Hei, para pecinta santapan pedas, sudah mencoba pedasnya keripik ketela balado yang endes banget? Eits, jangan buru–buru memutuskan kalau artikel ini endorse produk seperti yang ada di Instagram, Twitter, dan sebagainya itu ya.

Sebab di sini saya bukan untuk menawarkan produknya, tapi justru kita akan belajar membuatnya sendiri!

Hitung–hitung belajar memasak ya meskipun hanya cemilan. Toh kalo misalnya buatan kita ini patut diacungi jempol, tidak ada salahnya mencoba membuka bisnis baru kecil–kecilan penambah penghasilan. Ya bukan?

Nah, di sini kita akan membahas mulai dari alat dan bahan yang diperlukan, hingga proses pembuatannya Guys. Mau tahu? Check it out!

1Alat Ini Harus Kamu Siapkan

penggorenganwajankuali.blogspot.com

Pertama alat apa saja sih yang harus kita siapkan untuk pembuatan keripik ketela balado ini? Yup, yang pasti adalah wajan dan seperangkatnya, ulekan, pisau, papan irisan, dan baskom.

Cukup sederhana bukan? Pastikan semua alat yang akan digunakan dalam keadaan bersih Guys, agar makanan yang akan kita buat nanti tetap hygienis.

2Pilih Bahan-Bahan Terbaik

reps-id.com

Untuk menghasilkan keripik ketela balado yang benar-benar endes banget, kita juga harus memperhatikan kualitas material yang dibutuhkan Guys.

Yang kita butuhkan untuk membuat olahan ini adalah ketela yang pasti, kita bisa memilih ketela pohon maupun ketela rambat, ingat, pemilihan ketela harus diperhatikan Guys. Karena kadang – kadang ketela yang sudah agak lama dipanen akan mengayu.

tokopedia.com
tokopedia.com

Selain ketela, bahan lain yang perlu kita siapkan antara lain adalah cabai rawit merah, gula jawa, garam, minyak goreng, air, daun salam, dan daun jeruk jika ada.

3How to Make It?

ummunashrullah.blogspot.com

Inilah yang paling ditunggu-tunggu, proses eksekusi! Mudah sekali sebenarnya untuk membuat keripik ketela balado ini Guys.

Langkah pertama, ketela yang telah kita pilih dan siapkan tadi, kita cuci bersih dan kita iris setipis yang kita bisa. Semakin tipis irisan, keripik pun akan semakin renyah.

kaskus.co.id
kaskus.co.id

Selagi belum digoreng, masukkan ke dalam baskom seluruh irisan ketela tersebut agar tidak tercecer kemana-mana. Setelah selesai mengiris semua ketela, panaskan minyak goreng dengan api sedang, goreng semua irisan, jangan lupa tiriskan.

Langah selanjutnya membuat bumbu balado untuk keripik ketela, cukup mudah, karena sambal yang kita buat hanya sambal bawang, yup, hanya melibatkan cabai, bawang dan garam. Kuantitasnya dapat kita sesuaikan dengan selera kita masing-masing.

resepmakanankita.com
resepmakanankita.com

Setelah sambal bawang jadi, mulai untuk menumis sambal tersebut. Pertama, panaskan 1-2 sendok makan minyak goreng dengan api kecil.

Masukkan sambal bawang, jika sudah tercium aromanya, masukkan gula jawa sesuai selera, aduk terus-menerus dan masukkan air secukupnya ke dalam tumisan sambal dan gula jawa tersebut agar gula tidak mengeras.

updatenewsori.com
updatenewsori.com

Untuk memperkuat rasa dan aroma masukkan juga 1-2 lembar daun salam dan 3-5 lembar daun jeruk nipis jika ada.

Selanjutnya, masukkan keripik ketela ke dalam bumbu yang telah ditumis tadi, campurkan bumbu dan keripik, uleni agar seluruh bumbu tersebar merata.Jangan lupa apinya dimatikan ya Guys. Hehehe

Taraaa, jadilah keripik ketela balado buatanmu! Bagaimana? Mudah bukan membuatnya?

.jualanekajeniskeripik.com
jualanekajeniskeripik.com

Boleh lho, buatanmu itu dibagikan ke kerabat, teman kerja, atau tetangga terdekat, sekedar dicicipi kalau mereka ketagihan kan bisa jadi itu awal usaha baru yang baik buatmu.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan sukses!