Memasak udang bukanlah hal yang mudah, meski terbilang sederhana, udang perlu diolah dengan benar agar menghasilkan rasa yang nikmat. Selain itu, mengolah udang dengan cara yang baik, tidak akan menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Buat kamu yang ingin memasak udang namun belum tahu cara memilih, membersihkan, dan mengolah udang dengan baik, simak beberapa langkah berikut ini.

1Pilihlah Udang yang Segar

arwanaqu.blogspot.com

Saat kamu memutuskan untuk membeli udang, pilihlah udang yang masih segar. Udang segar memiliki aroma yang khas dan warnanya pun tidak pucat alias segar. Selain itu, lihatlah bagian kepala udang, jangan dipilih jika kepalanya sudah hampir putus ya.

Lebih baik, kamu memilih udang yang masih utuh dari ujung ekor ke ujung kepala. Pastikan juga untuk mengecek tekstur dari si udang, jangan pilih udang yang badannya terasa lembek, melainkan pilih badan udang yang masih keras.

2Cara Menyimpan Udang

herosupermarket.co.id

Jika kamu membeli udang untuk dimasak beberapa hari kemudian, masukkan udang ke dalam freezer Tapi, jangan terlalu lama juga menyimpannya disana, karena freezer hanya berguna sebagai tempat penyimpanan sementara saja.

Nantinya, jika kamu ingin mengolah udang, kamu bisa mengambilnya dari freezer dan pindahkan ke kulkas biasa atau diletakkan di bawah air dingin mengalir. Apabila kamu sudah mengeluarkannya sekali dari freezer, jangan pernah bekukan kembali.

Tetapi, sebaiknya, udang itu dimasak sewaktu ia masih segar. Karena menyimpannya dalam waktu yang cukup lama akan berpengaruh terhadap kandungan yang tersimpan di dalam udang.

3Mengupas dan Membersihkan Kotoran

www.youtube.com

Setelah membeli udang dan sebelum menyimpannya ke dalam lemari pendingin, sebaiknya udang dibersihkan terlebih dahulu. Jika kamu ingin memasak udang dalam keadaan kulit yang sudah terkupas, kamu bisa mengikuti langkah berikut.

Peganglah udang dengan kepala ada di tangan kanan, kemudian pisahkan kepalanya tepat di antara batas kepala dan badan. Jika kepala sudah lepas, saatnya kamu untuk membersihkan seluruh kulitnya.

Apabila kamu tak ingin membersihkan kulit hingga ke ekornya, kamu bisa berhenti pada ruas kedua di atas ekor saja. Nah, untuk udang yang kecil, kamu hanya perlu menyiramnya dengan air panas sampai warnanya memerah dan udang siap dikuliti.

id.wikihow.com
id.wikihow.com

Setelah selesai mengupas udang, sekarang saatnya untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam tubuh si udang. Belah punggung udang yang sudah dikuliti sepanjang badannya, lalu keluarkan kotoran udang yang menyerupai tali berwarna hitam.

Selanjutnya, cuci bersih dan udang siap untuk diolah. Namun, jika kamu ingin menyimpannya, simpan saja udang dalam wadah kedap udara, pastikan tidak ada air di dalam wadah tersebut.

4Cara Memasak Udang

sybaritica.me

Mengolah udang perlu estimasi waktu yang tepat, karena daging udang sangat lembut, maka waktu memasaknya jangan terlalu lama. Agar rasa udang kenyal dan manis, masak udang dengan waktu yang pas.

Biasanya, udang dimasak kurang lebih tiga menit. Jadi, kamu bisa mengamati jika udang sudah berwarna kemerahan, berarti udang itu sudah matang. Namun, jika terlalu lama dimasak, maka rasa udang akan berubah dengan cepat.

Kamu bisa mencoba cara berikut untuk memasak udang agar mendapatkan rasa yang sangat pas. Pertama-tama, ambillah udang sebanyak 1/2 kg, kemudian masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih 1/3 bagiannya.

newinnola.com
newinnola.com

Lalu, beri 3 sendok teh garam dan tutup panci, kemudian didihkan kembali. Masak hingga kulitnya terlihat matang. Jika sudah matang, langsung celupkan udang ke dalam air dingin supaya menghentikan proses memasaknya.

5Membuat Kaldu

indonesian-medan-food.blogspot.com

Tahukah kamu, bahwa kulit udang yang tidak kamu gunakan itu bisa bermanfaat? Kamu bisa memasaknya untuk dijadikan kaldu. Caranya, cuci kepala dan kulit udang sampai benar-benar bersih, lalu rebus dengan kayu arang yang telah dicuci bersih.

Guna kayu arang untuk menghilangkan racun udang. Masak hingga kepala udang berubah warna menjadi merah. Masak dengan menggunakan api kecil. Setelah matang, angkat kepala dan kulit udang dari kaldu. Kemudian, kaldu siap untuk diolah.