Menjadi mahasiswa memang menyenangkan. Tapi ada saat-saat di mana kamu harus berjuang ekstra keras untuk hal itu, agar kamu tidak mendapat cap buruk dari dosen. Memang hal apakah itu? Apakah kesannya seperti momok menyeramkan?

Tidur di kelas!

Yap. Itulah ketakutan terbesar mahasiswa ketika kuliah. Salah satu cobaan yang paling berat adalah kelas yang membosankan, mengantuk, dan akhirnya tertidur pulas selama jam pelajaran.

Jadi, apa yang harus dilakukan agar tidak mudah mengantuk di kelas? Terlebih ketika dosen menjelaskan pelajaran, bagaimana supaya penjelasan dosen itu tidak justru terdengar seperti dongeng sebelum tidur?

1Duduk di Barisan Paling Depan

transilvaniareporter.ro

Pilihlah barisan tempat duduk paling depan supaya kamu merasa selalu diperhatikan dosen dan tidak main-main ketika dosen sedang menjelaskan sesuatu.

2Minta Teman Mencubitmu

mhsmirador.com

Mengantuk di kelas adalah cobaan paling berat bagi para mahasiswa. Jika kamu sampai tertidur, maka lewat sudah kesempatan mendapat ilmu bermanfaat dari para ahlinya, yaitu dosen.

Nah, agar nyawamu kembali utuh dan konsentrasimu menjadi penuh, kamu bisa coba minta tolong teman sebelahmu untuk mencubit lenganmu.

Cubitan akan membuat tubuhmu merasa sakit karena syaraf yang aktif. Cubitan ini akan membuat matamu terbelalak dan menjadi fokus kembali.

3Duduk Tegap Tanpa Sandaran

ummi-online.com

Cobaan hidup mahasiswa semakin bertambah ketika kuliah dilaksanakan siang hari, ruangan ber-AC, angin sepoi-sepoi, dan suara dosen yang datar dan lembut. Alih-alih bisa tidur nyenyak, justru kamu kena marah dosen atau mendapat nilai jelek.

Maka, salah satu cara lain yang bisa kamu terapkan adalah duduk di kursi dengan bersandar dan kaki yang terjulur lurus ke depan. Cobalah untuk duduk tegak agar aliran napasmu lebih lancar, tubuh lebih segar.

4Pijat Pundak dan Pelipis Mata

ummi-online.com

Agar rasa kantuk tak semakin parah, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan pijitan khusus untuk menghalau kantuk.

Caranya, pijat bagian pelipis mata secara searah dengan alis mata. Tekan secara hati-hati dan ulang berkali-kali. Kamu juga bisa pijat telapak tangan antara ibu jari dan telunjuk tangan.

5Tarik Napas Dalam-dalam Sebanyak 3 Kali

isigood.com

Rasa kantuk bisa terjadi juga akibat otak kekurangan oksigen. Salah satu penyebabnya adalah kelelahan atau asupan nutrisi yang kurang.

Cobalah ambil napas panjang dari hidung, tahan 5 detik lalu hembuskan lewat mulut. Lakukan sebanyak 3 kali. Cara ini akan membantu kadar oksigen dalam darahmu meningkat.

6Mengoleskan Minyak Kayu Putih

vitaminobat.com

Kamu juga bisa mengolesi minyak kayu putih pada bagian kening atau pelipis mata. Rasa panas dan aroma segar minyak ini akan memberikan sensasi pedas, seperti terbakar, dan pasti kamu tidak akan mengantuk lagi.

7Sedia Permen

tokojajanfatimah.wordpress.com

Bawa selalu permen di dalam kantung. Ada baiknya, kamu memilih permen rasa mint atau asam. Rasa mint atau asam ini bisa memberikan kesegaran dan membuat mood-mu menjadi lebih baik.

Permen ini bisa sangat membantumu lho. Jadi kamu bisa tetap fokus sepanjang kuliah dan mencerna semua materi dengan semangat yang membara tanpa sedikitpun rasa kantuk.

8Bergegaslah ke Toilet dan Cuci Muka

veemly.com

Jika rasa kantukmu sudah tak tertahankan, maka bergegaslah ke toilet dan cuci muka. Kamu bisa cuci tangan dengan sabun dan membasuhnya dengan air dingin. Air dingin bisa membuatmu lebih rileks dan segar.

9Perhatikan Gerak-gerik Dosen dan Cari Hal Aneh

irfan-rizkiansyah-vokasi14.web.unair.ac.id

Sesekali iseng, kenapa tidak? Iseng dalam hal ini bukan berarti negatif ya. Hanya sebagai salah satu upaya agar kamu tidak mengantuk di kelas.

Cobalah cari keunikan dari tingkah laku dosenmu. Perhatikan apakah ada hal aneh pada dirinya. Misalnya saja, pakaian yang dikenakan, sepatu, cara mengambil benda, semua gerak-geriknya, coba kamu gambar atau foto.

Selanjutnya, foto itu bukan untuk disebar dan dijadikan meme lho ya. Kamu bisa menuliskan cerita kuliah hari itu dengan segala keunikan yang dimiliki dosen. Niscaya, rasa kantuk tidak akan datang, sebab kamu sudah fokus memperhatikan gerak-gerik dosen.

Selamat mencoba. Semoga berhasil!