Aktifitas begadang memang acapkali mengundang berbagai macam penyakit. Namun tak dapat dipungkiri, banyak pekerjaan yang harus diselesaikan secepatnya sehingga memaksa kita untuk melakukan aktifitas ini.

Belum lagi efek dari begadang akan sangat mengganggu aktifitas yang akan kamu lakukan esok hari. Nah, untuk mengatasi rasa kantuk yang mengganggu, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini. sehingga badanmu tetap merasa bugar sebagaimana hari-hari biasanya.

1Olahraga Ringan di Atas Kasur

fitnessmagazine.com

Sesaat setelah alarm berbunyi, bagi kamu yang baru saja menjalankan aktifitas begadang seringkali akan bangun dari tempat tidur, mematikan alarm, lalu tidur kembali. Hal itu karena mata kita yang masih berat karena kecapekan semalaman.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindarkan diri dari kebiasaan ini, yaitu dengan berolahraga di atas kasur sesaat setelah kamu terbangun. Lakukan beberapa gerakan ringan seperti mengangkat kaki secara bergantian dan menggerak-gerakkan tangan untuk melemaskan otot.

2Bukalah Jendela Kamarmu

flickr.com

Selesai melakukan olahraga ringan di atas tempat tidur, segeralah berdiri, lalu berjalan menuju pintu dan jendela untuk membuka keduanya. Udara pagi akan membuatmu bersemangat menjalani hari. Ini karena udara di pagi hari masih bersih dan penuh dengan oksigen.

Selain itu, sinar matahari yang masih hangat akan membantumu merasa lebih segar dan mengusir rasa kantuk secara perlahan.

3Mandi Menggunakan Air Dingin

wallpapersxl.com

Seusai merasakan udara pagi dan sinar mentari, ambillah segelas air putih untuk kamu minum. Selanjutnya kamu bisa segera berjalan menuju kamar mandi untuk mandi pagi. Gunakan air dingin agar badanmu lebih segar dan membuat matamu lebih terbuka lagi.

Air dingin juga dapat menstimulus adrenalin dan saraf-sarafmu di seluruh tubuh untuk siap beraktifitas.

4Jangan Langsung Makan Berat

foodnavigator.com

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi putih atau pun mie tidak disarankan dikonsumsi pada pagi hari. Karena organ tubuhmu akan bekerja lebih keras untuk mencernanya sehingga berakibat pada tubuhmu yang mudah cepat lelah.

Sebaliknya, untuk sarapan pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat rendah seperti roti, oatmeal atau buah-buahan. Hal ini akan membuat energimu lebih terjaga dan tidak cepat terbuang.

5Jangan Mengeluh

3gindonesia.id_

Memulai hari dengan semangat akan membuat moodmu untuk bekerja di hari itu begitu positif sehingga kamu akan lebih merasa kuat dan memiliki tenaga lebih. Sebaliknya, jika kamu memulai hari dengan mengeluh, justru rasa kantuk, lemas dan tidak bergairah melingkupi harimu.