ukhtiindonesia.com

Inilah 7 Cara Efektif Untuk Menahan Amarah

Posted on

Amarah memang sangat berbahaya bagi seorang manusia, apalagi jika setan sudah ikut berperan maka akan jadi hal yang menakutkan. Tak heran banyak manusia akhirnya berbuat keji, seperti membunuh keluarga sendiri karena tidak bisa menahan marah.

Rasulullah Saw sendiri sudah terang-terangan mengingatkan umatnya agar menjaga hal satu ini, karena memang sangat berbahaya bagi kehidupan siapa saja.

Seorang muslim yang beriman seharusnya terus berusaha menjaga amarah agar tidak merusak harga dirinya dan juga tidak menjadi jalan pintu masuk setan untuk menguasainya.

Memang kadang sulit sekali menahan amarah, orang malah suka menikmatinya. Berikut 7 cara efektif yang bisa kita lakukan ketika ingin menahan amarah.

Berwudhu

satujam.com
satujam.com

Marah kaitannya dengan darah yang naik, panas dan tegang, untuk itu ketika marah segeralah berwudhu, jangan lupa  membaca ta’awudz minta perlindungan dari setan. Wudhu akan memadamkan api kemarahan, layaknya api dipadamkan oleh air.

Rasulullah bersabda : “ sesungguhnya marah merupakan sifat setan, adapun sesungguhnya setan diciptakan dari api dan yang dapat memadamkan api hanyalah air. Maka apabila seseorang dari kalian marah hendaklah berwudhu”

Mengubah Posisi

indonesiaone.org
indonesiaone.org

Dari AbuDzar Al Ghifari, ia berkata, Rasulullah bersabda, “bila seseorang diantara kalian marah dan dia sedang berdiri, maka hendaklah duduk, maka hilanglah marah dari padanya atau kaau tidak berbaringlah”

Dalam riwayat lain “bia seseorang di antara kalian merasa akan marah maka berbaringlah di tempat tidur atau menempellah ke tanah”

Berdzikir dan Menyucikan Hati

akhwatindonesia.net
akhwatindonesia.net

Berikutnya untuk menahan amarah adalah dengan berdzikir kepada ALLAH, karena hanya dengan mengingat ALLAH lah hati menjadi tenang. Disebutkan dalam alquran.

“Dan orang-orang yang beriman dan mereka meras atenteram hatinya dengan mengingat ALLAH. Ketahuilah dengan mengingat ALLAH akan menjadi tentramlah hati” (Qs Ar rad:28)

Mengalah

jaler.sekar.m.blog.ugm.ac.id
jaler.sekar.m.blog.ugm.ac.id

Jika marah karena perebutan sesuatu maka untuk memadamkan nya adalah dengan mengalah, mengalah bukan berarti kalah, bahkan sering kali orang yang mau mengalah itulah yang akhirnya menang.

Hindari Perdebatan yang Tidak Perlu

fahrialfath.blogspot.com
fahrialfath.blogspot.com

Perdebatan yang tidak penting dan tidak perlu hanya akan membuat emosi meninggi,  itu juga akan mendatangkan setan untuk berperan, jadi lebih baik dihindari.

Selain itu perdebatan yang kurang kerjaan itu akan menguras potensi, melemahkan akal, kekuatan dan jiwa.

Hindari Berdebat dengan Orang-Orang Bodoh

floresa.co
floresa.co

Sangat sulit debat dengan orang bodoh yang tidak tahu akan ilmu, mereka mungkin paham tetapi sulit untuk meyakinkan. mereka hanya bisa mengelak tanpa tahu ilmu, dasar dan aturan.

Lagipula debat dengan orang bodoh tidak akan ada manfaatnya, orang bodoh juga akan terus membantah yang bisa datangkan marah.

Bercanda Secukupnya

gulalives.com
gulalives.com

Yang terakhir adalah adalah kurangi bercanda, karena dengan banyak bercanda akan mematikan hati, sehingga hati yang mati akan mudah untuk melukai hati yang lain.

Bercandalah sewajarnya, secukupnya saja, jangan sampai bercanda justru orang lain terlukai hatinya sehingga marah akan datang padanya.

Semoga bermanfaat ya

 

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *