Musim penghujan seperti ini, selalu enak jika ditemani dengan makanan hangat. Namun, tentunya tidak hanya sekedar hangat, tapi juga harus lezat, mengandung gizi yang tinggi serta menyehatkan. Tapi kira-kira apa ya makanan yang seperti itu?

Tentunya banyak sekali varian makanan yang sesuai dengan kriteria di atas. Semua jenisnya bisa saja jadi andalan kita untuk membuat menu makanan di musim hujan seperti sekarang ini. Dan salah satu jenis makanan yang bisa kita nikmati adalah bakso ikan.

infomakan.com
infomakan.com

Wow! bakso ikan. Ngebayanginnya aja pasti gurih tuh dan mengandung protein yang tinggi. Tapi di mana kita bisa mendapatkan bakso ikan? Bukankah yang banyak dijual itu bakso daging? Emang iya sih, tapi banyak juga kok yang jual bakso ikan di market-market, baik itu yang bermerek ataupun tidak.

Tapi tentunya, bakso ikan di pasaran punya kualitas yang berbeda-beda. Tergantung produsennya. Ada yang kandungan ikannya banyak ada juga yang lebih banyak bahan pengisinya.

perinus.com
perinus.com

Jadi, kalau kamu mau bakso ikan dengan kualitas yang dijamin baik, maka kamu buat sendiri aja. Caranya mudah kok dan sangat mungkin untuk dipraktikkan di dapur kamu . Langsung kita lihat saja yuk proses pembuatannya.

1Bahan-bahan yang Dibutuhkan

ikanlautsupersegar.blogspot.com

Sebelum kita membuat bakso ikan, maka langkah yang pertama kali harus kita lakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya. Bahan utama untuk membuat bakso ikan ini adalah ikan. Biasanya banyak yang menggunakan ikan tenggiri.

wikipedia.org
wikipedia.org

Selain itu, kita pun membutuhkan putih telur. Putih telur yang kita gunakan bisa kita ambil dari satu butir telur setelah dipisahkan kuningnya. Kemudian jangan lupa juga untuk menyiapkan garam.

Untuk menambah rasa pedas dari bakso ikan ini, maka kita bisa siapkan merica bubuk. Sedangkan bahan lainnnya yang perlu kita siapkan adalah air es, kaldu bubuk, dan tepung maizena.

caraka-online.com
caraka-online.com

Dalam proses pembuatannya, kita pun membutuhkan semangkuk es batu. Untuk apa es batu ini? Es batu berfungsi untuk merendam bakso ikan dan juga untuk membasahi tangan kita saat proses pembuatannya.

2Proses Pembuatan

dapurulatbulu.blogspot.com

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah memisahkan antara daging dengan kulit dan duri-duri ikan. Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan pisau yang tajam atau bisa juga dikerok menggunakan sendok.

Setelah daging terpisah dari duri, maka langkah selanjutnya adalah menggiling daging menggunakan food processor. Jika kamu tidak memiliki food processor kamu pun bisa menggunakan pisau untuk mencincang ikan sampai halus.

Daging yang sudah halus tadi kemudian kamu campurkan dengan garam, merica bubuk, kaldu, serta putih telur. Aduk hingga rata membentuk sebuah adonan. Tidak lupa juga tambahkan air es.

Setelah menjadi adonan, maka sekarang tugas kamu untuk membentuknya menjadi bulatan-bulatan, tapi jangan lupa sebelumnya taburi adonan dengan tepung maizena. Sebelum membentuk adonan pun, tangan kamu perlu dibasuh dengan air es.

Adonan bakso ikan yang sudah menjadi bulatan-bulatan tadi bisa kamu rebus sampai baksonya mengapung. Setelah matang maka kamu rendam bakso tadi di air es. Baru setelah itu bisa kamu olah menjadi aneka bentuk makanan.

Makanan apa yang bisa kita buat dengan menggunakan bakso ikan? Kita bisa buat bakso kuah, bakso ikan goreng, atau bisa juga mencampurkan bakso ikan ke dalam sayur sup.

Rasa bakso ikan yang gurih, pasti akan selalu mengundang selera kamu untuk selalu memakan dan membuatnya. Bagaimana, cara membuat bakso ikan ini bisa kan dipraktikkan di dapur kamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here