flickr.com

Belajar Cara Membuat Bakso Tahu, Yuk!

Posted on

Kalau kamu berjalan-jalan ke Semarang, maka kamu akan menemukan makanan khas yang banyak dijual di sana, yaitu bakso tahu.

Walaupun banyak bakso kita temui di daerah lain dan begitu pula dengan tahu, namun bakso tahu atau tahu bakso khas Semarang ini tidak ada tandingannya.

Oleh karena itu, setiap kali ada yang berkunjung ke Semarang dan sudah pernah membeli bakso tahu, maka untuk kunjungan selanjutnya, ia pasti akan kembali untuk membelinya. Soalnya rasanya nagih sih!

menuharian.com
menuharian.com

Wah, emang sebegitu enaknya ya? Bagi penyuka kenyalnya bakso yang berpadu dengan gurihnya tahu, tentunya rasa bakso tahu ini sangat enak. Tapi, bagaimana kalau kita nggak punya kesempatan untuk datang ke Semarang?

Sebenarnya sih kita bisa beli online, namun kalau beli online kan butuh waktu untuk mengantarkan bakso tahunya sampai di kediaman kita. Sudah itu, bakso tahu juga nggak tahan lama, cuma tahan 24 jam di udara luar tanpa pendingin.

tahubaksosoraja-baginda.blogspot.com
tahubaksosoraja-baginda.blogspot.com

Jadi kalau kepingin bakso tahu gimana dong? Gimana ya? Bagaimana kalau kita buat sendiri saja? Kita cari resepnya, kemudian kita coba-coba deh di rumah. Wah, langsung aja yuk kita cari dan pelajari resepnya.

Bahan-Bahan Membuat Bakso Tahu

kiosdagingkambing.wordpress.com
kiosdagingkambing.wordpress.com

Sebelum kita membuat bakso tahu, maka kita perlu mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk membuatnya. Kira-kira, apa saja ya bahan untuk membuat bakso tahu ini? Kita lihat deskripsinya di bawah ini yuk!

  • 200 gr daging giling
  • 8 buah tahu kulit
  • 1 batang seledri
  • 100 gr tepung tapioka
  • 1 sdt baking powder
  • 2 bungkus penyedap rasa
  • 100 gram es batu
  • Air
flickr.com
flickr.com

Bahan-bahan di ataslah yang kita perlukan untuk membuat bakso tahu. Wah, pakai daging giling ya? Bagaimana kalau kita nggak punya alat untuk menggilingnya? Kalau kamu nggak punya alat untuk menggilingnya, kamu bisa beli daging yang sudah digiling saja.

Oiya, menggiling dagingnya juga bisa pakai blender lho, tapi menggunakan wadah yang biasa digunakan untuk menggiling bumbu. Bukan wadah besar yang biasa dipakai untuk membuat jus.

Oke, jika semua bahan sudah kita siapkan, maka kita bisa lanjut ke proses pembuatan bakso tahu. Kamu sudah siap kan? Kalau sudah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini yuk!

Cara Membuat Bakso Tahu

cinta-dapur.blogspot.com
cinta-dapur.blogspot.com

Langkah pertama yang bisa kita lakukan dalam membuat bakso tahu adalah mengiris selendri hingga menjadi potongan-potongan kecil. Setelah halus, maka kita sisihkan dulu. Lalu kita lanjutkan dengan menghancurkan es batu.

Es batu yang sudah kita hancurkan tadi, kemudian kita campur dengan daging giling, kemudian kita haluskan menggunakan blender dan ditambahkan penyedap rasa. Setelah itu kita campur dengan bahan yang lain.

Bahan lain yang kita campurkan terdiri dari baking powder, seledri, dan tapioka. Setelah kita aduk rata dan membentuk sebuah adonan, maka langkah selanjutnya kita bisa melakukan pengisian adonan pada tahu yang sebelumnya sudah kita keluarkan isi dibagian tengahnya.

minasari.yukbisnis.com
minasari.yukbisnis.com

Cara memasukkan adonan ke tahu, dengan mengambil adonan dengan sendok, baru kemudian dimasukkan ke tahu. Lakukan hal ini, sampai semua adonan kita masukkan ke dalam tahu yang sudah kita siapkan.

Jika adonan sudah masuk semua ke tahu, maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah merebus bakso tahu tersebut sampai matang. Jika sudah matang, maka bisa kita lanjutkan dengan proses pendinginan.

Apabila bakso tahunya sudah matang dan dingin, maka kita bisa menyimpannya sebagian dan mengolah sebagiannya lagi. Bakso tahu yang sudah jadi ini bisa kita olah menjadi bakso kuah, atau kita goreng begitu saja dan dimakan dengan cabe rawit.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *