Memiliki badan yang ideal adalah impian semua orang. Jadi ketika berat badan sudah berlebih, maka banyak di antara kita melakukan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan.

Nah, salah satu cara yang paling banyak disukai oleh orang-orang yang gemuk ini, adalah cara instan menurunkan berat badan, karena punya badan ideal dalam waktu singkat itu sungguh menggoda.

isirumah.co.id
isirumah.co.id

Cara instan ini biasanya menggunakan obat-obatan pelangsing yang pada faktanya dapat membuat langsing namun sekaligus berbahaya bagi kesehatan. Karena penurunan berat yang terlalu drastis dapat mengacaukan proses metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, cara yang paling ideal untuk membuat tubuh tetap langsing adalah dengan melakukan diet secara alami, yang meliputi pengaturan pola makan dan olahraga secara teratur. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat penjelasannya berikut ini.

1Sarapan Dulu Sebelum Melakukan Aktivitas

bfresh-magazine.co.id

Sebelum kamu melakukan aktivitas, sebaiknya kamu sarapan dulu. Kenapa perlu sarapan? Karena kamu butuh energi untuk melakukan aktivitas. Jika kamu tidak sarapan, maka saat bekerja kamu merasa lapar dan tidak fokus.

Jika kita bawaannya lapar, maka bawaannya juga selalu pengen ngemil. Nah, kegiatan ngemil inilah yang tanpa disadari menyumbang banyak kalori untuk tubuhmu setiap hari. Jadi lebih baik sarapan saja kan?

2Minumlah Air Putih Saat Bangun Tidur

maulidhakdini.blogspot.com

Kunci dari badan yang sehat dan bugar adalah metabolisme tubuh yang baik. Intinya sih tidak ada zat sisa yang mengendap di tubuh kita, jika ada yang mengendap kan ujung-ujungnya jadi racun untuk tubuh.

Nah, untuk melancarkan metabolisme tubuh itulah, maka kita perlu cukup mengonsumsi air setiap harinya. Usahakan untuk mengonsumsi atau meminum air saat kamu bangun tidur. Supaya pencernaan kamu lancar.

Selain mengonsumsi air setelah bangun tidur, sebelum makan pun kamu perlu minum, supaya sebagian lambungmu sudah terisi dengan air. Hal ini dilakukan agar kamu tidak tergoda untuk makan berlebihan.

3Banyak Bergerak dan Berolahragalah

lighthouse-indonesia.com

Untuk mengurangi kalori yang menyebabkan badanmu gemuk, maka kamu perlu bergerak. Jika pekerjaan kamu menuntut kamu untuk banyak bergerak, berarti kamu tidak perlu takut kurang gerak.

Namun, bagi kamu yang sehari-harinya bekerja di depan laptop dan sedikit bergerak, maka kamu perlu memberi waktu bagi tubuhmu untuk bergerak. Dan jangan lupa untuk merutinkan olahraga setiap harinya.

Dengan berolahraga, selain tubuh kamu bisa langsing, peredaran darah pun lancar dan otakmu cukup mendapat suplai oksigen. Sehingga dapat membantu proses berpikirmu saat bekerja.

4Makanlah Makanan yang Kaya Protein

howtoeatrd.wordpress.com

Jika selama ini, karbohidrat lebih mendominasi di dalam asupan makananmu, maka cobalah untuk menyeimbangkannya dengan mengonsumsi protein. Protein bisa kamu dapatkan dari protein hewani dan protein nabati.

Jadi, tidak perlu selalu mahal untuk mendapatkan protein, dengan mengonsumsi tempe dan tahu pun asupan protein untuk tubuh kita dapat terpenuhi dengan baik. Oiya, protein ini pun bisa membantu dalam proses pembakaran lemak lho.

5Makanlah Sayur yang Kaya Serat

anekamesin.com

Perbanyaklah makanan berserat jika kamu ingin memiliki tubuh yang ideal. Pasalnya makanan berserat ini mampu melancarkan pencernaanmu. Jika pencernaan lancar, bukankah metabolisme tubuh kita juga lancar?

Makanan berserat ini bisa kita dapatkan dari makanan-makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Konsumsilah secara teratur. Kalau perlu, kamu bisa mengganti makan malammu hanya dengan makan sayur dan buah saja.

6Atur Waktu Makan Malam

alatbekammurah.com

Selain mengganti menu makan malam menggunakan sayur dan buah-buahan. Kita pun perlu mengatur waktu makan malam kita. Sebaiknya kita tidak makan malam melebihi jam 7 dan jangan langsung tidur setelah makan malam.

Bagaimana, mudah kan cara untuk melangsingkan badan secara alami. Namun kamu perlu ingat, bahwa cara-cara di atas dapat berhasil dengan syarat kamu melakukannya secara konsisten.