Semakin ke sini, zaman semakin membuat manusia menjadi sangat konsumtif, mudah membeli apa saja tanpa pertimbangan matang, tanpa berpikir itu kebutuhan atau sekadar keinginan.

Hampir semua hal pun bisa diutang, bisa dikredit. Kemudahan inilah yang membuat kita tidak sadar kalau sedikit demi sedikit munculah kegemaran baru, yaitu menumpuk utang.

Apalagi jika utang yang dimiliki tak juga lunas akibat terlalu banyak utang. Lalu, apa solusinya?

Berikut ini 6 cara agar terhindar dan terbebas dari utang;

1Harus Jujur pada Diri Sendiri

caraterbarumengatasi.com

Kita harus mengerti kemampuan, tidak memaksakan kemampuan finansial diri sendiri.

Misalnya, kita yang berpenghasilan 5 juta terlalu memaksakan diri untuk bergaya hidup seolah-olah berpenghasilan 10 juta.

Inilah yang menyebabkan sering terjadi cash flow setiap bulan mengalami minus gara-gara terlalu banyak tunggakan kartu kredit, utang KTA, dan utang-utang lainnya.

Kita bisa saja membohongi orang lain dengan penampilan dan gaya hidup, tapi apabila kita tidak jujur pada diri sendiri tentang kemampuan finansial kita, maka hal ini akan menjadi boomerang.

2Buat Tujuan Keuangan

mebiso.com

Mulai tetapkan tujuan keuangan. Jangan terlalu gampang mengeluarkan uang hanya untuk hal-hal yang sifatnya tidak terlalu penting dan cenderung sebagai pemuas hasrat pribadi saja.

Mulai pikirkan untuk menyiapkan dana pensiun, investasi, dan dana pendidikan anak-anak.

3Catat Setiap Aset yang Dimiliki

cermati.com

 

Banyak di antara kita yang punya aset untuk melunasi utang tapi malah memilih tidak melunasi.

Coba bayangkan kalau kita punya uang tunai di tabungan kita sebesar Rp 50 juta, tapi disisi lain kita juga punya hutang kartu kredit Rp 10 juta?

Kita tentunya hanya akan mendapatkan return 3-4% per tahun dari bank, sementara kita harus bayar bunga 2-4% per bulan dan jika dikalkulasi, akan menjadi 24-48% per tahunnya!

Maka sangatlah penting menggunakan aset yang kita miliki untuk melunasi hutang, lalu bisa alihkan cicilan utang untuk tabungan dan investasi yang benar.

4Belajar untuk Berkata Tidak

theodysseyonline.com

Disaat kita tertarik pada penawaran-penawaran yang masuk melalui media sosial atau aplikasi semacam bbm, line, whatsapp, instagram, jangan ragu untuk menolak dan katakan tidak.

Utang konsumtif akan bertambah tanpa akses dari diri kita sendiri atau tanpa kontrol. Jadi, berani dan tegaslah untuk berkata TIDAK.

5Belajar untuk Mengatakan Cukup

qz.com

Hal yang sering terjadi pada para pemegang kartu kredit, khususnya kaum hawa, yaitu membeli barang dalam jumlah banyak dengan jenis barang yang sama. Alasannya, mumpung ada diskon atau cuci gudang.

Diskon akan selalu ada, jadi tak perlu khawatir. Buat apa menumpuk barang yang belum tentu akan digunakan dalam waktu dekat?

Bahkan kemungkinan bisa kadaluwarsa karena terlalu lama disimpan dan ditumpuk dalam lemari atau gudang.

6Tingkatkan Pendapatan

life-healthinsurance.com

Memang beban berat dari utang yang ada sebenarnya dapat membuat kita menjadi lebih kreatif untuk mencari alternatif income tambahan.

Kita bisa memulainya dari usaha atau bisnis yang tidak memerlukan modal besar, misalnya bisnis online yang saat ini sedang marak,

seperti jual baju, jual pernak-pernik, dan banyak lagi produk-produk yang bisa kita pasarkan secara online berdasarkan minat para pembeli untuk saat ini.

Jadi, kalau tanpa utang kita bisa hidup tenang, kenapa kita lebih memilih untuk berutang?

SHARE