Bagaimana cara belajar membaca Al-Qur’an dengan cepat? Mungkin kamu beranggapan bahwa Al-Qur’an sulit dipelajari dan susah dimengerti karena berbahasa arab.

Jangankan untuk mengerti artinya, untuk belajar membacanya saja butuh waktu yang tidak sebentar. Apakah benar demikian? Kok kesannya seram sekali ya membaca Al-Qur’an jika dipandang begitu menakutkan seperti itu.

Bila kamu memang benar-benar belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, tidak perlu bersedih, tidak perlu minder. Sebetulnya, membaca ayat-ayat Al-Qur’an dapat dipelajari dengan mudah dan cepat lho.

Allah sendiri yang menjamin dalam surat Al-Qamar (54) ayat 17; “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?

1Luangkan Waktu Khusus

yessykawidy.wordpress.com

Jangan menunggu ada waktu luang, baru belajar membaca Al-Qur’an. Tapi kamu harus bersungguh-sungguh meluangkan waktu khusus untuk Al-Qur’an.

Biasanya, jika menunggu adanya waktu luang, pasti tidak akan bisa. Justru kamu tidak akan pernah belajar Al-Qur’an. Jangan sampai kita memberikan waktu sisa untuk mempelajari kitab suci ini.

2Cari Guru

fajarpendidikan.co.id

Setelah waktu, carilah guru yang dapat membantumu menguasai cara membaca Al-Qur’an. Meskipun kita ingin belajar membaca dengan cepat, tetap butuh proses.

Tidak boleh kita belajar Al-Qur’an secara otodidak karena dikhawatirkan ada hukum-hukum bacaan yang salah. Maka, kehadiran guru ini menjadi sangat penting dan wajib.

3Mampu Membaca Huruf Hijaiyah

rebellinasanty.blogspot.com

Pertama-tama kita harus bisa membaca huruf hijaiyyah yang berjumlah 28 huruf. Sama seperti jika kita hendak belajar membaca bahasa indonesia.

Jika kita mengetahui dan bisa membaca 28 huruf hijaiyyah dengan benar, maka ini bisa modal utama kita untuk bisa membaca Al-Qur’an, karena isi Al-Qur’an adalah bacaan yang tersusun dari 28 huruf hijaiyyah.

4Memahami Tanda Baca

pecintaanakyatim.com

Setelah paham dan mampu membaca huruf hijaiyyah dengan fasih, tahapan selanjutnya adalah mempelajari tanda baca, yaitu fathah, kasrah, sukun, tanwin, dan dhommah.

Sama seperti belajar berbahasa indonesia, tanda baca yang disebutkan tadi mirip dengan huruf vokal yang ada pada bahasa indonesia.

5Memahami Tajwid

harnas.co

Kamu harus menguasai isyarat baca di dalam Al-Qur’an. Di dalam tata cara membaca Al-Quran ada banyak isyarat tanda baca, seperti Mad Arid Lissukun, Mad Wajib Muttasil, dan sebagainya.

Isyarat baca ini memang tidak sering muncul di dalam Al-Qur’an, frekuensi kemunculannya sedikit, namun hal ini penting diperhatikan dan dipelajari karena jika tidak kita belum bisa dikatakan fasih membaca Al-Qur’an kalau tidak memperhatikan isyarat baca ini.

6Memahami Teknik Membaca Alquran

republika.co.id

Selanjutnya, mengetahui dan menguasai teknik membaca Al-Qur’an, seperti Idgham, Qalqolah, dan lainnya. Idgham adalah teknik membaca dengung, seperti halnya jika ada huruf hijaiyyah “nun” mati bertemu dengan “Mim”.

Jika kita menemukan kalimat ini maka teknik membacanya harus dengung, dapat juga dikatakan Idgham Bighunnah. Masih ada banyak tanda baca yang perlu kita pahami.

Adapun hukum mempelajari Ilmu Tajwid sebagai disiplin ilmu adalah fardu kifayah. maksudnya kewajibannya bisa digugurkan apabila ada orang lain yang melakukannya.

Adapun hukum membaca Al-Qur’an dengan memakai aturan-aturan tajwid adalah fardu ‘ain yaitu wajib bagi setiap dari kita.

7Yuk, Praktikan!

luvia-jihad.blogspot.com

Tips terakhir adalah lakukan sekarang juga. Seseorang tidak akan bisa membaca alquran dengan fasih jika tidak pernah mempraktikkannya.

Bacalah Alquran secara rutin, sebelum masuk waktu subuh, setelah subuh atau setelah maghrib. Biasanya waktu-waktu ini sangat bagus untuk membaca dan mentadabburi Al-Qur’an.

Jangan pernah berhenti mempelajari Al-Qur’an karena di dalamnya semua petunjuk hidup kita telah Allah berikan dan Allah pun telah menjamin bahwa kitab suci ini akan terus eksis sampai hari kiamat. Insyaa Allah.

Wallahu’alam bissawab

SHARE