Punya berat badan yang berlebih itu pastinya nggak enak sekali. Selain berat membawa tubuh saat berjalan, napas pun lebih mudah tersengal dan yang pasti banyak penyakit yang sudah siap-siap mengintai kita kapanpun juga.

halidawesome.blogspot.com
halidawesome.blogspot.com

Penyakit-penyakit yang menghantui itu antara lain darah tinggi, jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah, diabetes, kolesterol, asam urat, dan penyakit lainnya.

Mengerikan sekali kan jadi orang gemuk itu? Resiko kena penyakitnya tinggi dan yang pasti kalau mau beli baju susah nyari ukurannya.

Oleh karena itu, banyak sekali orang gemuk di dunia ini yang pada akhirnya mencari berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan. Ada yang berolahraga mati-matian, hingga mengeluarkan uang puluhan juta untuk melakukan program diet.

Tapi apakah dengan usaha yang dilakukan berat badannya jadi menurun? Ya pastinya ada yang turun dan lebih langsing, namun banyak juga yang gagal atau ada juga yang berhasil kemudian berat badannya bertambah lagi karena pola makan yang kembali seperti semula.

Jadi sekuat apapun kamu berusaha untuk langsing, maka kamu perlu imbangi dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat bisa kita lakukan dengan mengatur pola makan dan melakukan aktivitas yang menyehatkan seperti olahraga.

Cara untuk menjadi lebih sehat inilah yang banyak dibilang orang sebagai diet alami. Wah bagaimana sih cara diet alami itu? Langsung kita lihat saja yuk!

1Sarapan Sebelum Beraktivitas di Pagi Hari

pulsatv.com

Dalam kondisi lapar, pasti kamu bawaannya pengen ngemil terus. Jadi daripada kamu banyak ngemil makanan yang kalorinya tinggi, lebih baik kamu sarapan dulu aja sebelum beraktivitas.

Lagipula, untuk bekerja atau pun beraktivitas, kamu kan butuh energi juga. Nggak lucu kan kalau kamu bawaannya ngantuk dan lemas di pagi hari gara-gara nggak makan. Apalagi buat kamu yang punya maag, jangan sampai kamu membiarkan perut dalam keadaan kosong ya!

2Cukupkan Kebutuhan Air Tubuh Kita

harianaceh.co.id

Satu hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah mengenai kecukupan air untuk tubuhmu. Air di dalam tubuh berfungsi untuk membantu proses metabolisme.

Jika metabolisme tubuh baik, maka lemak-lemak di dalam tubuh pun tidak akan mengendap terlalu lama.

3Olahraga dengan Teratur

lighthouse-indonesia.com

Salah satu fungsi olahraga adalah untuk membakar kalori berlebih dari makanan yang kita makan, sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh. Jika menumpuk, maka inilah yang pada akhirnya membuat tubuh kita gemuk.

Selain bisa menjaga agar tubuh tetap langsing, olahraga pun dapat menambah asupan oksigen ke otak. Jadi kamu selalu akan merasa fresh dan lebih semangat untuk beraktivitas.

4Konsumsi Makanan Berserat

carasehat123.blogspot.com

Sistem pencernaan yang tidak baik juga bisa menyebabkan masalah pada berat badan. Dan masalah pencernaan pun menjadi salah satu penyebab munculnya banyak penyakit pada tubuh kita.

Untuk itu, kita perlu menjaga agar pencernaan kita bekerja dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat, misalnya saja sayuran dan buah-buahan.

5Konsumsi Karbohidrat Kompleks

beratbadan.co

Salah satu jenis makanan yang mengandung serat dan energinya lebih bertahan di tubuh adalah karbohodrat komplek. Jadi, kalau kamu makan karbohidrat komplek ini, maka kamu tidak akan cepat lapar.

Karbohidrat komplek bisa kita dapatkan pada makanan apa? Yang termasuk ke dalam karbohidrat komplek itu antara lain beras merah, gandum, dan lain sebagainya.

6Perhatikan Menu Makan Malam

8kabar.blogspot.com

Jika kamu ingin menjaga berat badanmu, maka sebaiknya tidak makan lebih dari jam 7 malam dan usahakan untuk memilih menu berupa sayuran atau buah-buahan.

Bagaimana, mudah kan melakukan diet alami itu? Selamat mencoba ya!