Apakah kamu pernah merasakan rasa sakit hati yang mendalam? Atau bahkan semacam patah hati? Yakni rasa sakit yang ditorehkan oleh seseorang.

Dalam kehidupan ini, kita tentu pernah merasakan kesal, sedih, marah, bahkan kecewa karena sikap orang lain yang mungkin tidak baik terhadap diri kita.

Dan kini rasa sulit untuk memaafkan masih berkecambuk di dalam hati. Berdamai dengan hal yang menyakitkan bukan perkara gampang.

Akan tetapi, masihkah kamu ingat segala kebaikan yang mereka lakukan? Ada yang mengatakan bahwa mereka yang memaafkan bukan berarti lemah, justru orang yang mampu memberi maaf adalah orang yang kuat.

Ya, memang hanya orang-orang yang lebih kuatlah yang dapat memberikan maaf. Memang memaafkan orang yang sudah menyakiti kita bukanlah hal yang mudah.

Ketika kita bisa memaafkan kesalahan orang lain, paling tidak kita akan merasa lebih baik dan dapat meredakan stres yang ada di pikiran.

Mungkin memang sulit, tapi kamu dapat melakukannya dengan langkah-langkah berikut. Cara memaafkan orang yang pernah menyakiti diri kita.

1Menghilangkan Rasa Benci

chineata.ro

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghilangkan rasa benci terhadap orang yang telah menyakitimu. Memang hal ini tak mudah dilakukan.

Mungkin kamu dapat melakukannya secara perlahan dengan cara mengeluarkan hal-hal tersebut dari pikiranmu. Lepaskan perasaan tersebut bebas ke udara.

Kamu juga dapat melakukannya dengan menuliskan hal-hal yang membuatmu merasa tersakiti, kemudian perlahan cari cara untuk fokus ke masa depan.

Karena bagaimanapun juga kamu bisa menjalani kehidupan ini dengan sehat tanpa membiarkan amarah tersimpan di dalam diri.

2Melihat Gambaran Besarnya

www.andriewongso.com

Berpikirlah kembali, lihatlah apakah hal yang pernah dia lakukan benar-benar tidak bisa dimaafkan? Atau hanya sesuatu yang tidak ingin kamu ingat kembali dalam beberapa waktu?

Jika hal tersebut tidak terlalu berdampak besar bagi kehidupanmu masih ada kemungkinan bagimu untuk memaafkannya.

3Memaafkan Adalah Sebuah Pilihan

id.wikihow.com

Terkadang banyak orang yang mengatakan bahwa memaafkan seseorang yang telah menyakiti diri kita adalah hal yang tidak bisa dilakukan.

Akan tetapi, pahamilah bahwa memaafkan adalah sebuah pilihan. Kamu dapat melakukannya, yakni memaafkan kesalahan orang lain, kapanpun.

Kamu bisa memaafkan jika kamu sudah siap dan pada situasi serta kondisi yang tepat.

4Bicarakan Dengan Seseorang yang Kamu Percaya

rantsofamuslima.blogspot.com

Saat kamu merasakan rasa sedih, terluka ataupun kecewa terhadap hal yang telah kamu alami, mungkin dengan menceritakannya kepada seseorang dapat membantumu.

Kamu mungkin akan memperoleh saran dan nasihat yang bermanfaat. Nasihat yang dapat membantumu memahami situasi dengan lebih baik.

Memang, terkadang kamu merasa tidak membutuhkan nasihat ataupun saran, kamu merasa ingin menyelesaikan sendiri.

Namun, menceritakan perasaan yang kamu rasakan paling tidak akan membuatmu merasa jauh lebih baik karena ada orang yang mendengarkanmu.

5Tulislah Semua Perasaanmu

assets-a1.kompasiana.com

Dengan menuliskan apa yang kamu rasakan akan membantumu mencerna perasaanmu dalam memahami sepenuhnya apa yang terjadi.

Kamu dapat menuliskan semua yang perasaanmu dan apa yang kamu pikirkan bahkan menceritakanya dalam tulisan. Bacalah dan cernalah.

Setelah kamu mencernanya maka kamu akan merasa bahwa kamu sedang berusaha untuk menerima dan memaafkannya.

6Berikan Waktu Untuk Dirimu

infojakarta.net

Ketika kamu merasa terluka entah karena dikhianati, dibohongi atau difitnah oleh orang lain, mengambil waktu untuk menyediri adalah salah satu hal yang perlu dilakukan.

Karena berada di sekitar orang tersebut dan dalam lingkungan itu dapat membuatmu tambah sakit.

Adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin benar-benar memaafkanya, kamu membutuhkan waktu jauh dari orang tersebut untuk sementara dan kembalilah saat kamu sudah siap.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memaafkan orang yang pernah menyakitimu.

Mungkin terkadang sulit, tapi bukankah memaafkan itu dapat membuat hati menjadi tenang dan damai?