Kamu tidak percaya diri dengan hidung pesek? Kira-kira apa yang kamu lakukan untuk membuat hidungmu tampak mancung jika tidak ingin operasi? Operasi terlalu mahal. Kalau bisa yang alami, kenapa harus operasi?

Yap. Bentuklah hidung mancung secara alami. Bisa kok, asal kamu lakukan dengan rutin setiap hari. Nah, berikut ini adalah cara yang cukup efektif dalam membuat hidung tampak lebih mancung alami.

1Cubit Hidung

livestrong.com

Kamu bisa mencubit hidung dengan lembut untuk membuatnya agar mancung dengan cara mengangkatnya. Pegang hidung dengan ibu jari di satu sisi dan jari telunjuk pada sisi yang lain untuk memancungkan hidung tersebut.

Jepit atau tekan hidungmu dengan lembut dan lakukan latihan ini selama 4 – 5 menit setiap hari untuk membuat hidungmu terlihat mancung.

2Meregangkan Kulit Wajah

humannhealth.com

Kamu bisa melakukan cara mencubit hidung ini dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Gerakkan ke arah telinga. Lakukan gerakan tersebut sambil mengerutkan bibir.

Tahan sebentar pose-nya dan lakukanlah cara yang sama juga pada sisi wajahnya yang satunya. Jangan lupa lakukan setiap hari secara rutin (terjadwal).

3Smiling Fish Frenzy

mencegahpenyakit.com

Cara smiling fish frenzy ini merupakan salah satu gerakan di dalam yoga. Bentuknya seperti senam wajah, membuat otot-otot wajah bergerak, berolah raga, dan membentuk senyum yang bisa membuat wajah lebih segar dan tentu hidung tampak mancung.

Bagaimana teknik melakukannya? Cobalah berpose tersenyum sambil mengepalkan gigi secara bersamaan. Tahan pose ini selama kurang lebih 15-20 menit, lalu kendorkan otot pipi.

Cara ini dapat membantumu untuk mengecilkan otot pipi dan memancungkan hidung. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

4Mengerutkan Hidung

youqueen.com

Pada cara berikutnya, yang harus kamu lakukan untuk membuat hidung mencung yaitu dengan mengurut hidung memakai jari-jari tengah dan jari manis. Adapun posisi jari tengah tepat di sudut mata, sedangkan posisi jari manis yaitu di bawah jari-jari tengahmu.

Lakukan pengurutan ini ke arah bawah sampai otot hidung terasa mengencang. Cara ini bisa kamu lakukan setiap hari secara rutin dalam waktu kurang lebih 10-15 menit.

Hampir sama seperti meletakkan jari tengah di sudut mata dan jari manis tepat di bawahnya. Cara ini juga memiliki pola yang hampir sama. Lakukanlah sampai merasakan kekencangan pada otot hidung.

Jangan lupa gosoklah hidungmu dengan lembut menggunakan jari, tanpa meninggalkan otot hidung berkerut. Lakukan dengan rileks dan ulangi 8 – 10 kali.

5Alat Memancungkan Hidung

aliexpress.com

Alat ini termasuk salah satu alat untuk bisa memancungkan hidung. Alat ini sudah banyak sekali beredar dan kamu dapat membelinya di toko-toko kesehatan. Alat ini sangat aman digunakan bagi kamu yang ingin memancungkan hidung secara alami.

Jangan lupa baca aturan penggunaannya ya. Jangan terburu-buru. Kamu harus sabar terhadap prosesnya karena cara alami pasti membutuhkan waktu yang lebih lama dari cara operasi. Hindarilah operasi sebisa mungkin.

6Pijat

livestrong.com

Pijat wajah merupakan salah satu metode yang paling umum dilakukan untuk dan memodifikasi bentuk hidung seseorang. Gunakan beberapa tetes minyak esensial atau baby oil untuk membantu proses pemijatan agar kulitmu tidak terluka karena gesekan.

Mulai dari sekitar lubang hidung, pijat lembut ujung hidung sampai ke pangkal hidung dekat mata untuk memancungkan secara alami.

7Yoga

dbagus.com

Yoga juga merupakan salah satu latihan alami untuk memancungkan hidung. Salah satu tahapannya yaitu berlatih pernapasan, dimana cara tersebut dapat membantu mengubah hidung pesek agar terlihat lebih mancung, secara perlahan dan bertahap.

Duduklah dengan lurus dan gunakan jempol kananmu untuk menutup lubang hidung sebelah kanan. Lalu bernapaslah dengan hidung sebelah kiri.

Tahan napas dan hitung mulai dari angka satu sampai empat. Setelah itu hembuskan napas dan hitung sampai enam. Ulangi dengan cara sama untuk lubang hidung yang satunya. Lakukan latihan pernapasan ini selama 15 – 20 menit.