commons.wikimedia.org

Cara Membuat Bakso Sapi Itu Ternyata Mudah, Ya?

Posted on

Sapi merupakan hewan yang hampir seluruh bagian tubuhnya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Mulai dari kulit, susu, tulang, jeroan, dan dagingnya. Dari semua bagian tubuh sapi tersebut, tentunya daging memiliki porsi paling banyak.

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Nah, biasanya produk olahan apa sih yang biasa kamu buat dari daging sapi? Tentunya banyak variasi produk olahan untuk daging sapi ini, ada yang mengolahnya jadi rendang, semur daging dan lain sebagainya. Eh, tapi banyak juga yang mengolahnya jadi bakso lho?

Bahkan bakso ini adalah makanan favorit untuk semua kalangan. Baik itu anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

Apalagi kalau disajikan dalam bentuk bakso kuah saat musim hujan. Wah, pastinya enak sekali ya! Tapi, sayangnya di luaran sana ada saja berita buruk tentang bakso. Ada yang dicampur boraks lah, pakai daging babi dan lain-lain.

recipeshubs.com
recipeshubs.com

Dengan berita-berita seperti itu, para penggemar bakso pun jadi khawatir kan? Soalnya ngebedain bakso yang benar-benar asli dengan dicampur itu kan susah. Padahal kan bakso itu makanan yang selalu menggoda kita untuk memakannya.

Tapi tenang saja, bagi kamu penggemar bakso dan takut untuk membelinya di luaran sana, kamu bisa kok membuatnya sendiri, caranya pun mudah. Baiklah, supaya kamu tidak bertambah penasaran, kita lihat saja yuk cara membuat bakso berikut ini!

Bahan yang Diperlukan

ersrret.blogspot.com
ersrret.blogspot.com

Untuk membuat bakso daging sapi, tentunya bahan utama yang kita perlukan ada daging. Saat kamu memilih daging, maka usahakan untuk memilih daging yang segar dan berkualitas baik, supaya bakso yang kamu buat rasanya lebih enak.

Selain itu, kamu pun membutuhkan tepung kanji sebagai bahan pengisi atau bahan yang akan membuat bakso kita kenyal dan mudah dibentuk. Tapi, kamu tidak perlu menambahkannya banyak-banyak, cukup 50 gr saja untuk setengah kilogram daging.

abiummi.com
abiummi.com

Bahan lain yang kamu butuhkan adalah bumbu-bumbu untuk memberi rasa pada bakso yang akan dibuat. Bumbu ini meliputi bawah merah, bawang putih, lada, dan garam. Oiya, kamu pun membutuhkan es batu untuk proses pembutannya nanti.

Proses Pembuatan Bakso

ahlikolesterol.com
ahlikolesterol.com

Setelah semua bahan kamu siapkan, berarti kamu bisa langsung masuk ke proses pembuatan baksonya. Nah, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggiling dagingnya menggunakan food processor ataupun blender.

kiosdagingkambing.wordpress.com
kiosdagingkambing.wordpress.com

Bersamaan dengan kamu menggiling daging, maka kamu pun bisa mencampur tepung kanji beserta bumbu-bumbu yang lain. Proses ini dilakukan sampai semua bahan tercampur dan berubah menjadi halus.

Lalu, bagaimana jika kamu tidak punya alat untuk menggilingnya? Berarti kamu beli saja daging yang sudah digiling. Nanti di rumah baru kamu campur daging dan bahan yang lain menggunakan sebuah wadah hingga semuanya tercampur merata.

alamiterja.ga
alamiterja.ga

Tahap selanjutnya, kamu perlu menambahkan es batu pada adonan bakso sapinya. Penambahan es batu ini berfungsi agar adonannya mudah dibentuk saat membentuknya menjadi bola-bola berukuran kecil.

Sebelum kamu membentuk adonannya, maka sebelumnya kamu perlu memanaskan air untuk merebus bakso hingga panas. Soalnya setelah dibentuk, bakso langsung dimasukkan ke air panas tersebut.

berrykitchen.com
berrykitchen.com

Lalu bagaimana cara membentuk bakso yang bulat seperti bola kecil itu?

Caranya, kamu genggam adonannya kemudian biarkan sebagian adonannya muncul di sela-sela jari kamu, lalu ambil menggunakan sendok dan masukkan ke air mendidih tadi. Lakukan hal seperti itu sampai semua adonannya habis.

Setelah semua adonan terbentuk, maka masaklah bakso tersebut dengan api yang besar hingga matang. Tanda kalau baksonya sudah matang, baksonya akan mengapung dipermukaan bakso.

Demikianlah cara membuat bakso sapi, mudah sekali kan caranya? Kalau baksonya sudah jadi, maka kamu bisa mengolahnya lebih lanjut, misalnya saja dibuat menjadi bakso kuah.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *