Comfort zone atau Zona nyaman merupakan tempat dimana kita berada dalam kondisi kekuatan yang kita miliki tidak melebihi tantangan hidup.

Ibarat katak dalam tempurung, itulah gambaran orang yang berada di zona nyaman. Tentu apa yang kita alami dan kita ketahui hanya hal itu-itu saja.

Berada di zona nyaman membuatmu tidak berkembang dan ada kemungkinan bahwa zona nyaman tersebut bisa jadi tidak lagi menjaadi tempat yang nyaman.

Keadaan hidup yang stagnan ini hendaknya siap kita lepaskan. Butuh keberanian untuk dan perjuangan untuk keluar dari zona nyaman ini.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukakn untuk keluar dari zona nyaman.

1Membuat Langkah Awal Keluar dari Zona Nyaman

berbageilmu.blogspot.co.id

Apakah kamu merasakan hidupmu terasa ‘membosankan’, terasa datar tanpa pencapaian yang berarti?

Itu adalah salah satu tanda bahwa kamu berada dalam zona nyaman. Berada di dalamnya membuatmu seperti di “nina bobokan”.

Hal ini membuatmu tidak dapat mengembangkan diri. Nah, jika kamu telah menyadari akan hal itu, kamu harus membuat langkah untuk keluar dari zona nyaman.

Kamu dapat memulai dari langkah sederhana yang kemudian nanti dilanjutkan ke langah besar. Hidupmu akan menjadi lebih berwarna.

2Hadapi Ketidaknyamanan

editorial.designtaxi.com

Ketika kamu keluar dari zona nyaman, ketidaknyamanan adalah hal yang harus kamu hadapi. Beranilah untuk menghadapi segala tantangan yang ada.

Jika kamu menghindar dari hal tersebut maka akan membuatmu terjatuh dalam kegagalan dan kehilangan kesempatan.

“Ketidaknyamanan” itu bukanlah hal yang sangat mengerikan, hadapilah dan jangan mau kalah dengannya.

3Menjadi Pelajar Abadi

sangterasing.files.wordpress.com

Menuntut  tidaklah harus berada di bangku sekolah atau kampus. Kita hidup adalah untuk belajar atau mencari ilmu bahkan tidak ada batasannya, yakni dari ayunan sampai liang kubur.

Kamu dapat memperkaya pengetahuanmu dengan membaca atau dengan saling berbagi cerita bersama teman-temanmu.

Sekarang ini pun teknologi juga semakin canggih,ilmu bisa didapatkan di mana saja dengan berbagai macam media.

Terjebak dalam rutinitas hidup membuatmu bosan dan tidak berkembang, maka dengan mempelajari ilmu baru adalah salah satu cara untuk membuat hidupmu lebih berwarna.

4Always “On”

www.palingmales.com

Menjadi pribadi yang selalu aktif akan membuatmu semakin terbiasa menghadapi dan menikmati berbagai hal.

Jagalah semangat dan usahamu untuk mencoba hal baru, dengan begitu kamu tidak akan merasa bosan. Hidupmu akan berwarna dan kaya akan pengalaman.

5Yakin Pada Dirimu

velliensu.com

Kepercayaan diri sangat kamu butuhkan ketika akan keluar dari zona nyaman. Seberapapun kegagalan yang kamu alami,yakinlah pada dirimu bahwa semua itu adalah bagian dari perjalanan hidup yang membuatmu semakin kuat dan lebih bijaksana.

Semoga beberapa tips di atas bermanfaat bagi kamu yang masih ragu ketika hendak keluar dari zona nyaman.