huffingtonpost.ca

6 Cara Jitu Travelling Spontan Alias Tanpa Persiapan

Posted on

Bagi kamu yang suka dengan travelling, biasanya mempersiapkan segala perbekalan sejak jauh-jauh hari bukan? Termasuk di dalamnya rencana perjalanan yang cukup detil sejak sampai tempat tujuan hingga waktu menjelang balik ke kota asal.

Mungkin ide yang satu ini bisa kamu coba lakukan pada agenda travelling berikutnya. Pergilah tanpa mengandalkan rencana perjalanan yang kamu siapkan sebelumnya. Temukan pengalaman yang lain dari biasanya. Tantangan dan perasaan bebas dari biasanya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan mulai dari persiapan sampai saat di tempat tujuan. Agar perjalananmu yang spontan dan tanpa rencana benar-benar dapat kamu nikmati hingga kembali ke kota asalmu sekarang.

Tetaplah Beri Batasan untuk Anggaran Jalan-jalanmu

hipwee.com
hipwee.com

Travelling tanpa agenda perjalanan dan spontan begitu menantang. Bisa jadi kamu tidak memiliki gambaran sama sekali ketika sudah sampai di tempat tujuan. Walau demikian, tetap batasi anggaran perjalananmu dan disiplinlah untuk menerapkannya.

Semisal kamu menganggarkan sejumlah satu juta rupiah untuk perjalananmu. Maka di saat pengeluaranmu hampir mencapai batas itu, kamu harus segera berkemas dan merencanakan perjalanan pulang.

Dengan cara ini, perjalananmu tetap terkontrol dan kamu tidak akan sampai kehabisan uang di tempat asing. Bahaya kalau sampai kehabisan uang. Bisa-bisa kamu jadi gelandangan di sana.

Siapkan Dana Tambahan untuk Menutupi Biaya Tak Terduga Selama Perjalanan

hipwee.com
hipwee.com

Bisa jadi, perjalanan tanpa rencana membuatnya tak semulus seperti yang kamu bayangkan. Contohnya seperti waktu yang banyak dihabiskan hanya untuk berputar-putar dengan angkutan umum.

Bisa juga, kamu terjebak dan tertahan selama beberapa hari di tempat tujuan karena ternyata sedang terjadi bencana alam. Hal-hal yang tidak terduga seperti itu perlu kamu antisipasi dengan menyiapkan dana tambahan.

Tiket Promo Memotivasimu Travelling Spontan, Pastikan Ada Dana Cukup Saat Pulang

hipwee.com
hipwee.com

Ketika kamu melakukan perjalanan secara spontan justru tidak disarankan untuk membeli tiket PP. Kenapa? Karena kamu belum tahu apakah pulang dari tempat tujuan atau tidak.

Bisa jadi kamu melakukan perjalanan awal ke Jogjakarta, tapi ternyata kamu mengakhiri perjalanan di Malang. Tentu tidak efisien jika kamu harus berangkat pulang dari Jogjakarta kan? Jadi cukup pastikan kalau kamu memiliki dana untuk pulang nanti.

Di Awal Keberangkatan, Pastikan Penginapan di Malam Pertama Saat Sampai Tujuan

 

munasikahiumy08.wordpress.com
munasikahiumy08.wordpress.com

Setelah perjalanan panjang yang cukup melelahkan, tentunya kamu butuh istirahat. Saran terbaiknya, jangan mencari akomodasi untuk menginap, sesaat setelah sampai di sana. Sebaiknya pastikan akomodasi penginapanmu aman sebelum keberangkatan dengan memesannya terlebih dulu.

Jika kamu mendadak mencari akomodasi penginapan setelah sampai di tempat tujuan, kamu justru akan dihadapkan pada kondisi stress dan tertekan. Apalagi jika kamu masih pertama kali mengunjungi tempat itu dan tiba saat malam hari.

Cari Kenalan di Tempat Tujuan yang Bisa Jadi Pemandu Sekaligus Tempat Bermalam

keenetrial.com
keenetrial.com

Memiliki kenalan di tempat tujuan jelas akan membuat perjalananmu semakin nyaman dan aman. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan tempat menginap gratis. Kamu juga dapat meminta rekomendasi tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Bagi kamu yang belum memiliki kenalan di tempat tujuan, dapat mencoba bergabung dengan komunitas traveler. Barangkali ada salah satu membernya yang tinggal di kota tujuan perjalananmu dan siap menyambutmu sebagai tuan rumah.

Pelajari Musim, Cuaca dan Topografi Tempat Tujuanmu Sebelum Keberangkatan

hipwee.com
hipwee.com

Mempelajari musim, cuaca dan topografi tempat tujuan akan memberikan efektifitas saat kamu mengemas barang-barang yang akan dibawa.

Misalnya jika kamu hendak melakukan perjalanan ke Jogjakarta yang wilayahnya merupakan dataran rendah. Tentu pakaian yang dibawa berbeda jika hendak melakukan perjalanan ke kawasan Dieng yang notabene berada di dataran tinggi.

Berbeda lagi jika kamu hendak mengunjungi beberapa tempat yang berada di wilayah dataran tinggi dan dataran rendah. Maka sebaiknya kamu mengantisipasinya dengan membawa barang bawaan yang cocok untuk cuaca panas maupun dingin.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *