Rayap merupakan hewan berukuran kecil yang berwarna putih. Ada yang menyebutnya white ant. Bicara soal binatang kecil satu ini, apakah kamu pernah punya masalah dengannya di rumah?

Rayap biasanya memakan kayu yang sudah lapuk maupun memakan kayu yang masih bagus seperti yang ada di rumahmu.

Jika rayap sudah memakan dan menyerang kayu yang ada di rumah, jelas akan sangat berbahaya. Karena hal ini berkaitan dengan ketahanan bangunan rumah.

Jika kamu merasa rayap sudah mulai mengganggu, berikut ini ada tips sederhana untuk membasminya.

1Minyak Tanah

fjb.kaskus.co.id

Kamu bisa menggunakan minyak tanah untuk mengusir rayap. Caranya, cukup semprotkan minyak tanah pada kayu yang terserang rayap. Semprotkan juga di sarangnya. Biasanya, sarang rayap tak jauh dari tempat ia memakan kayu.

Agar lebih ampuh, kamu juga bisa menambahkan minyak serai sebagai pencampur minyak tanah.

2Tembakau

pixabay.com

Ternyata, tembakau juga ampuh membasmi rayap lho. Kamu bisa mencampur tembakau dan air, lalu diamkan satu malam agar sari tembakau sepenuhnya keluar.

Lalu semprotkan air campuran  pada kayu yang diserang atau juga langsung ke sarang rayapnya. Cara ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif.

3Garam Dapur

reps-id.com

Garam juga ampuh untuk membasmi rayap. Cukup taburkan saja garam di sarang rayap. Sayangnya, cara ini kurang efektif karena garamnya hanya mengenai bagian permukaan.

Agar lebih efektif, kamu bisa mencampur garamnya dengan air dan tembakau. Diamkan selama satu malam, lalu semprotkan dan siramkan di tempat-tempat terserang rayap.

4Air Kapur Sirih

fitribelajarislam.wordpress.com

Sifat panas dari kapur akan sangat berbahaya sekali bagi rayap yang memiliki kulit tipis dan lembut.

Oleh karena itu, air kapur sirih ini sangat efektif untuk membasmi rayap. Caranya, siramkan air kapur sirih pada kayu yang diserang atau bisa langsung disiram ke sarang rayap.

5Air Bekas Cucian Beras

wanita.merahputih.com

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan air pertama dari cucian beras untuk mengusir rayap. Cukup siramkan saja ke sekeliling sarang rayap.

6Termisida

Bahan kimia ini jelas sangat ampuh untuk mengusir rayap namun, juga sangat beresiko untuk kesehatan manusia (penghuni rumah).

Caranya cukup dengan menyemprotkan termisida ke sarang rayap dan kayu-kayu yang diserang rayap. Gunakan termisida sebagai langkah terakhir setelah kamu mencoba cara alami sebelumnya.

SHARE