Sayuran adalah bahan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Tubuh kita memerlukan sayuran untuk menyuplai vitamin non-esensial yang tidak bisa di produksi sendiri oleh tubuh.

Oleh karena itu sayuran menjadi asupan makanan yang wajib disediakan setiap hari agar keluarga tetap sehat dan bugar. Selain bervariasi, bunda juga harus memasak sayuran dengan cara yang baik.

Apabila cara memasak kurang tepat, maka kandungan gizi sayuran hijau akan hilang sebelum dikonsumsi. Cara mengkonsumsi sayuran yang paling baik sebenarnya adalah dalam kondisi mentah seperti pada lalapan.

www.ratukuliner.com
www.ratukuliner.com

Namun seiring perkembangan zaman, sayuran mentah sangat riskan dengan sisa-sisa pestisida selama penanaman sayur. Begitu juga dengan resiko mikroba berbahaya yang masih hidup jika tidak dimasak dengan suhu tinggi.

Ada beberapa orang yang memiliki kekebalan tubuh kurang baik sehingga kurang cocok mengkonsumsi sayuran mentah. Oleh karena itu memasak adalah cara aman untuk mengkonsumsi sayuran.

Berikut ini terdapat beberapa cara memasak sayur agar tetap bergizi dan sehat.

1Cuci dengan Air Mengalir

www.catatankecilku.net

Cara mencuci yang paling baik adalah menggunakan air yang mengalir. Cucilah sayuran sampai bersih dari kotoran-kotoran.

Apabila kamu menambahkan sabun untuk mencuci sayuran, jangan menggunakannya terlalu banyak. Kemudian bersihkan sampai tidak ada lagi sisa sabun.

Namun, jangan terlalu lama juga mencuci sayuran. Dikhawatirkan vitamin yang larut air akan hilang bersama air pencuci sayur.

Setelah selesai mencuci, segera tiriskan sayur-sayuran sebelum di masak.

2Sayuran Tumis Jangan Membuang Minyaknya

www.dbagus.com

Menumis adalah cara memasak sayuran yang paling praktis dan cepat. Hampir semua jenis sayuran dapat dimasak dengan cara ditumis atau disebut sayur oseng-oseng.

Namun, ada beberapa sayuran yang mengandung vitamin larut minyak seperti vitamin B dan vitamin C. Oleh karena itu jika menumis sayuran jangan membuang minyaknya agar vitamin dalam sayuran tidak hilang.

3Hati-Hati Merebus Sayuran

www.arenakoki.com

Vitamin A, D, E, dan K merupakan vitamin yang larut dalam air. Banyak sekali jenis sayuran yang mengandung vitamin-vitamin tersebut.

Memasak sayur dengan merebus adalah cara yang paling riskan kehilangan vitamin larut air tersebut. Jika kamu terpaksa memasak sayur dengan merebus seperti memasak sop dan sayur asam, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Jangan memasukkan sayuran sebelum air mendidih. Hal ini akan berisiko mengurangi vitamin C menjadi 10 hingga 12 kali.

Setelah mendidih tunggulah selama kurang lebih 2 menit. Oksigen dalam air akan berkurang. Oksigen inilah yang menyebabkan vitamin C hilang selama pemasakan. Kemudian baru masukan sayuran yang akan dimasak.

4Lebih Baik Mengukus Sayuran

www.superindo.co.id

Mengukus adalah cara memasak sayuran yang terbaik. Mengukus adalah kondisi di mana sayuran tidak kontak langsung dengan air. Sayuran hanya terkena uap air, sehingga vitamin dan zat-zat gizi dalam sayuran dapat dipertahankan.

Jika kamu takut memakan lalapan sayur mentah, maka kamu dapat mengukusnya sebentar.

Sebaiknya gunakan peralatan masak dari stainless steel agar sayuran selama dimasak tidak terlalu asam. Selain itu alat masak dari stainless steel mengurangi reaksi dengan sayuran selama pemasakan.

5Hati-Hati Menyimpan Sayuran di Kulkas

www.dapuronlinequ.blogspot.co.id

Kulkas adalah pahlawan bagi banyak ibu-ibu rumah tangga untuk menyimpan sayur-sayuran hijau. Suhu dingin dari kulkas dapat mempertahankan kesegaran sayur sehingga sayur tidak mudah layu dan rusak.

Namun, sebelum disimpan pastikan sayuran dalam kondisi tidak basah. Jika kamu mencucinya segera di lap dengan kain bersih agar tidak banyak mengandung air. Sayuran yang basah apabila disimpan di kulkas akan mudah busuk.

SHARE