Seringkali ketika seseorang terjebak dalam rutinitas pekerjaan yang menyita waktu, tenaga, dan pikiran, pasti merasakan yang namanya frustasi, bosan, malas, lelah.

Bahkan untuk yang bekerja tidak sesuai dengan passionnya, pasti perasaan letih itu jauh lebih menyiksa.

Kalau kamu mulai merasa jenuh, malas, capek, segera lakukan 6 cara berikut ini;

1Melihat Tujuan Kerja

entrepreneurmuslim.com

Tengok kembali peta hidupmu, untuk apa kamu bekerja keras menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Jadikan pekerjaanmu ini sebagai bentuk ibadah kepada Allah Swt, bukan untuk mencari uang. Uang atau rejeki sudah Allah jamin kamu akan dapat seberapa besar dan kapan.

Menengok kembali tujuanmu bekerja sama saja dengan memperbaharui niat. Lakukan ini setiap hari. Kalau perlu tuliskan di depan dinding atas tempat tidur, agar setiap bangun tidur kamu akan membaca tulisan itu terus.

Perbaharui niatmu bekerja setiap pagi.

2Memberikan Penghargaan kepada Diri Sendiri

mashable.com

Bukan maksud berfoya-foya namun, kamu perlu menyenangkan dirimu sendiri sewaktu-waktu sebagai bentuk hiburan agar bisa kembali bekerja dengan semangat.

Beli hadiah yang kecil saja, tidak perlu mahal. Berlibur sejenak ke wisata alam, misalnya, atau makan makanan lezat yang belum pernah kamu cicipi.

3Buat Sesuatu Jadi Menyenangkan

build2think.wordpress.com

Luangkan waktu bersama teman sekantor atau satu profesimu untuk melakukan hal-hal lucu, menyenangkan, bahkan konyol sekalipun. Misalnya senam bersama ketika di tengah pekerjaan, kamu merasa sangat letih dan bosan.

Harus ada kerja sama yang baik antar teman untuk melakukan hal ini. Yakinlah bahwa rasa capekmu pasti akan cepat hilang kalau kalian ramai-ramai melakukan hal-hal yang membuat tertawa.

4Kontrol Apa yang Kamu Bisa

mihaistanescu.ro

Kalau ada tugas yang kamu rasa itu sulit dikerjakan atau di luar kemampuanmu, mintalah bantuan teman. Jika diberi kesempatan untuk menolak, maka sejak awal tolaklah tugas yang justru akan membuatmu mati kutu.

Fokus saja pada apa yang menjadi dasar kemampuanmu, apa yang memang mahir kamu lakukan. Teruslah belajar dan tingkatkan potensimu pada hal yang kamu kuasai tersebut.

5Buat Rencana B

edhon.wordpress.com

Dalam hal apapun, selalu persiapkan rencana B sebagai altenatif jika sewaktu-waktu rencana A tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Berlatihlah untuk cepat beradaptasi terhadap perubahan, mampu memenuhi setiap tantangan hingga tuntas.

6Segera Wudhu, Sholat, Tilawah

megapolitan.kompas.com

3 kegiatan ini¬†adalah bentuk ibadah penenang yang paling ampuh, mujarab, dan segera melenyapkan rasa lelah dan malasmu, dengan catatan, dilakukan khusyu’, khidmat, konsentrasi penuh.

Kamu akan merasa segar bukan hanya pada tubuh, tapi juga pikiran dan yang paling penting adalah hati. Ketenangan akan membuatmu jauh lebih nyaman untuk kembali bekerja.

SHARE