Pola diet yang baik dan benar terbilang sulit dilakukan. Mengapa demikian? Banyak faktor penyebabnya, misalnya kamu sudah terbiasa makan gorengan, nyemil di malam hari dan lain-lain.

Persepsi salah tentang diet pun kerap terjadi. Beberapa orang menganggap bahwa diet identik dengan menghentikan makan sama sekali.

Menakutkan bukan? Justru hal tersebut akan membuat tubuh kamu tersiksa.

Diet tidak berarti berhenti makan. Saat diet, kamu harus tetap makan teratur. Yang kamu kurangi adalah porsinya, bukan jadwal makannya.

Makan sangat diperlukan agar metabolisme tubuh lancar. Jika metabolisme lancar, pembakaran lemak pun berjalan dengan baik.

Jadi, bagaimana diet yang baik? Yuk, ikuti cara berikut ini.

1Mengubah Porsi dan Komposisi Makanan

007beritaterkini.blogspot.com

Apakah kamu biasa menyantap makanan satu porsi besar setiap kali makan? Nah, kurangi porsinya ketika kamu menjalankan diet. Misalnya, sebelum diet, kamu makan satu piring. Sekarang saat diet, porsi makan cukup setengahnya saja.

Meskipun porsinya berkurang, tapi komposisi makanan harus lengkap. Santaplah makanan yang bernutrisi lengkap supaya kamu tetap mendapat asupan gizi yang cukup.

2Perlambat Frekuensi Makan

Maksudnya, kamu harus makan secara perlahan. Jangan terlalu cepat mengunyah makanan. Idealnya, tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencerna makanan. Setelah itu, otak secara otomatis akan sadar bahwa kamu sudah cukup kenyang.

Jika kamu makan secara pelan-pelan dan tidak terburu-buru, kalori yang kamu konsumsi tidak akan terlalu banyak. Karena kalori itulah yang menyebabkan berat badan kamu naik.

3Berhenti Mengonsumsi Junk Food

tandivia.wordpress.com

Apa sih junk food itu? Sederhananya, junk food merupakan makanan yang banyak mengandung lemak dan kalori. Intinya makanan tidak sehat.

Contoh junk food, yaitu mie instan, jeroan, sajian manis beku, dan lain-lain. Kalau memang ingin sekali mengonsumsi salah satunya, mendingan ditahan dulu deh, supaya berat badan tidak naik mendadak.

4Banyak Minum Air Putih

caratono.blogspot.com

Mungkin kamu tidak percaya dengan fakta ini. Air putih terbukti ampuh menurunkan berat badan dalam waktu sekejap.

Ketika kamu banyak minum air putih, hidrasi sel-sel akan meningkat dan membantu proses metabolisme. Disarankan minum air putih sebanyak delapan gelas sehari.

Minum air putih sebelum sarapan dapat membantu program diet kamu. Pasalnya, air putih akan membuat perut terasa kenyang sehingga kamu sedikit makan.

5Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

mediapublica.co

Alternatif ini cocok untuk kamu yang kurang suka air putih. Buah dan sayur mengandung banyak air, zat nutrisi dan rendah kalori sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

6Tetap Konsumsi Karbohidrat dan Lemak

thedandifamily.weebly.com

Saat diet, tidak selalu harus meninggalkan karbohidrat dan lemak. Keduanya tetap penting untuk energi dan kesehatan kulit.

Tapi, ada aturannya. Kamu hanya boleh mengonsumsi lemak tidak jenuh, seperti kenari, minyak zaitun dan alpukat. Kalau karbohidrat komplek, kamu bisa dapatkan dari nasi merah dan gandum.

7Serat

kesehatan82.blogspot.com

Hampir semua orang yang sedang menjalankan diet disarankan mengonsumsi jenis makanan berserat. Pasalnya, makanan berserat merupakan kunci keberhasilan diet kamu.

Sebaiknya, makanan berserat dikonsumsi pada siang atau malam hari. Contoh makanan berserat antara lain, buah papaya, pisang, pir, dan lain sebagainya.

Selain itu ada juga dari jenis sayuran, misalnya brokoli, bayam, kentang, dan macam-macam sayuran hijau lainnya.

8Olahraga

justjared.com

Pola makan sehat dengan gizi seimbang tidak akan cukup menunjang diet kamu jika tidak dibarengi dengan olahraga. Lakukan olahraga rutin minimal 10 menit setiap pagi. Dengan berolahraga, pembakaran lemak dalam tubuhmu akan semakin optimal.

Tapi, ingat, jangan berlebihan ketika berolahraga. Sesuaikan dengan kemampuanmu ya, guys. Semakin kamu ingin cepat kurus, maka olahraga yang dilakukan juga harus semakin rutin.

Kamu boleh melakukan olahraga ringan hingga yang bera, misalnya jogging, senam, badminton, renang, dan masih banyak lagi.