Setelah mengalami perjuangan untuk mengandung selama 9 bulan. Tentu saat untuk  melihat si kecil merupakan momen yang paling ditunggu oleh setiap pasangan. Merupakan suatu kebahagiaan tersendiri saat seorang ibu dapat mendengar tangisan pertama bayinya.

Pengalaman pertama untuk menjadi seorang ibu menyusui adalah hal yang sangat menyenangkan. Semangat untuk memberikan asi eksklusif selama 6 bulan dan terus diberikan hingga 2 tahun adalah suatu harapan setiap ibu.

Tapi banyak ibu yang mengalami keluhan bahwa “asinya kurang”. Sebenarnya penurunan produksi asi ini mencangkup beberapa hal. Antara lain faktor emosional, kegiatan, dan juga faktor nutrisi. Lalu bagaimanakah agar produksi asi dapat meningkat?

Yuk simak beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi asi kita moms.

1Ikan Salmon

ibu-hamil.web.id

Salah satu makanan terbaik untuk ibu menyusui adalah ikan salmon. Karena ikan ini mengandung DHA yang tinggi. Perlu diketahui bahwa asi itu mengandung DHA sebagai tambahan nutrisi untuk bayi. DHA merupakan zat yang sangat penting bagi sistem saraf bayi kita.

DHA dalam ikan salmon juga dapat membantu mood kamu menjadi baik. Sehingga kamu akan terhindar dari resiko sindrom baby blues.

2Daging Sapi Tanpa Lemak

duajurai.com

Untuk meningkatkan energi ibu menyusui, kamu perlu banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging tanpa lemak. Kekurangan zat besi akan dapat menguras energi kamu sehingga sulit untuk memproduksi banyak asi.

Selain itu daging tanpa lemak juga mengandung vitamin B-12 yang merupakan protein tambahan. Untuk itu daging tanpa lemak merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi keduanya.

3Kacang-kacangan

langsingkeset.blogspot.com

Kacang-kacangan, terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah, adalah makanan untuk ibu menyusui yang sangat bermanfaat, terutama untuk vegetarian.

Bukan saja mereka kaya akan zat besi tapi juga kaya akan protein berkualitas non-hewani, dengan harga yang tidak menguras kantong.

4Air Mineral

air-kangen.com

Kebutuhan air dalam tubuh ibu menyusui sangatlah tinggi. Sehingga jika ibu menyusui mengalami dehidrasi maka akan menurunkan tingkat energi secara drastis. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya produksi asi kamu.

Variasikan juga pilihan kamu untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum beberapa jenis jus dan minuman pelancar asi.