Pernahkah terpikir oleh kamu, bahwa beberapa bahan alami atau herbal di sekitar kita ini ternyata mampu menjadi bahan-bahan salon yang berkhasiat?

Hmm, pasti tidak menyangka bukan?

Jadi, untuk kamu yang tidak sempat pergi ke salon atau takut membayar mahal untuk perawatan di salon, kamu bisa nyalon sendiri dengan bahan-bahan herbal ini.

Tentunya selain bahannya mudah kamu dapatkan, aman dipakai, juga mudah cara menggunakannya.

Walau memang secara kecepatan efeknya akan lebih lama terlihat daripada saat nyalon.

Namun dengan ketelatenan yang maksimal, kamu pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Seperti halnya dengan meluruskan rambut keriting atau bergelombangmu. Ternyata itu bisa juga dilakukan oleh beberapa bahan herbal berikut ini lho!

Apa saja dan bagaimana caranya meluruskan rambut secara alami tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1Buah Pisang dan Pepaya

alamilagi.blogspot.com

Buah pisang dan buah pepaya adalah dua macam buah-buahan favorit bagi masyarakat Indonesia.

Selain manis, buah pisang maupun buah pepaya memang memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Namun selain memiliki banyak manfaat bagi tubuh, ternyata mereka bisa menjadi bahan pelurus rambut yang tak kalah dengan obat-obatan kimia salon lho!

Bagi kamu yang menginginkan rambut keriting atau bergelombangmu semakin lurus, kamu bisa mencoba tips alami berikut ini.

Caranya amat mudah. Cukup kamu campurkan buah pisang dan buah pepaya menjadi satu.

Lalu tambahkan dua sendok makan madu dan kemudian haluskan campuran bahan tersebut.

Usapkan secara merata campuran bahan tadi ke rambutmu, diamkan selama sekitar 3- sampai 60 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

Karena bahan campuran ini amat manis, maka kamu harus memastikan membilasnya benar-benar bersih. Jangan sampai semut-semut tergoda untuk mendekati rambutmu.

2Air Kelapa

dapurherbalku.wordpress.com

Es degan muda, dengan air kelapa murni, biasanya menjadi favorit masyarakat Indonesia. Apalagi jika cuaca panas atau sedang berwisata ke daerah pantai.

Namun siapa sangka, bahwa air kelapa ternyata bisa membantumu meluruskan rambut yang keriting atau bergelombang, tanpa perlu nyalon ke salon mahal.

Cara melakukannya pun tidak sulit sama sekali. Cukup ambil air kelapa dan sedikit buah daging dari kelapa tersebut, kemudian blender menjadi satu.

Campuran tersebut kemudian siap dioleskan ke seluruh rambutmu, dan diamkan selama semalam.

Keesokan paginya, bilas rambutmu dengan air bersih sampai benar-benar bersih.

Kamu bisa melakukan tips ini dengan rutin selama 2 sampai 3 kali dalam sepekan, agar hasil yang didapat semakin maksimal.

3Susu

sitinabilayasmin.blog.upi.edu

Susu selain baik bagi kesehatan tubuh, menguatkan tulang karena kandungan kalsiumnya yang banyak, ternyata bisa menjadi ramuan herbal untuk meluruskan rambut lho!

Caranya pun sangatlah mudah. Cukup ambil sedikit susu, dan campurkan dengan setengah gelas air matang dan bersih, lalu semprotkan ke rambut.

Cara menyemprotkannya adalah secara merata, baik rambut bagian luar maupun sela-selanya. Gunakan sisir untuk membantumu.

Nah, setelah selesai, kamu bisa memakai kondisioner atau shampo yang memang khusus membantumu untuk mempercepat proses pelurusan rambut.

Lakukan secara rutin ya!

4Jeruk Nipis dan Santan Kelapa

www.mimunmedia.com

Jeruk nipi dan santan kelapa biasanya menjadi bahan-bahan penyedap bagi masakan. Namun kali ini, dua bahan tersebut bisa memberikanmu efek nyalon yang manjur.

Jika kamu memiliki rambut keriting dan ingin sekali meluruskannya, tak perlu ke salon mahal karena campuran jeruk nipis dan santan kelapa ini bisa membantumu.

Caranya mudah sekali. Cukup campurkan sekitar dua sendok makan air perasan jeruk nipis dengan satu gelas santan kelapa.

Kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam kulkas hingga mengental.

Setelah mengental, usapkan secara merata campuran itu ke rambutmu. Kemudian bungkus dengan plastik pembungkus rambut dan diamkan selama beberapa menit.

Saat terasa sudah cukup, buka plastik pembungkus dan bilas rambutmu dengan air bersih sampai benar-benar tak ada lagi sisa campuran bahan tadi.

Lakukan secara rutin dan lihatlah hasilnya!