Tubuh langsing adalah impian setiap orang. Kalau perut sudah membuncit, rasanya program diet harus segera dilaksanakan. Namun tak sedikit yang melakukan program diet justru tersiksa.

Beberapa melakukan diet ketat dengan mengurangi porsi makan secara drastis. Hasilnya, tubuh memang kurus namun kesegaran dan daya tahannya ikut berkurang.

Tak jarang diet dibantu dengan obat-obatan yang akhirnya malah memperburuk kondisi tubuh. Orang-orang rela membeli banyak obat dan nutrisi yang dipercaya bisa menurunkan berat badan.

Kamu harus hati-hati. Terlebih terhadap obat yang tidak jelas izin peredarannya. Memiliki tubuh ideal yang sehat memang penting. Tapi tak harus menyiksa diri kan.

Tak perlu khawatir, ada program diet alami yang bisa kamu lakukan. Diet alami memberi alternatif program diet yang sehat. Meski kamu harus bersabar menjalani prosesnya.

Diet alami yang bisa kamu lakukan ada banyak cara lho, mulai dari diet dengan air putih, diet dengan buah dan diet secara aktifitas atau kebiasaan.

Bagi kamu yang ingin diet secara alami, jangan khawatir ketika tidak melakukan 1 cara, masih ada beberapa cara yang perlu kamu tahu dan kamu bisa mencobanya, yuuk disimak.

1Diet dengan Buah

madvapes.com

Yup, salah satu diet alami dan cocok bagi semua orang adalah diet dengan buah. Di bawah ini ada beberapa buah yang recomended banget buat kamu untuk program diet.

Semua Jenis Buah Berri

Tentu kamu sudah tahu tentang buah berri ya guys? Semua jenis buah berri seperti raspberry merah, blueberry, dan stroberi merupakan jenis berri yang bagus banget untuk diet kamu lho. Segala jenis berri itu kaya serat dan rendah kalori yaitu kurang lebih 50 kalori per cangkir.

Selain itu, buah berri juga mengandung flavonoid dan kaya dengan antioksidan, dimana kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Memang agak sulit mencari buah jenis berri, buah jenis berri ini bisa ditemukan di daerah dingin, terutama di daerah pegunungan.

Kacang Pistachio

Kalau buah satu ini mungkin banyak yang belum tahu ya guys. Secara kacang ini memang dari luar negeri tepatnya negara timur tengah, di Indonesia hampir tidak ada, kalaupun ada itu barang impor dari negara timur tengah.

Kacang pistachio merupakan sejenis kacang yang biasa ditanam di daerah kering di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan barat. Oleh sebab itu harganya lumayan cukup mahal. Namun kacang pistachio merupakan sumber protein terbaik yang sangat rendah kalori. Jadi tidak ada salahnya jika memasukkan kacang pistachio ke dalam menu diet.

Dengan Pisang

Yup buah berikutnya adalah pisang, sudah pasti kenal banget dengan buah satu ini. Diet pisang atau nama kereennya adalah morning banana ini sudah banyak dilakukan oleh orang di jepang, bahkan sudah terkenal di sana dan sekarang sudah mulai banyak di kenal orang indonesia.

Buah pisang ini merupakan buah yang kaya serat dan vitamin C yang tinggi lho, so cocok banget untuk program diet.  Manfaat buah pisang yang lain dapat mencegah kita untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dalam jumlah banyak, itu karea perut kita kenyang guys, dan kita akan menjadi malas memasukkan makanan lain ke dapam perut.

Perlu kamu tahu ya buah pisang ini tidak dapat membakar lemak, tapi buah pisang mempunyai kandungan serat yang tinggi, jadi ketika kamu makan kamu akan terasa lama kenyangnya, pisang juga melancarkan sistem pencernaan dan dapat memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga mempercepat proses penurunan berat badan.

Seperti namanya, morning banana diet lebih menekankan pada sarapan pagi dengan buah pisang dan air putih. Setelah itu, kamu bisa makan apa saja asalkan bukan menu makanan yang mengandung kalori tinggi. Berikut ini tahap demi tahap melakukan diet pisang.

Gimana penasaran dengan diet buah pisang? Kamu bisa mencobanya dengan cara di bawah ini.

Namanya juga diet pisang, kamu siapkan pisang secukupnya guys. Mulai sarapan pagi dengan pisang sebanyak 1-2 buah dan dua gelas air putih. Untuk makan siang kamu bisa mengkonsumsi apa saja asalkan menghindari makanan yang banyak mengandung minyak dan berkalori tinggi.

Bila kamu benar-benar lapar kamu bisa makan separuh atau 1 buah pisang, ini hanya menjaga tubuh kamu biar tidak lemas dan tetep bertenaga.

Untuk makan malam, bisa mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang dan jangan sampai lewat dari jam 8 malam.

Selama program diet kamu harus hindari ice cream, produk susu, alkohol, dessert setelah makan malam dan semua minuman dingin dan manis.

Tidak perlu khawatir buah pisang jadi rusak atau tidak enak, buah pisang yang dikonsumsi adalah buah pisang dengan suhu ruangan, bukan pisang yang disimpan di dalam kulkas atau digoreng, jadi akan awet dalam 2-3 hari.

Untuk waktu makan sebaiknya dimulai dari jam 9 pagi – 8 malam saja. Selain jam tersebut sebaiknya hanya minum air putih.

Alpukat

Yup buah berikutnya yang recomended untuk menunjang diet kamu adalah buah alpukat.

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak jenuh tunggal, dan itu baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Alpukat juga sangat baik untuk membantu program diet karena kaya akan vitamin dan mineral, mulai dari vitamin C dan vitamin E yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat, vitamin B6, vitamin K, asam folat, niasin, dan riboflavin.

Apel

Buah berikutnya yang banyak mengandung serat dan cocok untuk program diet adalah apel. Selain mengandung serat yang tinggi apel juga mengandung vitamin, mineral, antioksidan, flavonoid, dan tanin pada apel sangat bermanfaat untuk meningatkan kesehatan tubuh dan mencegah berbagai serangan penyakit.

Apel ini sangat mudah didapat ya guys, tapi memang tidak dipungkiri bahwa diet dengan apel akan menghabiskan uang yang tidak sedikit.

2Makanan Untuk Program Diet Alami

l-men.com

Setelah kita tahu buah untuk diet seperti diatas, perlu kita tahu beberapa makanan yang berguna untuk diet kamu, tentunya makanan pengganti nasi yang selama ini setiap hari kita makan.

Sumber Protein Terbaik

Yup, protein merupakan salah satu unsur penting untuk program diet kamu guys. Selain itu, protein juga untuk proses pembentukan otot dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Di bawah ini merupakan contoh dari beberapa protein yang baik

Ikan Tuna

Dalam 100 gram ikan tuna mengandung sekitar 24 gr protein. Selain itu, ikan tuna mengandung asam lemak omega 3, kaya kandungan mineral selenium, magnesium, potassium, dan niasin, vitamin B1, serta B6. Cukupi kebutuhan protein dari ikan tuna setidaknya 30 gr sehari atau 2 sajian per minggu.

Putih Telur Ayam

Dalam 100 gr putih telur rebus mengandung 12,6 gr protein. Selain itu, putih telur juga kaya selenium, riboflavin, asam lemak omega-3, vitamin B12, B6, vitamin A, folat, zat besi, zinc, fosfor, dan berbagai nutrisi lainnya. Putih telur ini pula sering dikonsumsi para hobi fitness untuk membentuk otot tubuh mereka.

Kacang Hijau

Dalam 100 gr kacang hijau rebus mengandung 7 gr protein nabati. Kacang hijau bisa memperbaiki pencernaan, dan mencegah konstipasi, rendah karbohidrat dan hampir bebas lemak.

Jika kamu sering mengkonsumsi kacang hijau ini, kamu tidak perlu banyak makan nasi, karena serat yang ada pada kacang hijau akan bikin kamu kenyang.

Daging Sapi Bebas Lemak

Daging sapi merupakan salah satu daging yang kaya protein sebanyak 27gr/100 gr daging. Selain itu daging sapi juga mengandung berbagai jenis vitamin B, creatine, hormon pertumbuhan, zat besi, dan masih banyak lagi.

Jika kamu ingin mengkonsumsi daging sapi harus hati-hati ya, karena kalau tidak bebas lemak, diet akan kurang berhasil.

Daging Unggas

Daging unggas cocok untuk program diet pembentukan otot, bulking, maupun cutting. Hal yang harus perhatikan saat mengkonsumsi daging unggas adalah saat memasaknya.

Jika kamu tidak ingin kehilangan berbagai macam kandungan nutrisinya seperti protein, asam amino esensial, selenium, niasin, vitamin B6, dan asam lemak omega-3 serta berbagai nutrisi lainnya, jangan di goreng ya.

Untuk yang terbaik dari unggas adalah dada ayam yang paling kaya akan nutrisi.

Susu Sapi Rendah Lemak

Yup berikutnya adalah susu sapi. Susu sapi rendah lemak mengandung protein kasein berkualitas tinggi. Selain itu, susu sapi rendah lemak juga mengandung laktosa,  kalsium, vitamin D, vitamin K, antioksidan kuat (berupa laktoferin), dan CLA untuk kesehatan tubuh sehari-hari.

Susu Kedelai

Jika kamu suka sayuran atau vegetarian kamu bisa mengganti dengan adalah susu kedelai. susu kedelai dijamin bebas laktosa bebas kolesterol, sehingga aman banget untuk dikonsumsi secara rutin.

Sumber Karbohidrat Komplek

Setelah beberapa contoh protein yang baik di atas, perlu kamu ketahui juga sumber karbohidat yang baik untuk tubuh kamu.

Karbohidrat kompleks mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin, mineral, protein dan air, yang sangat diperlukan tubuh saat diet.

Berikut ini beberapa sumber karbohidrat komplek terbaik untuk program diet

Beras Merah

Yup, beras merah merupakan beras yang mengandung serat yang sangat tinggi, ketika kamu makan beras ini akan membuat kamu kenyang lebih lama, jadi sangat bagus sekali untuk program diet.

Selain itu, beras merah juga mengandung asam amino, selulosa, mineral magnesium dan mangan yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Oatmeal

Sudah tahu oatmeal kan? Yup, oatmeal juga merupakan makanan yang berserat sangat tinggi cocok sekali untuk kamu yang lagi diet. Selain itu oatmeal juga mengandung protein, berindeks glikemik rendah, dan baik bagi pencernaan serta menjaga level kolesterol.

Roti Gandum Utuh

Berikutnya yang perlu kamu tahu, yang merupakan karbohidrat kompleks adalah roti gandum utuh. Roti gandum utuh juga baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung protein, multivitamin, mineral, dan berbagai nutrisi baik lainnya.

Brokoli

Nah sayuran yang recomended banget buat kamu adalah brokoli.

Sayuran ini memiliki kandungan yang kaya akan serat, multivitamin terutama vitamin C, vitamin A, kalsium, rendah kalori, dan bebas lemak.

Untuk mendapatkan hasil yang maksilam dari brokoli, ketika memasak lebih baik setengah matang dan jangan menggunakan microwave ya, karena itu bisa menghilangkan kandungan antioksidan di dalam brokoli.

Sayur-Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang tidak bisa diragukan lagi. Beberapa sayuran hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong, selada, lobak/bit, daun katuk, kale, dan masih banyak lagi memiliki kandungan  berbagai vitamin, mineral, zat fitokimia, zat antioksidan, anti toksin dan berbagai macam kandungan lainnya yang masih melimpah.

Jika ingin diet dengan sayuran hijau ini bisa dengan setengah matang atau sampai matang..

Sumber Lemak Baik

Yup berikutnya untuk sumber lemak yang baik, kamu bisa melengkapi program diet kamu dengan lemak baik ini. Memang di kebanyakan orang pada umumnya akan merasa heran ketika diet dengan lemak, secara lemak memang di kenal dengan sesuatu yang buruk, tapi sebenernya tidak semuanya buruk, bahkan berguna bagi tubuh kita.

Lemak adalah salah satu makanan diet yang diperlukan tubuh untuk membantu meningkatkan metabolisme dan membantu keberhasilan program diet yang kamu lakukan., contoh lemak yang baik adalah minyak zaitun.

Yup, minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang baik untuk program diet. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 yang baik bagi kesehatan, serta antioksidan yang cukup kuat.

Kamu bisa konsumsi minyak zaitun ini dengan dicampur makanan lain atau bisa juga dengan minuman.

3Diet dengan Air Putih

mastersalam.com

Diet alami berikutnya yang cukup recomended buat kamu yang pengen dietnya berhasil adalah dengan air putih.

Kenapa kok air putih? yup, walau setiap hari kita butuh air putih, ternyata juga bisa digunakan untuk diet lho, caranya begini.

Minum minimal delapan gelas air putih setiap hari. Dengan rutin mengkonsumsi air putih 8 gelas setiap hari dapat membantu ginjal dan hati dalam bekerja. Selain itu juga untuk membuat metabolisme tubuh tetap terjaga sehingga akan menjaga kestabilan berat badan.

Minum 2 gelas air putih sebelum makan. Dua gelas air putih sebelum makan dapat menimbulkan efek kenyang. Sehingga kamu tidak akan berlebihan saat makan.

Mungkin kita banyak bertanya ya, apa mungkin air putih efektif untuk menurunkan berat badan? simak di bawah ini.

Air putih memang cairan terbaik yang diminum untuk menghidrasi tubuh. Namun jika hanya minum air putih saja, kalori yang dibakar tidak cukup banyak untuk dapat menurunkan berat badan, harus ada beberapa makanan yang masuk ke dalam tubuh, seperti buah-buahan atau sayuran.

Harus kamu tahu ya, saat kekurangan energi, tubuh memecah dari gula, lemak dan protein dalam tubuh. Memang lemak akan dipecah tapi akibatnya bisa fatal.

Efek diet air putih yang salah dapat menyebabkan hipoglikemi, pingsan dan koma., jadi untuk diet ini memang perlu kehati-hatian, tidak bisa diet bebas hanya minum air putih saja.

4Tips untuk Melakukan Diet Alami

phen375dietplan.org

Setelah kita tahu tentang beberapa makanan yang tepat untuk diet, selanjutnya harus kita ketahui juga ya, tips agar diet berhasil, karena percuma banget guys, kalau pengennya diet dan habiskan banyak uang tapi hasilnya nol tanpa kita ketahui tips-tipsnya.

Niat dan Komitmen

Tentu dong, hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah niat yang kuat dan komitmen yang tinggi untuk melakukan diet, kalau perlu kamu minta bantuan teman untuk mengingatkan setiap kali waktu makan.

Karena niat itu merupakan hal yang mendasar, kalau kamu niatnya masih setengah-setengah kamu gak akan berhasil, jadi harus full niat dan komitmen yang kuat.

Tetap Sarapan Pagi

Kesalahan terbesar seseorang yang sedang program diet adalah mengindari sarapan. Mereka berdalih, mengurangi porsi makan akan memberikan dampak yang cepat untuk menguruskan badan.

Namun tidak dengan sarapan. Sarapan adalah bekal awal seseorang untuk melakukan aktivitas. Jika tidak ada asupan nutrisi yang cukup di pagi hari, metabolisme tubuh akan terganggu.

Tubuh tidak akan tahan apalagi aktivitas kamu sangat padat. Yang terjadi justru kamu bisa jatuh sakit dan program diet kamu gagal total.

Tips diet sembari tetap menjaga sarapan adalah mengganti menu sarapan dengan bahan yang kaya serat dan protein seperti oatmeal, susu dan buah.

Makanan Berwarna

Yang harus kamu lakukan saat diet alami adalah mengubah komposisi bahan makanan. Pastikan makanan yang kamu konsumsi memiliki warna yang berbeda.

Sayuran adalah contoh paling mudah untuk mendapatkan makanan yang berwarna. Selain itu konsumsi berbagai jenis buah yang memiliki warna berbeda sangat membantu program diet.

Alasannya karena tubuh memerlukan berbagai nutrisi secara seimbang. Cara paling mudah adalah mengonsumsi makanan dengan varian warna karena setiap bahan makanan berwarna memiliki kandungan zat yang berbeda-beda. Kunci dalam diet alami adalah variasi.

Olahraga Ringan

Tak perlu melakukan fitness di gym berjam-jam agar tubuh menjadi ideal. Jika memiliki cukup waktu, olahraga di gym memang bagus. Namun jika waktu kamu terbatas, olahraga ringan sudah sangat cukup.

Lakukan gerakan ringan seperti mengayunkan tangan, naik turun kursi, jalan di tempat dan lainnya selama tujuh menit secara teratur setiap hari. Kunci keberhasilan dalam olahraga ringan ini adalah konsistensi.

Terus lakukan setiap hari. Jangan pernah tergoda untuk melakukan olahraga berat dalam satu hari namun berhenti total keesokan harinya. Terus tanamkan pikiran jika ingin kurus dan sehat, olahraga ringan adalah kebutuhan wajib.

Ganti Sumber Lemak

Salah satu makanan favorit orang Indonesia adalah gorengan. Tak jarang gorengan dibuat dengan minyak yang sudah dipakai berulang kali. Minyak goreng sendiri adalah salah satu sumber kegemukan dalam tubuh.

Namun jangan salah. Tubuh memang memerlukan lemak. Jadi menghindari sama sekali makanan berlemak saat diet tidak dianjurkan. Caranya, kamu hanya perlu mengganti sumber lemak dari bahan-bahan yang alami.

Lemak alami dengan kadar yang kecil bisa kamu dapatkan seperti contoh diatas, ikan, susu, alpukat dan minyak zaitun. Tetap bisa makan enak bukan?

Kurangi Jajan

Makanan yang dijual di luar sana mayoritas fokus pada rasa saja. Para penjual makanan berusaha menyajikan masakan dengan rasa yang paling enak untuk menarik pelanggan.

Akhirnya tak jarang mereka mencampur semua bahan makanan dan perasa buatan agar masakannya sedap. Kita tak pernah tahu apa saja kandungan dalam makanan yang dijajakan di luar itu.

Lebih baik jika benar-benar ingin diet, kekang keinginan untuk terus jajan di luar. Terlebih jajanan yang mengandung lemak, kadar gula tinggi sampai bahan buatan seperti MSG dan pemanis buatan.

Makan masakan rumah jauh lebih sehat dan tentu saja lebih menghemat pengeluaran. Kita bisa mengatur komposisi masakan yang baik untuk program diet alami kita.

Kunyah Pelan-Pelan

Apa yang kamu lakukan jika sudah terhidang makanan favorit di depan mata saat perut lapar? makan dengan lahap tentu saja. Namun makan dengan lahap yang terburu-buru sejatinya tak baik untuk tubuh.

Dalam air liur ada enzim yang berguna memecah makanan agar mudah diserap tubuh. Jika kita terburu-buru dalam mengunyah makanan maka enzim ini tidak akan bekerja.

Akibatnya makanan yang masuk tidak maksimal diserap tubuh dan menumpuk menjadi lemak penyebab kegemukan.

Cara diet alami adalah kunyahlah makanan dengan pelan-pelan. Menurut penelitian, cara paling sehat untuk mengonsumsi makanan adalah dengan mengunyah 32 kali.

Ganti Sumber Karbohidrat

Salah satu penyebab utama obesitas adalah konsumsi karbohidrat dan gula yang berlebih. Nasi sebagai bahan makanan pokok orang Indonesia memiliki kadar karbohidrat dan gula yang sangat tinggi.

Untuk sumber karbohodrat bisa kamu baca diatas ya guys dan kamu disarankan jika ingin mengurangi berat badan, ganti nasi putih yang menjadi makanan sehari-hari dengan nasi merah. Kandungan karbohidrat dan gula dari nasi merah lebih rendah daripada nasi putih.

Rasanya memang tak seenak nasi putih. Namun semua itu hanya faktor kebiasaan. Jika sudah terbiasa dengan nasi merah, maka makan dengan lauk apa saja akan terasa enak.

Hindari Makanan dengan Kadar Gula

Yup hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah menghindari makanan yang kadar gulanya tinggi. Menghindari gula ini bukan hanya untuk orang yang sakit gula atau diabetes saja lho, tapi sebaiknya juga dilakukan semua orang.

Untuk kamu yang lagi diet apalagi dan sebaiknya kamu hilangkan atau kurangi banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, kalau bingung apa itu, pokoknya kurangi aja makanan dan minuman yang manis-manis.

Karena jika kamu tidak menjauhi hal tersebut, rasanya pasti gagal deh program diet kamu.

Makan Malam Diatur

Tips berikutnya jika ingin diet kamu berhasil, kamu harus hindari makan malam guys, kenapa? Yup karena makan malam itu biasanya akan menjadi lemak dalam tubuh.

Untuk makan malam gantilah dengan makan sore atau kamu bisa atur dengan 4-6 jam sebelum tidur, kalau kamu masih lapar jam sebelum tidur, kamu bisa makan buah atau sayuran.

Waktu yang ideal untuk makan sore adalah sekitar habir maghrib. Karena setelah maghrib kamu masih akan melakukan kegiatan lain.

Pahami Lebih dalam tentang Kalori

Tips berikutnya yaitu lebih paham tentang kalori

Sebenarnya, trik untuk kurus itu mudah saja. Gunakan semua kalori yang diperlukan setiap hari.

Misalnya, jika kamu memerlukan 1300 kcal per hari, jangan makan 2500 kcal untuk hari itu. Jika kurang dari 1000 kcal, kamu akan merasa lapar dan tidak bertenaga. Cobalah ambil dalam kisaran 1000 – 1300 kcal. Ini sekedar contoh, setiap orang lain kebutuhan kalorinya.

Hindari Minuman Bersoda

Harus kamu tahu ya guys? sebotol minuman bersoda itu memuat lebih dari 250 kalori yang tentu saja itu bisa bikin kamu gemuk jika sering meminumnya.

Nah, bagi kamu yang lagi program diet sebaiknya stop dech minum minuman bersoda, kalau tidak bisa stop, kurangi dengan porsi yang banyak ya, gak mau kan diet kamu gagal?

Perbanyak Minum Air Putih

Saat kamu diet, gak bisa lepas dengan namanya air mineral atau air putih, kenapa? Yup, karena air putih ini sebagai penyeimbang diet kamu, agar kamu juga tidak gampang dehidrasi.

Sudah disebutkan di atas ya guys, tentang air ini, so, sediakan air putih yang banyak, kemana-mana bawa air putih, biar gak gampang jajan juga.

Minum Air Putih Sebelum Makan

Tips berikutnya agar program diet kamu sukses, minumlah air putih sebelum makan, karena dengan air putih itu akan membuat kamu kenyang dan kamu gak terlalu banyak memasukkan nasi atau makanan ke dalam perut.

Selain itu minum air putih sebelum makan akan membuat pencernaan kamu lebih baik.

Hindari Makanan Siap Saji

Makanan siap saji atau junk food merupakan jenis makanan yang harus ditinggalkan jika ingin diet kamu sukse. Perlu kamu tahu ya dalam satu porsi junk food itu memiliki jumlah kalori yang sangat besar dan cukup untuk membuat timbunan lemak dalam tubuh.

Tentu dengan mengurangi itu akan membuat diet kamu berhasil dan setidaknya kamu juga lebih sehat.

Yup, itulah pembahasan cara diet alami, mulai dari jenis makanan, cara dan tips-tips diet sukses.

Semoga bermanfaat bagi kita semua ya

SHARE