Apa yang kamu lakukan ketika merasa sedih akibat peristiwa yang tidak menyenangkan di masa lalu? Sebut saja soal cinta. Cinta yang kandas, cinta yang tak berbalas, atau cinta yang layu sebelum bersemi, sebelum berhasil dipetik.

Kalau kamu pernah mengalami hal tersebut atau sedang mengalaminya sekarang, maka jangan buru-buru merasa down, jatuh, dan sedih berkepanjangan.

Sedih boleh-boleh saja dan wajar. Tapi jangan sampai membuatmu berpikir bahwa dunia sudah hancur, seakan kiamat datang cepat. Oh girls, oh men, ayolah hidup ini terlalu kerdil kalau kamu terus-menerus bersedih hanya karena selalu teringat masa lalu.

Lalu, bagaimana caranya mengikis kesedihan itu yang tanpa diminta, pasti selalu datang tiba-tiba bersama dengan kenangan dan perasaan cinta yang gagal berlanjut? Bagaimana caranya kembali menyegarkan diri?

Tenang, kawan. Tak banyak, ada 5 cara sederhana yang bisa kamu lakukan sekarang juga. Tapi tentu harus ada effort atau usaha terbaik dari dirimu untuk melakukannya, kalau kamu memang ingin melupakan rasa sakit di masa lalu.

1Hapus Kontaknya

areagadgetandroid.blogspot.com

Cinta itu datangnya bisa tiba-tiba, bahkan ketika kamu tidak pernah meminta. Begitu ia sudah datang, maka tak perlu waktu lama untuk menumbuhkannya. Belum juga selesai perasaan yang indah itu bertahan, eeh, sudah harus pupus.

Tentu rasanya sakit. Tapi kamu harus bisa menghilangkan perasaan yang sudah tak pantas lagi berada di hatimu.

Maka cara pertama yang harus kamu lakukan agar tak mudah ingat lagi dengan masa lalu adalah menghapus semua yang berhubungan dengan masa lalu, yang ada di ponselmu maupun yang berbentuk benda di rumahmu. Misalkan saja foto, video, nomor kontak, dll.

2Berkumpul Bersama Teman-teman

granitemen.com

Sudah menghapus kenangan yang ada di ponsel dan membuang benda-benda yang ada di rumahmu, tapi masih saja teringat? Mungkin kamu kurang piknik.

Cobalah berjalan-jalan bersama teman-temanmu. Bukan sekadar berjalan-jalan santai di sekitar rumah. Tapi agendakan untuk traveling atau backpacker ke luar kota, ke luar provinsi, kalau perlu ke daerah-daerah antimainstream yang punya keindahan pemandangan.

Berkumpul bersama teman akan sangat banyak membantumu memulihkan perasaan lho. Itulah gunanya kamu berteman dengan sebanyak mungkin orang baik. Ketika kamu sedang sakit, sedih, jatuh, mereka tak akan segan untuk mengulurkan tangan.

3Lakukan Hal-hal Menyenangkan

flickr.com

Kamu punya hobi yang ingin sekali dilakukan tapi tersita oleh waktu yang justru lebih banyak digunakan untuk bersedih? Nah, sekaranglah saatnya kamu lakukan hobimu atau passionmu tanpa perlu berpikir apapun. Just do it, now!

Sebelumnya, buatlah daftar kegiatan (hobi) yang akan kamu lakukan sendiri atau bersama teman-teman. Jangan sampai ada yang terlewat. Yakinlah bahwa kamu tidak akan menyesal dan justru dengan melakukan hobi ini bisa menghasilkan manfaat.

4Saatnya Perbaharui Tujuan Masa Depan

muslim.or.id

Kamu punya daftar cita-cita atau impian, kan? Tidak mungkin kalau kamu tidak punya tujuan masa depan. Yap, sekaranglah waktu yang tepat untuk membuka kembali catatan mimpimu dan memperbaharuinya kembali.

Segarkan kembali resolusi jangka pendek maupun jangka panjangmu. Tulis apa saja yang ingin kamu raih di masa depan. Ingat, jangan sia-siakan masa mudamu pada hal-hal yang akan membuatmu menyesal di kemudian hari.

Percayalah, cita-citamu jauh lebih berharga daripada cinta yang datang tak tepat pada waktunya.

5Fokus!

nextcenturypublishing.com

Sudah memperbaharui daftar impian? Oke, sekarang saatnya fokus! Impianmu, masa depanmu, adalah kebahagiaan paling besar ketika kamu serius bekerja keras menaklukannya sekarang, untuk kemudian menikmatinya dengan rasa bangga.

Kalau kamu fokus pada impianmu, dan mengabaikan rasa sakit di masa lalu, nantinya kamu kok yang akan untung sendiri. Itu kan memang untuk kebaikanmu, bukan malah menguntungkan orang lain.

Fokus pada impian ini akan membantumu menghilangkan rasa sakit. Tidak bisa sekejap memang. Tapi setidaknya kamu tidak akan rugi berlipat ganda: sudah sakit hati, eh, cita-cita tidak ada yang terwujud pula. Wah, jangan sampai terjadi ya.

kursusmengemudisurabaya.com
kursusmengemudisurabaya.com

Kalau 5 cara sudah kamu lakukan, maka barengi juga dengan sikap bijaksana terhadap peristiwa di masa lalu.

Jangan sampai kamu malah membenci apa yang sudah terjadi, sampai-sampai tidak ingin menyinggungnya sedikit pun. Kalau ada yang tak sengaja mengungkitnya, misalkan, kamu tiba-tiba menjadi sakit lagi. Merasa jatuh dan terperosok lagi.

Ini bahaya lho. Itu tandanya kamu hanya melupakan masa lalu tapi belum sepenuhnya berdamai.

Cobalah 5 cara di atas tadi, dan pada saat yang sama, kamu pahamkan pada diri sendiri bahwa apa yang terjadi di masa lalu adalah pendewasaan untuk membuatmu semakin matang di masa depan.

Lihatlah masa lalu sesekali sebagai pelajaran agar tak terulang di masa depan, sebagaimana kaca spion yang tak selalu dilihat setiap saat. Sip?