Saat ini di luaran sana, banyak sekali penjual panganan yang menawarkan aneka ragam kue. Baik itu dengan warna mencolok ataupun bentuknya yang bervariasi.

Tapi, di antara semua jenis makanan itu, kita tidak bisa memastikan kandungan makanan yang ditambahkan ke dalamnya. Oleh karena itu alangkah lebih bijak apabila kita meminimalisir membeli panganan di luar.

Lalu, bagaimana solusinya jika kita mau menyuguhkan kudapan? Ya, salah satu alternatifnya adalah dengan membuatnya sendiri.

Kalau kita buat sendiri, maka kita bisa memastikan bahan apa yang digunakan. Selain itu kita pun bisa menambahkan bahan-bahan sesuai selera kita.

Nah, pertanyaannya kudapan apa yang akan kita buat? Salah satu jenis kudapan yang mudah dan praktis dalam membuatnya adalah bolu kukus. Selain mudah, rasa bolu kukus juga enak lho? Apalagi jika di makan saat sedang lapar-laparnya.

kreasidaribunda.blogspot.com
kreasidaribunda.blogspot.com

Lalu, bagaimana caranya membuat bolu kukus? Untuk menjawab pertanyaan itu, langsung kita lihat caranya yuk!

1Bahan yang Dibutuhkan

wirasetododdy.wordpress.com

Sebelum kita membuat bolu kukus, maka kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan untuk membuat bolu kukus terdiri dari tepung terigu, gula putih, telur, baking powder, vanili, soda tawar dan pewarna makanan.

Tepung terigu yang kita gunakan sebanyak 250 gr, pastikan membeli tepung terigu dengan kualitas yang baik. Biasanya tepung terigu yang dijual dalam kemasan, mutunya lebih terjamin.

taysbakers.com
taysbakers.com

Gula pasir yang kita gunakan sekitar 200 gr, namun bisa disesuaikan dengan keinginan dan selera kita. Tergantung tingkat kemanisan yang kita inginkan. Pastikan juga untuk membeli gula dengan kualitas yang baik.

kuherbal.com
kuherbal.com

Kalau untuk telur, kita hanya membutuhkan 2 butir saja. Sedangkan bahan-bahan pelengkap seperti vanili dan baking powder, kita tambahkan masing-masing setengah sendok teh.

Untuk soda tawar, kita bisa menggunakan sebanyak 225 ml. Soda ini digunakan agar bolu kukus yang kita buat mekar dengan sempurna. Untuk pewarna makanannya sendiri, kita bisa menggunakan minimal 2 macam pewarna makanan atau bisa juga lebih dari itu.

2Proses Penyampuran Bahan

titisari.wordpress.com

Setelah semua bahan kita siapkan, maka kini saatnya kita mencampur semua bahan. Bagaimana caranya? Apa yang perlu kita masukkan terlebih dahulu?

Pertama kali yang perlu kita lakukan adalah mengocok telur menggunakan mixer. Setelah telur mengembang sempurna, yang ditandai dengan berubahnya warna telur menjadi lebih putih, maka setelah itu kita masukkan gula.

Setelah gula larut dengan telur, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan bahan-bahan yang lain. Saat memasukkan bahan-bahan yang lain, maka kita perlu memperlambat kecepatan mixer.

Jika mixer tetap dengan kecepatan penuh, dikhawatirkan bahan-bahan yang berupa serbuk, akan bertaburan ke mana-mana saat dilakukan proses penyampuran bahan.

Setelah semua bahan tercampur, maka kita perlu memisahkan adonan ke dalam beberapa wadah untuk dilakukan penambahan pewarna makanan.

3Proses Pengukusan.

bundane-tafta.blogspot.com

Sebelum proses pengukusan, tentunya kita perlu memasukkan adonan ke dalam cetakan-cetakan kecil. Kita bisa menggunakan cetakan berbentuk mawar ataupun yang berbentuk sederhana. Kita pun bisa menggunakan cup kertas di atas cetakannya.

Untuk mendapatkan kesan warna-warni, maka kita bisa memasukkan beberapa adonan dengan warna berbeda ke dalam cetakan menggunakan sendok.

Caranya, sendok adonan dengan warna A, lalu letakkan di salah satu sudut cetakan, kemudian dilanjutkan dengan memasukkan warna lainnya.

Setelah adonan masuk ke dalam cetakan, barulah kita mulai proses pengukusan. Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus kurang lebih 15 menit. Untuk melihat apakah bolu kukus sudah matang atau belum, maka kita bisa gunakan tusuk gigi.

Jika kita tusukkan tusuk gigi ke bolu kukusnya, lalu masih ada adonan yang menempel di tusuk gigi, maka itu tandanya bolu kukus belum matang.

Bagaimana, mudahkan cara membuat bolu kukus? Selamat mencoba ya!