Baper bahasa yang lagi ngetren ya guys, anak muda jaman sekarang tentu pasti sudah tahu dan menggunakan bahasa gaul ini. Yup, baper artinya bawa perasaan atau bisa disebut juga sensitif.

Memang sich punya hati sensitif itu repot, ribet dan gak nyaman, secara semua yang terjadi dalam kehidupannya dimasukkan dalam hati.  Entah itu cuma karena pesan gak dibalas, di cuekin saat berpapasan atau ngajak ngomong gak di respon.

Bagi muslimah yang sensitif akan jadi pikiran seharian, wah gak kebayang rasanya seperti apa, yang pasti selain gak nyaman, tentu hubungan ke depan juga renggang, ah namanya juga perasaan doank, belum tentu juga kayak gitu.

Tapi namanya orang baper itu memang susah cueknya, pokoknya apa-apa di bawa ke dalam hati. Apalagi kalau urusan sama lelaki, waduh baper nya berhari-hari, malas makan dan malas mandi, haduh bau donk!

Buat kamu, muslimah yang sering baper, kamu memang tidak bisa berubah tapi ada 6 cara efektif agar baper kamu tidak jadi super duper baper.

1Nikmati Setiap Sujud dan Tilawah Kamu

thayyiba.com

Jika kamu baper, tips yang pertama yang perlu kamu lakukan adalah bawa baper kamu pas saat kamu sujud, rasakan betul bahwa itu sedang menghadap ALLAH, rasakan betapa nikmatnya sujud bersimpuh pada ALLAH.

Perasaan kamu harus bener-bener kamu bawa, sampai menetes air mata. Begitupun saat kamu tilawah alquran, rasakan perasaan kamu ketika membaca ayat-ayat yang berisi siksa dan ingat pada dosa-dosa mu.

Jadi kamu akan merasakan betul nikmatnya baper beribadah, sehingga saat baper rurusan dunia akan terasa kecil dan mudah diatasi.

2Kurangi Banyak Omongan

ayo-berjilbab.blogspot.com

Jika baper itu karena banyak perkataan yang dikeluarkan, banyak ngobrol atau banyak ngerumpi tidak jelas, mending kamu kurangi. Berkatalah seperlunya saja, berkata yang bermanfaat dan tidak menyinggung teman.

Banyak omongan itu juga berbanding lurus dengan dosa lho, semakin banyak yang kamu katakan, semakin banyak dosa yang kamu lakukan, hayoo ! diingat betul ya.

3Kurangi Gaya dan Keinginan

serambiummah.tribunnews.com

Alasan baper berikutnya adalah karena kamu terlalu banyak gaya, sombong atau terlalu banyak keinginan. Jika kamu sering ganti gaya, tentu akan muncul omongan orang, prasangka orang dan tentunya kritikan orang .

Kurangi juga keinginan kamu yang banyak itu, jika tidak banyak yang kamu dapatkan tentu kamu akan baper bin stres, akhirnya merasa paling bodoh, paling norak, paling ketinggalan jaman, ujung-ujungnya kamu minder dan menyendiri , hilang dari pergaulan.

4Sibukkan dengan Kebaikan

muslimdaily.net

Cara berikutnya jika kamu  masih saja baper, bingung mikir ini dan itu yang gak ada hasilnya, mending kamu buat agenda yang rutin dan jelas tentunya agenda kebaikan.

Disitu kamu bisa belajar fokus untuk mikir agenda itu, jadi kamu gak kepikiran dengan urusan yang lain. Atau kamu juga bisa nyalurin hobi terpendam kamu, entah nulis buat cerpen, puisi apalah pokoknya, yang penting hobi yang positif.

5Buat Jadwal “Me Time”

blogher.com

“Me time”ini penting buat kamu lho, dengan banyaknya urusan dan pikiran sehingga buat kamu baper tidak karuan.

So kamu kudu buat me time, biar kamu fresh kembali, energi kamu terisi penuh sehingga siap dan semangat menghadapi kesibukan dan keruwetan hidup kamu.

6Nikmati dan Ikhlaskan

duniajilbab.tumblr.com

Jika kamu masih saja baper terus-terusan, kamu mungkin memang tidak bisa merubah diri kamu, cara yang paling bagus adalah nikmati saja rasa baper tersebut. Jika butuh nangis, ya nangis saja, butuh pergi, ya pergi saja, tapi kembali lho.

Hati sensitif itu bagian dari rencana dan ketetapan dari ALLAH, itu merupakan hadiah dari ALLAH buat kita, jangan merasa itu sebuah kekurangan, justru disaat tertentu akan menjadi kelebihan kamu kok, percayalah.

So, di suatu waktu tertentu nikmati saja perasaan itu, biarkan mengalir indah, rasakan manis dan pahitnya, insyaALLAH asal kamu bertahan akan menjadikan kamu lebih kuat.

Semoga bermanfaat ya mus.. muslimah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here