grosirsayuran.wordpress.com

6 Cara Buka Usaha Rumah Makan Bagi Pemula

Posted on

Salah satu jenis udaha yang seolah tak ada habisnya adalah usaha kuliner. Kenapa? Sebab semua orang membutuhkan jasa kuliner untuk memenuhi kebutuhan primer, yaitu pangan.

Bentuk usaha jasa kuliner yang cukup potensial adalah rumah makan atau restoran. Orang-orang sering bingung dengan bagaimana cara memulai usaha ini.

Tentu ada beberapa hal spesifik yang perlu kamu perhatikan, apalagi jika kamu adalah pebisnis pemula yang baru akan mencoba peruntungan di dunia kuliner.

Ini dia 5 cara memulai usaha sendiri di bidang kuliner, yaitu rumah makan:

Rencana Awal

janganmales.wordpress.com
janganmales.wordpress.com

Lakukan indentifikasi, jenis masakan apa yang akan kamu jual, siapa targetmu, masalah permodalan dan pembiayaan operasional, dan sistem pemasaran serta penjualan.

Ada baiknya kamu melakukan survey dulu pada tahap ini untuk mengetahui keselarasan produk dengan target pasar, lokasi yang tepat, besar biaya yang diperlukan, sampai motivasi konsumen sehingga kamu bisa melakukan langkah promosi yang tepat.

Perizinan

easybiz.id
easybiz.id

Meski sifatnya tidak mutlak, tetapi bila kamu berencana menjalankan usaha kulinermu dengan professional, maka perizinan memiliki peran besar.

Urus perizinan sejak awal jika kamu akan membangun rumah makan di pinggir jalan raya utama yang besar. Bisa juga bekerjasama dengan instansi pemerintah.

Lokasi

web.binus.ac.id
web.binus.ac.id

Pemilihan lokasi juga memiliki peran krusial dalam kesuksesan usaha. Kadang menu yang menggoda bisa terkalahkan hanya karena kamu salah memilih lokasi.

Ada baiknya kamu dahului proses pengambilan keputusan dengan survei lokasi. Pastikan ada beberapa pilihan, temukan apa saja kelebihan dan kekurangan setiap lokasi, termasuk biaya sewa atau biaya jualnya.

Pemasok

finance.detik.com
finance.detik.com

Kamu bisa belanja rutin di pasar sebagai langkah awal. Tapi selanjutnya, kamu harus bekerja sama dengan supplier atau pemasok kebutuhan dapur untuk bahan baku menu rumah makanmu.

Kamu tidak perlu lagi pusing oleh urusan dapur, karena merekalah yang menjamin ketersediaan stok bahan baku.

Pastikan pasokan bahan baku sesuai dengan standar yang kamu tentukan di awal, ada akad yang jelas bagaimana pembayaran gaji untuk pemasok.

Tenaga Kerja

blj.co.id
blj.co.id

Pastikan sebelum membuka rumah makan, kamu sudah punya kandidat koki yang masakannya enak untuk mengurus urusan dapur, khususnya kebutuhan bumbu dan memasak menu.

Kamu juga harus belajar bekerja dengan cepat karena melayani pembeli di rumah makan tidak bisa lambat. Pelayanan lambat akan memberi nilai negative bagi usaha rumah makanmu.

Kalau usahamu sudah berjalan konstan, rekrutlah tenaga kerja yang jauh lebih ahli. Biasanya, semakin tinggi kelas pasar rumah makanmu, maka semakin mahal juga tenaga kerja yang kamu rekrut.

Standar Kualitas: Halal dan Thoyyib

esqlife.com
esqlife.com

Terkait dengan target pasar, ada beberpaa aspek yan perlu kamu perhatikan terkait dengan standar kualitas sajianmu nantinya, termasuk bagaimana bentuk packaging.

Utamakan kebersihan, halal, dan proses yang baik dari pemilihan bahan baku, memasak, sampai menyajikan. Ingat, halal dan toyyib.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *