Semua yang berlebihan biasanya memberikan dampak tidak baik. Begitu juga dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Obesitas menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.

Alasan yang lainnya untuk menghindari obesitas adalah menjaga penampilan. Alasan-alasan tersebut sah-sah saja untuk memotivasi menjalankan program diet. Namun, yang perlu digaris bawahi adalah diet yang dijalankan harus tetap sehat.

Trend zaman modern menginginkan segala sesuatu didapatkan dengan cepat, begitu juga dengan penurunan berat badan. Namun, diet cepat justru mengganggu kesehatan.

verdeborgo.com
verdeborgo.com

Hal yang perlu diperhatikan bukan hanya penurunan berat badan secara cepat. Namun, juga bagaimana cara mempertahankan gaya hidup sehat agar berat badan tetap normal selepas program diet.

Program diet cepat tak akan memberikan kebiasaan hidup sehat. Selain itu diet cepat menyebabkan berbagai penyakit diantaranya tubuh cepat lelah, tidak produktif, kekurangan nutrisi, serta dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius lainnya.

Nah, berikut beberapa tips diet sehat yang bisa kamu lakukan.

1Tetapkan Target yang Realistis

vitals.lifehacker.com

Target penurunan berat badan yang direkomendasikan adalah setengah hingga satu kilogram per hari. Setengah kilogram lemak mengandung kurang lebih 3500 kalori. Sehingga target penurunan setiap harinya adalah 500 kalori.

Target penurunan berat badan 10 Kg selama satu minggu merupakan target terlalu muluk. Target terlalu muluk justru membuatmu stress dan lupa tujuan utama diet. Kondisi stres selain memacu untuk selalu makan juga mengganggu kesehatan.

Tetapkan target diet sesuai rekomendasi dan pertahankan gaya hidup sehat ini bahkan sampai kamu menyelesaikan program diet. Ingatlah tujuan utamamu diet adalah to be healthy.

2Jangan Melewatkan Sarapan

cateinthekitchen.co.uk

Kebiasaan tidak sarapan di pagi hari justru menyebabkan berat badan sulit turun. Jika kita sarapan maka sampai siang hari akan tetap kenyang.

Sebaliknya jika tidak sarapan kamu malah memakan banyak mengkonsumsi makanan ringan yang apabila dihitung secara nutrisi melebihi kebutuhan tubuh.

Biasakan sarapan yang bergizi setiap hari. Selain itu kebiasaan tidak sarapan membuat tubuh lemas dan produktivitas selama masa program diet secara langsung mengalami penurunan.

3Perhatikan Kondisi Nutrisi Makanan Camilan

thisisfeli.wordpress.com

Tanpa kamu sadari dua kemasan keripik singkong sebenarnya memiliki kalori yang lebih tinggi dibandingkan satu porsi makan siangmu. Begitu juga dengan sepotong kue dan tiga potong gorengan.

Oleh karena itu mengkonsumsi makan siang lebih aman dibandingkan memakan camilan yang sebenarnya berkalori tinggi.

4Gantikan Camilan dengan Makanan Sehat

makanansehatuntukdiet.org

Apabila kamu tetap kesulitan menghilangkan kebiasaan mengemil, maka gantikan makanan junk food yang biasa menemanimu ngemil dengan makanan sehat.

Beberapa contoh camilan makanan sehat diantaranya buah-buahan dan kacang-kacangan. Namun, tetap perhatikan jumlah camilan yang kamu konsumsi agar tidak kelebihan kalori.

5Hindari Minuman Berkalori Tinggi

healthylifestylezone.com

Meskipun minuman bersoda, es teh, kopi krim lebih lezat dibandingkan air putih, namun kamu harus tetap mengontrolnya. Sama halnya dengan dua kantong keripik singkong, minuman kopi krim justru memiliki kalori yang lebih tinggi dari satu porsi makan.

Selain itu minuman berkalori tinggi biasanya memacu tubuh cepat lapar. Kamu yang menjalani program diet sebisa mungkin hindari minuman berkalori tinggi.

6Perbanyak Minum Air Putih

appsprings.com

Konsumsi minimal air putih orang yang sehat setiap hari adalah minimal 8 gelas setiap hari. Namun, kamu yang meningkatkan aktivitas fisik selama menjalani program diet semestinya lebih meningkatkan konsumsi air putih.

Mengkonsumsi air putih 2 gelas sebelum makan dapat mengurangi porsi makan. Selain itu air putih membantu melarutkan lemak sehingga dapat keluar bersama urin dan keringat.

SHARE