abiummi.com

9 Cara Sederhana Cerdaskan Anak Sejak Bayi

Posted on

Jika para orang tua ingin anaknya cerdas, maka harus diusahakan sejak anak masih kecil. Bahkan sejak dalam kandungan.

Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa janin dalam kandungan merekam semua yang terjadi di luar perut Ibunya. Termasuk apa saja yang dilakukan orang tuanya, akan sangat berpengaruh terhadap bayi tersebut.

Nah, berikut ini ada 9 cara cerdaskan anak mulai dari dalam kandungan sampai usia balita yang bisa para orang tua praktikan sekarang juga.

Perdengarkan Murrotal Al-Qur’an

dailymoslem.com
dailymoslem.com

Cara ini sangat ampuh membuat anak semakin cerdas. Perdengarkan murrotal Al-Qur’an ketika anak masih di dalam kandungan.

Lantunan ayat Al-Qur’an ini sangat bagus untuk meningkatkan ketajaman daya ingat dan tentu menenangkan jiwa.

Beri Minum ASI

female.kompas.com
female.kompas.com

Banyak penelitian ilmiah membuktikan bahwa air susu ibu (ASI) selain menyediakan berbagai macam zat gizi, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan intelegensi bayi.

Seorang bayi yang mengonsumsi ASI selama 9 bulan, akan jauh lebih pandai daripada seorang bayi yang hanya mengonsumsi ASI selama satu bulan.

Tingkatkan Kesehatan

katalogibu.com
katalogibu.com

Tim peneliti dari University of Illinois telah membuktikan hubungan antara kesehatan dan pelajaran anak di sekolah.

Salah satu contohnya, berolah raga, yang dapat meningkatkan rasa percaya diri, membangun spirit kebersamaan, bahkan dapat memupuk kecakapan memimpin.

Permainan

caksandi.com
caksandi.com

Ada sejumlah games yang dapat meningkatkan spirit bersosial, kreativitas dan inspirasi, bahkan ada permainan yang dapat melatih anak untuk berpikir bijaksana serta melatih kemampuan membuat rencana.

Tidak Makan Junk Food

brownmillerpr.blogspot.com
brownmillerpr.blogspot.com

Kurangi mengonsumsi makanan berkadar gula dan lemak tinggi serta junk food lainnya.

Perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi. Makanan sehat ini akan meningkatkan perkembangan intelegensi dan motorik anak, terutama bagi bayi yang belum genap 2 tahun.

Misalnya, seorang anak harus mengonsumsi sejumlah zat besi untuk membantu pertumbuhan otak. Kalau kurang jumlahnya, maka penghantaran impuls syaraf akan melemah.

Memupuk Rasa Ingin Tahu

morinaga.staging5.salt.co.id
morinaga.staging5.salt.co.id

Ketika para orang tua mendorong anak untuk mempunyai pemikiran sendiri, sesungguhnya adalah mereka sedang mengarahkan anak pada pentingnya berilmu.

Caranya, taruh perhatian yang besar terhadap minat anak, kenalkan dan ajarkan ketrampilan baru, setiap ada kesempatan di rumah maupun di luar rumah.

Membaca

abiummi.com
abiummi.com

Sejalan dengan kemajuan teknologi, banyak orang yang mengabaikan pentingnya membaca. Membaca merupakan cara meningkatkan intelligence quotient yang sangat efektif sejak dulu sampai saat ini.

Membacakan cerita untuk anak, misalnya, kemudian menjadikan anak sebagai anggota perpustakaan, ataupun menambah koleksi buku bacaan di rumah.

Biasakan Sarapan

abiummi.com
abiummi.com

Penelitian ilmiah sudah membuktikan bahwa seorang anak yang sarapan pada pagi hari, memiliki ingatan yang lebih baik, dan lebih mampu berkonsentrasi serta belajar dengan cepat.

Bermain Permainan Pengasah Otak

rinso.co.id
rinso.co.id

Bermain catur, teka-teki silang atau permainan lain dapat merangsang intelegensi. Games Sudoku, misalnya, dapat memupuk cara berpikir yang bijaksana dan kemampuan memecahkan masalah.

Oh ya, jangan lupa sering-seringlah ajak anak bercengkerama, berdiskusi, mengobrol santai untuk melatih sikap kritis dan kemampuan komunikasinya.

Menghapal Al-Qur’an

flickr.com
flickr.com

Inilah cara ampuh yang tiada bandingannya. Dengan menghapalkan Al-Qur’an sejak kecil, maka kelak ketika dewasa, anak akan mudah berprestasi di sekolah.

Selain orang tua akan mendapat pahala dan mahkota nanti di akhirat, hapalan Al-Qur’an juga akan menjaga anak untuk tetap berada pada fitrah kebaikan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *