Rambut tipis bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Baik karena memang sudah bawaan sejak lahir atau karena kerontokan, pemilik rambut tipis selalu ingin memiliki rambut tebal sebagaimana manusia pada umumnya.

Sebenarnya, untuk menebalkan rambut yang tipis bisa kamu lakukan di rumah secara alami tanpa harus melakukan perawatan ke salon atau dengan obat-obatan kimia. Dengan menggunakan bahan alami untuk menebalkan rambut, efek samping yang mungkin terjadi pada obat kimia bisa dihindari.

Berikut ini tips menebalkan rambut menggunakan bahan-bahan alami yang dapat kamu lakukan di rumah.

1Minyak Zaitun

disehat.com

Kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak zaitun dapat menjadikan akar rambut tumbuh kembali. Selain itu, zaitun juga dapat mengembalikan kesehatan rambut serta memperbaiki pigmen rambut.

Kamu cukup menggunakannya sehari sekali. Caranya, balurkan minyak zaitun ke seluruh rambut hingga merata sampai seluruh permukaan kulit kepala. Gunakan sebelum kamu tidur di malam hari. Lakukan secara rutin hingga mendapatkan hasil seperti yang kamu harapkan.

2Putih Telur

www.ummi-online.com

Putih telur memiliki kandungan yang sangat berguna untuk menebalkan rambut sekaligus mencegah kerontokan. Caranya pun cukup mudah. Pertama basahi terlebih dahulu rambutmu dengan air bersih hingga cukup lembab.

Kemudian pecahkan telur dan pisahkan putihnya dari kuning telur. Setelah itu kocok putih telur beberapa saat hingga dirasa kekentalannya merata. Selanjutnya balurkan putih telur tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala secara merata.

Biarkan selama kurang lebih satu jam. Jika sudah selesai, bersihkan rambutmu menggunakan air dingin. Untuk menghilangkan bau amis, gunakan shampoo. Lakukan cara ini secara rutin.

3Kemiri

caca.co.id

Sama halnya dengan putih telur. Kemiri juga berfungsi untuk menebalkan rambut sekaligus mencegah rambut rontok. Hanya saja untuk kemiri ini, yang dimanfaatkan sebagai obat alami menebalkan rambut adalah minyaknya.

Cara membuatnya, pertama, haluskan kemiri kemudian rebus dengan air hingga mengeluarkan minyak. Minyak kemiri akan mengapung di bagian atas air rebusan. Selanjutnya ambil minyak kemiri. Kamu bisa menggunakan sendok makan untuk mengambilnya.

Jika sudah terkumpul semua minyaknya, kemudian balurkan secara merata di seluruh permukaan kulit kepala. Minyak kemiri sejak dulu memang dipercaya dapat menebalkan rambut yang tipis dan rontok secara alami. Aplikasikan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

4Makanan dan Minuman yang Mengandung Vitamin B

makanankuyangsehat.blogspot.com

Selain perawatan dari luar tubuh, perawatan dari dalam tubuh untuk mengatasi permasalahan rambtu tipis dan rontok perlu juga kamu lakukan. Salah satu caranya adalah dengan mencukupi kebutuhan harian Vitamin B yang bisa diperoleh dari segala hal yang kita konsumsi.

Beberapa jenis bahan makanan yang banyak mengandung Vitamin B antara lain seperti daging, kuning telur, buah-buahan segar dan sayur-sayuran berwarna hijau. Dengan mencukupi kebutuhan Vitamin B secara rutin, maka lambat laun kondisi rambutmu pun akan terlihat semakin sehat.

5Makanan dan Minuman yang Mengandung Vitamin A

balihealthdigest.com

Tidak beda jauh dengan Vitamin B, Vitamin A juga dipercaya dapat mengobati masalah rambut tipis. Fungsi utamanya membantu dalam proses regenerasi rambut sehingga bisa tumbuh secara lebih cepat dan tebal.

Kandungan Vitamin A yang cukup tinggi bisa ditemukan pada paprika hijau, paprika merah, semangka, wortel, melon, tomat, apel, dan lainnya.

6Santan Kelapa

primaradio.co.id

Kamu bisa juga menggunakan santan kelapa untuk pengobatan alami dari luar tubuh. caranya sangat mudah.

Parut terlebih dahulu kelapa dan ambil santannya yang masih kental. Kemudian usapkan secara merata di seluruh permukaan kulit kepala sambil dipijat lembut. Pastikan santan kelapa tersebut meresap hingga akar rambut.

Biarkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu, bersihkan dengan air bersih dan shampo untuk menghilangkan bau khas santan kelapa. Lakukan cara ini secara teratur setiap hari.