor.

1Cari Tahu Penyebab Jenuh

doktersehat.com

Seperti yang diungkapkan di atas, terdapat banyak faktor penyebab rasa jenuh di tempat kerja. Carilah tahu apa penyebab rasa jenuh yang kamu rasaka, jika rasa itu berasal dari dirimu sendiri, mulailah berpikir positif.

Kerjakan apa yang menjadi tugamu dengan baik, bersyukurlah atas pekerjaan yang kita miliki. Namun, jika penyebabnya berasal dari luar diri kamu, misal rekan kerja atau suassana tempat kerja.

Mulai menunjukkan kualitas kerjayang lebih baik dan kamu dapat berkreasi agar tempat kerajamu menarik.

2Mendengarkan Lagu Kesukaan

ecs7.tokopedia.net

Musik. Siapa yang tidak suka musik, kebanyakan orang tentu suka mendengarkan musik. Musik dapat mengubah mood sesorang, apalagi ketika kamu bosan, dengan mendengarkan musik bisa saja mood kamu yang tadinya kurang baik bisa pergi.

Dengarkan lagu-lagu favoritmu yang dapat menambah semangat dalam kerja.

3Makan Camilan

www.chefbunda.com

Sambil mendengarkan musik favorit kamu bisa mengudap makanan ringan. Kolaborasi musik dan camilan ringan ini dapat membuat suasana kerja maenjadi lebih asik. Tapi ingat,hindari makan terlalu banyak. Hal ini bisamenyebabkana kantuk.

4Ubah Suasana Kerja

hidrogel.bisnisant.web.id

Kamu dapat mengatur ulang meja kerjamu agar tampak lebih menyenangkan. Terkadang tumpukan kertas di meja membuat orang yang meilhatnya menjadai risih dan bosan. Sebaiknya singkirkan benda-benda yang tidak penting dan tidak terpakai.

Tidak ada salahnya juga kamu membawa benda kesayanganmu di atas meja kerja. Misal benda-benda yang ada disekitar rumahmu, seperti minatur mainan, vas bunga kecil, atau stiker-tiker lucu yang bisa kamu temepel sebagai hiasan.

Kamu juga bisa menghias meja kerja dengan origami, burung-burung kertas. Menarik bukan? Berkreasilah agar suasana tempat kerjamu menyenagkan.

5Mempunyai Teman Bicara

images.malesbanget.com

Saat rasa jenuh dengan suasana kantor mulai muncul, mungkin kita akan malas untuk datang ke kantor. Tapi hal ini tak akan terjadi jika kita mempunyai teman bicara yang asik. Apalagi teman ini terlihat sama suntuknya dengan mu, kamu merasa memiliki tempat berbagi bcerita.

Sehingga menemukan solusi bersama agar rasa bosan itu pergi. Mempunyai teman bicara yang asik dan menyenangkan bisa menjadi salah satu penyemangat dalam menjalankan rutinitas kerja.

6Buat Kata-kata Motivasi

laruno.com

Kamu dapat membuat kata-kata motivasi setiap hari, sehingga ketika kamu merasa jenuh kata-kata tersebut dapat membangkitkan semangat kerja kembali.

7Kerjakan Tugas Penting Ketika Tugas Lain Telah Selesai

kerjayuk.com

Jika kamu telah menyelesaikan tugas mu  lanjutkanlah untuk mengerjakan tugas mu yang lain. Saat kamu menemukan tugas yang nampak sama, sehingga memicu menuculnya rasa jenuh, segeralah mengubah cara pandangmu. Anggalah itu adalah tugas baru dan fokuslah mengerjakannya.

Ketika kamu fokus dan larut dalam tugas tersebut maka rasa jenuh itu akan hilang. Jangan lupa cek ulang semua  tugasmu yang telah selesai.

Itulah beberapa cara mengusirkan jenuh agar kerjamu di kantor menenangkan. Selain itu selalu awali hari dengan rasa syukur dan senyuman, karena bahagia itu berasal dari dalam diri kita.