Banyak orang yang memiliki kemampuan menghapal yang kuat, namun banyak juga yang lebih suka ilmu berhitung daripada menghapal. Dua-duanya bukan merupakan pekerjaan yang mudah.

Terlebih ketika menghapalkan materi yang ada di dalam satu buku, atau bagi mahasiswa, materi dasar selama kuliah untuk diujikan pada sidang tugas akhir. Rasa-rasanya tidak mungkin kita bisa menghapal sebanyak itu dalam waktu singkat.

Jika berusaha keras hingga terlalu memaksakan diri, maka dikhawatirkan hasil materi dan informasi yang berhasil diserap hanya sedikit. Lebih banyak merasa lelah daripada optimal.

Sebetulnya, ada trik khusus untuk menghapal materi yang sangat banyak dalam waktu sesingkat mungkin. Strategi ini digunakan untuk mengefektifkan dan mengefisienkan waktu serta tenaga kita agar tidak terlalu jenuh dan lelah.

Yuk, simak 9 tips berikut ini;

1Segarkan Tubuh dan Pikiran Sebelum Belajar

dw.com

Pastikan dirimu sedang berada dalam kondisi yang baik sebelum mulai belajar. Dalam kondisi nyaman, tubuh dan otak akan merasa rileks sehingga lebih mudah untuk menyerap banyak informasi.

Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk belajar saat dirimu sedang dalam kondisi lesu dan lemas karena tidak akan banyak informasi yang bisa diserap, apalagi dipahami.

Namun kalau memang terpaksa harus belajar saat kondisimu tidak baik, lakukanlah terlebih dulu kegiatan-kegiatan yang bisa memperbaiki suasana hati dan fisikmu.

Kamu bisa berolahraga ringan, minum cokelat panas, mendengarkan instrument yang dapat merelaksasi otak, atau mengobrol singkat dan ringan dengan temanmu. Setelah sudah merasa lebih segar dan semangat, barulah kamu bisa memulai aktivitas belajarmu.

2Pilih Tempat Kondusif

it.avatar-nusantara.com

Selain relaksasi hati, jiwa, tubuh, dan pikiran, maka jangan lupakan pemilihan tempat di mana kita akan belajar. Tempat juga mempengaruhi seberapa banyak informasi yang bisa dihapal dan dipahami.

Pahami betul bagaimana tipe atau karakter belajarmu. Apakah lebih kondusif dengan tempat yang ramai atau tempat yang sepi, apakah lebih nyaman belajar dengan musik atau tidak.

Kalau kamu sudah memahami karakter belajarmu, kamu akan lebih mudah mencari tempat yang cocok dengan gaya belajarmu sehingga membuatmu produktif dalam belajar.

3Persiapkan dan Pahami Materi

storimailife.blogspot.com

Siapkan materi yang akan kamu pelajari sebelum memulai proses belajar dan menghapal. Jangan sampai kamujustru sibuk mencari catatan ketika tengah menghapal. Hal itu sangat mengganggu konsentrasi dan fokusmu akan terpecah.

Pastikan kamu sudah tahu materi mana saja yang harus kamu hapal dan buku apa saja yang harus kamu baca sebagai acuan. Begitu juga dengan alat tulis.

4Catat Poin Penting dan Buat Ringkasan

cumibunting.com

Ilmu itu seperti hewan buruan. Agar tidak lari, maka ikatlah ia dengan tali. Tali itu berupa kertas dan pena, atau berupa catatan. Mencatat berarti mengikat ilmu agar tidak mudah lupa dan tidak tercecer hingga nanti membingungkanmu.

Coba buatlah ringkasan dari buku referensi dan tandai apa saja poin penting pada buku tersebut untuk dicatat ulang dan diberi tanda untuk dihapalkan.

5Rekam Suara Saat Membaca Materi

tokopedia.com

Bagi tipe pembelajar auditori, maka ia akan mudah menghapal dengan cara mendengar. Jangan buat dirimu tersiksa jika sulit menghapal dengan mencatat.

Jangan malu untuk mengeluarkan alat rekam atau ponsel ketika guru menerangkan. Jika memang lebih mudah belajar dengan cara mendengar, mengapa tidak?

6Dengar Rekaman dan Baca Rangkuman Berulang-ulang

kemanaajaboleeh.com

Meskipun kamu auditori, ada kalanya kamu tetap harus melihat catatan pribadi, sekadar untuk mengulang dan memastikan apa yang kamu dengar dan tulis adalah benar.

Coba tutup bukumu dan hanya fokus pada rekaman serta ringkasan saja. Dengarkan rekaman suaramu dengan baik, sembari membaca bagian ringkasan yang sesuai.

Lakukan secara berulang-ulang hingga akhirnya kamu paham dan hafal sekitar 90% materi ini. Semakin banyak kamu mengulangnya, semakin banyak juga informasi yang bisa kamu serap.

7Tulis Ulang Seluruh Materi

rudicahyo.com

Setelah kamu sudah menulis ringkasan, merekam materi, dan mempelajarinya kembali. Maka coba tulis ulang seluruh materi yang sudah kamu pelajari tersebut hanya dengan mengandalkan ingatan saja.

Jika ada bagian yang terlupa, tinggalkan saja dan lanjutkan ke bagian berikutnya. Setelah selesai mengulang materi sampai bagian terakhir, bukalah kembali buku catatanmu dan lengkapi bagian yang tadi terlupa. Ulangi terus hingga tidak ada lagi bagian yang terlupa olehmu.

8Jelaskan Materi pada Teman

destinonegocio.com

Menjelaskan apa yang sudah kita pelajari kepada teman adalah salah stau cara efektif untuk semakin menguatkan hapalan. Kalau tidak ada teman yang bisa kamu mintai bantuan untuk berlatih, maka gunakan cermin sebagai media untuk berbicara sendiri.

Ketika kamu berhasil menjelaskan dengan menambahkan contoh, itu artinya kamu sudah berhasil memahami materi yang dipelajari.

9Sediakan Waktu Istirahat

fansclubarena.mywapblog.com

Istirahat merupakan hal penting dan langkah yang tidak boleh dilupakan untuk semakin mengefektifkan proses belajar. Selalu sempatkan untuk beristirahat di sela-sela belajar.

Kamu bisa memejamkan mata sejenak, menggerakkan badan, atau berjalan-jalan ke luar ruangan. Biarkan tubuh dan pikiranmu menjadi santai, rileks, tenang, sehingga tingkat konsentrasimu akan kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here