www.anekaresepmasakan.info

Cara Memasak Ayam Goreng Spesial

Posted on

Daging ayam adalah sumber protein hewani yang paling terjangkau di masyarakat Indonesia. Dibandingkan dengan daging sapi yang harganya sangat tinggi, ayam lebih sering menemani menu makanan keluarga Indonesia.

Daging ayam juga dapat diolah menjadi berbagai makanan. Dari ayam goreng, kari ayam, rica-rica ayam, ayam kecap, nuget ayam, dan lain-lain.

www.fimadani.com
www.fimadani.com

Ayam goreng saja terdapat berbagai jenis diantaranya ayam goreng saus mentega, ayam goreng pop, ayam goreng kalasan, ayam goreng kremes, ayam goreng padang, ayam goreng lombok hijau, dan lain-lain.

www.saimenbakery.com
www.saimenbakery.com

Secara umum cara memasak ayam goreng hampir sama. Namun, ada beberapa bumbu atau cara memasak tambahan yang menjadikan ayam goreng tersebut memiliki nama dan rasa yang berbeda.

Salah satu tips perlakuan daging ayam sebelum dimasak menjadi berbagai macam olahan adalah dengan menambahkan jeruk nipis. Jeruk nipis akan menghilangkan bau amis pada ayam dan membuat bumbu lebih mudah meresap.

Berikut ini ada 2 cara memasak ayam goreng spesial. 2 cara tersebut di antaraya ayam goreng cabai hijau dan ayam goreng mentega.

Ayam Goreng Cabai Hijau

www.galihghung.wordpress.com,jpg
www.galihghung.wordpress.com,jpg

Biasanya ayam goreng dimakan bersama sambal tomat atau sambal terasi. Hal ini sudah tidak berlaku jika kamu memasak ayam goreng lombok hijau. Lombok hijau sebagai bahan utama memiliki rasa yang tidak terlalu pedas.

Jika kamu menginginkan rasa ayam goreng yang pedas, tambahkan cabai rawit sesuai selera.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ayam goreng cabai hijau diantaranya 1 ekor ayam, 1 sendok makan garam, bawang putih 3 siung, serta 1 gelas air kelapa.

Adapun bahan sambal hijau diantaranya 1 ons cabai hijau, cabai rawit sesuai selera, tomat hijau 3 buah, kencur 3 buah, bawang putih 3 siung, dan garam secukupnya.

www.idememasak.com
www.idememasak.com

Bumbu ayam goreng dihaluskan. Kemudian ayam yang telah dipotong-potong dan dicuci bersih dilumuri dengan bumbu ini. Tambahkan dengan air kelapa untuk kemudian direbus agar bumbu lebih meresap.

Setelah meresap, goreng dengan minyak panas. Proses penggorengan tak perlu lama karena daging ayam pada dasarnya telah matang selama di rebus.

Iris cabai hijau dengan kasar. Kemudian tumis dengan minyak goreng sampai semuanya berubah menjadi hijau. Matikan kompor dan pindahkan tumisan cabai hijau ke dalam cobek.

Haluskan bawang putih, tomat, kencur, cabai rawit, dan cabai hijau yang telah ditumis. Setelah halus, masukan ke dalam penggorengan untuk didihkan. Tambahkan sedikit air. Sebelum diangkat koreksi rasa dengan menambah penyedap rasa sedikit saja.

Hidangkan ayam goreng bersama sambal lombok hijau dengan nasi hangat untuk keluarga. Menu ini akan menggoyang lidah keluargamu sekaligus mengucurkan keringat karena rasa pedasnya

Ayam Goreng Mentega

www.ayamsausmentega.blogspot.com
www.ayamsausmentega.blogspot.com

Tak seperti ayam goreng cabai hijau dimana rasa khas terdapat pada sambal lombok hijau, ayam goreng mentega memiliki ciri khas saus mentega yang digunakan.

Siapkan ayam ½ ekor saja yang telah dipotong menjadi 10 bagian. Siapkan juga 1 buah jeruk nipis, bawang putih 1 siung, dan 1 sendok teh garam.

Adapun saus mentega dari bahan bawang bombay ½ siung kemudian di iris tipis, 2 sendok makan mentega, 1 sendok teh kecap asin, ½ sendok teh gula pasir, dan ¼ sendok teh merica bubuk.

Cara memasaknya pertama haluskan bumbu ayam kemudian lumurkan pada daging ayam yang telah di cuci bersih. Tambahkan juga air perasan jeruk nipis agar lebih sedap. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Gorenglah ayam dengan minyak panas. Setelah matang, angkat ayam goreng dan tiriskan.

www.ahsanfile.com
www.ahsanfile.com

Kemudian siapkan saus mentega. Tumis bawang bombay dengan minyak sedikit saja sampai tercium aroma harum. Tambahkan mentega, kecap asin, gula pasir, dan merica bubuk.

Aduk-aduk semua bahan sampai tercampur merata. Terakhir masukan ayam yang telah matang ke dalam penggorengan. Aduk-aduklah sampai saus mentega meresap ke dalam daging ayam.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *