Kalau diminta memilih satu dari dua antara cara diet sehat dan cepat, kamu pasti bingung bukan? Tentu saja kamu ingin diet yang sehat, namun di sisi lain kamu juga berpikir kalau bisa diet juga harus cepat dan efektif menurunkan berat badan.

Nah, kalau begini keadaannya, bagaimana? Salah satu hal yang tepat untuk kamu lakukan adalah membaca artikel ini. Dalam artikel ini akan dibahas cara diet sehat dan cepat yang aman dan efektif. Bagaimana? Kamu tertarik menjalankannya?

1Target Diet Kamu

goodhousekeeping.com

Pertama, diet cepat yang kamu inginkan seperti apa? Berapa targetnya? Bagian ini cukup penting agar selama program diet nanti kamu tetap konsisten dan berkomitmen dengan tujuan awal.

Hal yang dimaksud sebagai target adalah berapa kilogram penurunan berat badan yang ingin kamu capai. Kamu bisa menetapkan target penurunan berat badan yang tinggi pada minggu-minggu awal program diet.

Pada minggu selanjutnya, kamu tinggal menyesuaikan dan ritme diet kamu akan stabil. Misalnya targetnya adalah penurunan 3-5 kg pada minggi pertama. Kemudian pada minggu berikutnya adalah 0,5 kg per minggu.

2Makan Saat Lapar

Nah, titik penting dalam sebuah program diet tentu saja adalah pola makan. Pola makan seperti apa yang kamu terapkan selama program diet akan menentukan hasil yang akan kamu dapatkan.

Jangan ragu untuk makan, bahkan kamu harus makan saat lapar. Ingat, makan hanya dan hanya jika saat kamu lapar. Jangan terjebak dengan rasa ingin makan, padahal kamu tidak lapar.

Lalu, saat benar-benar lapar, apa yang harus dimakan?

3Low Carbo

opstudiohk.com

Pilih makanan yang renda karbohidrat. Contohnya? Semua makanan yang tidak mengandung gula atau pati berlebih. Kamu bisa mengganti berbagai sumber karbohodrat dengan sayur dan buah segar.

4Sayur dan Buah

newhealthguide.org

Untuk lebih nyaman dalam mengonsumsi buah, kamu tentu dengan mudah bisa membuatnya menjadi jus. Sayuran juga bisa kamu konsumsi dalam bentuk jus, namun kalau rasanya kurang enak, kamu bisa mengombinasikannya dengan nanas.

5Tepung Whole Grain

redbookmag.com

Telah banyak produk makanan yang beredar dengan embel-embel menggunakan tepung whole grain. Artinya, makanan yang menggunakan tepung jenis ini memiliki serat lebih banyak dan bisa membuat kamu kenyang dalam waktu yang lebih lama.

6Daging Ikan

mugmag.co.uk

Selain mengandung protein yang tinggi, daging ikan juga mengandung banyak kalori. Meskipun mengandung kalori, kalori dalam daging ikang diketahui berbeda dan tidak mudah membuat tubuh gendut.

Lebih dari itu, daging ikan juga mengandung lemak tak jenuh komplek yang merupakan penangkal resiko penyakit jantung. Lemak ini lebih dikenal dengan sebutan omega 3.

7Susu Rendah Lemak

stylecraze.com

Sangat penting bagi kamu untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama program diet. Jangan ragu untuk mengonsumsi susu, meskipun susu adalah sumber lemak, kamu bisa memilik produk susu rendah lemak.

8Jangan Makan Lemak Trans

commons.wikimedia.org

Bagaimanapun caranya, kamu harus menghindari banyak potensi lemak trans pada makanan kamu. Makanan seperti makanan ringan, roti, margarin, dan makanan cepat saji adalah sumber lemak trans.

9Berhenti Sebelum Kenyang

helpmeoutdoc.com

Nah, setelah begitu banyak yang kamu makan, kamu harus berhenti makan sebelum kenyang. Titik inilah yang sangat sulit untuk dilakukan oleh orang-orang yang sedang melakukan program diet.

Mereka sulit mengontrol nafsu makan mereka dan ‘kebablasan’ terus makan hingga kenyang. Padahal kamu bisa berhenti sebelum kenyang dan bukan berarti kamu juga lapar.

Ada kondisi tengah-tengah, di mana kamu tidak lapar dan tidak kenyang. Itulah mengapa konsep makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang adalah rahasia yang sangat ampuh untuk program diet kamu.

SHARE