Aquascape bisa dikatakan sebagai seni menata atau mengatur berbagai elemen penting seperti tanaman, batu, pasir, kayu, air dan elemen lainnya untuk menciptakan sebuah ekosistem hidup dengan landscape yang terlihat alami di dalam sebuah media aquarium.

Adapun kehadiran ikan-ikan hias bisa ditambahkan untuk menambah kesan hidup sehingga aquascape terlihat lebih menarik dan natural.

Sejarah perkembangan aquascape berasal dari negeri Sakura, yang mulai diperkenalkan oleh Takashi Amano pada tahun 1990. Beliau merupakan seorang pecinta aquarium yang kemudian memperkenalkan konsep aquascape hingga menjadi populer di seluruh dunia.

Nah, aquascape ini sudah mulai menjadi hobi bagi banyak orang. Hobi yang satu ini memang sedang digemari masyarakat Indonesia saat ini, terutama bagi mereka yang hidup di daerah perkotaan dengan beragam aktivitasnya yang padat.

Aquascape merupakan hiasan di dalam rumah yang sering dijadikan obat penghilang stress setelah menjalani aktivitas yang cukup melelahkan selama seharian penuh.

1Siapkan Alat dan Bahan

jigajigo.wordpress.com

Siapkan bahan dan alat yang diperlukan, yaitu aquarium, filter air, lampu aquarium, pasir silica, batu hias, kayu hias, pupuk dasar atau pupuk cair, tanaman air, CO2 lengkap berikut tabung dan selangnya, pendingin (fan/chiller), ikan hias yang bukan predator.

2Memilih Akuarium

displayakrilik24jam.indonetwork.co.id

Pemilihan akuarium sangat penting, pilihlah akuarium yang tidak terlalu tinggi agar tanaman dapat mendapatkan cahaya secara langsung dan dapat melakukan pernapasan dengan sempurna.

Bentuk dan besarnya akuarium mempengaruhi jumlah banyaknya unsur-unsur ekosistem yang diperlukan. Semakin besar ukuran akuarium, maka pastikan komposisi isi (tanaman, pasir, pupuk, dan tentuny air) juga akan semakin banyak.

Sebetulnya, kamu bisa membuat kotak akuarium sendiri tanpa harus membeli. Cukup dengan siapkan kaca akrilik dan lem.

3Pupuk

aquajaya.com

Setelah aquarium siap, lalu masukan pupuk dasar ke dalamnya. Pupuk berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tanaman air. kamu bisa membeli pupuknya di toko penjual ikan hias untuk akuarium.

4Pasir Silika

kampungaquarium.blogspot.com

Setelah pupuk, lapisan selanjutnya adalah pasir silika. Pasir tersebut sangat cocok untuk aquascape dan harganya pun cukup murah yakni hanya tiga ribu rupiah saja untuk per kilogramnya.

Sama seperti pupuk, pasir silica juga bisa kamu dapatan di toko penjual ikan hias yang agak besar. Biasanya jika tokonya cukup besar, maka mereka akan menjual peralatan akuarium juga.

5Kayu dan Batu Hias

atagaleri.net

Langkah selanjutnya yaitu memasukan kayu dan batu hias. Selain sebagai hiasan, elemen ini berfungsi untuk memperkuat pondasi memperkuat tumbuh tanaman air. Lakukan penataan terhadap elemen batu dan kayu tersebut sesuai dengan desain dan selera yang diinginkan.

6Tanaman Air

aquariumlife.com.au

Setelah semuanya tertera sesuai selera, kini saatnya anda menanam tanaman air. Caranya yaitu dengan menyelipkannya diantara pasir atau bebatuan dan untuk mempermudah proses penanaman, isi aquarium dengan sedikit air.

Tanaman yang cocok untuk aquascape adalah jenis tanaman rawa seperti velvet green, silver gray dan venomous. Tak usah khawatir dalam mencarinya karena kini semua jenis tanaman ini mudah didapat di toko-toko yang menyediakan peralatan aquascape.

7Isi Air

akuariumhiasku.blogspot.com

Tahap selanjutnya yaitu mengisi akuarium dengan air. Jangan lupa untuk memasang filter air dan lampu di atas aquarium. Filter berfungi untuk menyaring kotoran, sehingga warna air dalam aquarium tetap jernih, sedangkan lampu akan berguna sebagai pengganti cahaya matahari.

Rutinlah mengganti air dalam akuarium selama sebulan sekali. Agar ikan tetap hidup sehat dan tidak teracuni dengan air kotor.

SHARE