Manusia modern pasti kenal makanan pancake. Salah satu jenis kue yang kerap menjadi santapan sarapan di pagi hari.

Sebenarnya, pancake ini telah dikenal sejak masa Romawi kuno. Pancake juga disebut kue dadar. Bentuknya tipis dan bundar. Tapi, ada juga yang berbentuk persegi.

Cara penyajian dan bentuk pancake berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Seperti di Negara Inggris, pancake disajikan tipis menyerupai crepes. Pancake Inggris tidak mengembang karena hanya menggunakan terigu biasa.

Saat dipanggang akan mengeluarkan gelembung dan warnanya cenderung pucat. Berbeda dengan pancake Amerika yang tampilannya lebih tebal.

Rasa pancakenya lebih beragam, seperti ada rasa gula, kayu manis, pala, atau perasa buatan. Orang Amerika Selatan biasa menyajikan pancake dengan sirup gula dan molases.

Supaya kamu tidak penasaran dengan kelezatan rasanya, yuk mari, membuat pancake sederhana berdasarkan resep berikut ini.

1Pancake Durian

tokopedia.com

Pancake durian ini asli memanfaatkan buah durian. Untuk bisa membuat pancake, kamu harus siapkan bahan-bahannya, seperti whippy cream, buah durian, garam halus, gula pasir, santan, air, terigu, dan telur.

Langkah pertama, pisahkan antara biji dan daging buah durian. Setelah itu, kamu harus memasak santan yang dicampur dengan gula, garam, dan durian sampai agak kering. Angkat dan sisihkan.

Langkah kedua, buatlah adonan untuk kulit pancake. Caranya, campurkan terigu, air, santan, dan telur. Kocok semua bahan tersebut memakai mixer. Tambahkan pewarna yang layak konsumsi.

Aduk terus sampai adonan menyatu dan rata. Untuk membuat kulit, kamu bisa memakai pan. Buatlah sampai adonan habis tak tersisa.

ceritasofi.wordpress.com
ceritasofi.wordpress.com

Setelah kulit pancake siap, isilah dengan 1 sendok makan whippy cream dan daging buah durian seperlunya saja. Kemudian, lipat menyerupai bentuk amplop.

Kini, pancake sudah dapat kamu santap. Selamat menikmati, guys!

2Pancake Ala Korea

recipeshubs.com

Korea terkenal banget dengan pancake kentangnya. Rasa khas ala Korea membuat lidah nggak ingin berhenti makan.

Untuk membuat pancake kentang khas Korea, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berupa kentang, bawang bombay, cabe merah, air, garam, dan minyak goreng.

Langkah pertama, kupaslah kentang dan bawang bombay. Kemudian, cuci keduanya sampai bersih.

Selanjutnya, blender kentang dan bawang bombay dengan dicampurkan sedikit air. Lalu saring sari-sarinya dan ambil ampasnya. Diamkan air saringan tersebut sejenak. Setelah 5 menit, ambilah sari pati kentang yang mengendap dalam air. Jangan lupa buanglah airnya.

Sari pati kentang sekitar 1 cm dicampurkan ke dalam ampas hasil saringan tadi. Dengan adanya sari pati kentang, tekstur pancake nantinya akan semakin kenyal.

Taburkan garam secukupnya di atas campuran sari pati dan ampas kentang dan bawang bombay.

dirikudisini.wordpress.com

Langkah berikutnya, iris halus cabe merah (buang isinya). Cabe ini nantinya akan dipakai untuk topping pancake.

Langkah keenam, panaskan minyak di dalam teflon dan lakukan pan fried adonan tadi menyerupai bentuk bulat. Lalu letakkan irisan cabe merah di atasnya.

Gorenglah adonan selama kurang lebih 2 hingga 3 menit. Setelah matang (warnanya berubah) angkat dan hidangkan.

3Pancake Pisang Tanpa Telur

resep-wongkito.blogspot.com

Bagi kamu yang tidak suka telur, bisa mencoba pancake pisang tanpa telur. Siapkan saja bahan-bahannya, yaitu pisang ambon, tepung terigu, gula pasir, garam, susu cair, dan soda kue.

Langkah pertama, haluskan pisang menggunakan garpu dan campurlah dengan susu cair. Sisihkan adonan di wadah khusus.

Langkah kedua, ayaklah tepung, soda kue, dan garam. Kemudian, tambahkan gula pasir dan aduk sampai merata. Setelah itu, masukan adonan pisang sambil diaduk rata.

kelliskitchen.org
kelliskitchen.org

Langkah ketiga, tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur dan masaklah sampai matang. Lakukan tahapan tersebut sampai habis. Kamu bisa menambahkan topping sesuai selera kamu.

Jika tahapan tersebut sudah kamu lakukan semua, angkat dan hidangkan pancake pisang tanpa telur.