Siapa suka makan bolu panggang? Kalau kamu termasuk salah satunya, berarti artikel ini pas banget buat kamu.

Yuk, simak ulasan 3 resep jitu membuat bolu panggang lezat.

1Bolu Panggang Teflon

resepkuekering.org

Kerepotan memanggang dengan oven? Cara ini bisa kamu coba, yakni memanggang dengan teflon. Sediakan bahan-bahan berupa tepung terigu, telur ayam, gula pasir, ovalet, mentega cair, dan garam.

Langkah pertama, kocoklah putih telur, gula pasir dan ovalet sampai berwarna putih, mengembang dan adonan tidak menetes jika mixer diangkat.

Kemudian, tambahkan kuning telur seraya mengocok adonan selama kurang lebih 3 menit. Biarkan hingga kuning telur menyatu dengan adonan. Angkatlah mixer dan tambahkan tepung sedikit demi sedikit.

Aduk adonan menggunakan spatula secara perlahan. Tuangkan mentega cair dan aduk lagi sampai semua bahan menyatu.

eviesetyadi.blogspot.com
eviesetyadi.blogspot.com

Selanjutnya, panaskan teflon memakai mentega cair dan masukan adonan tadi ke dalam teflon. Lalu tutup teflon dan panggang adonan selama 20 menit. Kalau sudah matang, angkat adonan dan sajikan.

Bolu panggan teflon siap disantap. Tak ada oven, teflon pun jadi. Selamat mencoba, guys!

2Bolu Pisang Panggang

bundagaluh.wordpress.com

Kamu penggemar bolu pisang? Racikan berikut cocok untuk kamu, yakni bolu pisang meses. Bolu ini dimasak dengan cara dipanggang. Tidak hanya donat saja yang boleh bertabur meses, bolu pisang pun bisa dikreasikan dengan meses.

Kamu cukup menyiapkan bahan-bahan berupa tepung terigu, gula pasir, pisang, telur, baking powder, maizena, vanili, garam, meses, dan butter cream.

Pertama, buah pisang yang sudah kamu siapkan dihancurkan menggunakan garpu atau sendok. Langkah kedua, tepung terigu, maizena, dan baking powder dicampur menjadi satu lalu diaduk hingga rata.

handokosaputra.wordpress.com
handokosaputra.wordpress.com

Selanjutnya, bahan-bahan berupa telur, gula, garam dan vanili dikocok menjadi satu sampai mengembang dan tercampur rata. Secara bertahap, masukan pisang yang sudah dihancurkan. Aduk lagi sampai adonannya benar-benar menyatu.

Adonan tadi dituangkan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin. Kemudian, taburi tepung secara tipis saja. Dilanjutkan dengan tahap pemanggangan.

Panggang adonan sampai terasa empuk dan matang. Setelah matang, segera angkat dan dinginkan. Terakhir, lumuri bolu dengan butter cream dan taburkan meses di atasnya.

Rasanya? Pastinya manis dan gurih.

3Bolu Pelangi Panggang

resephariini.com

Bolu yang satu ini akan mengingatkanmu pada warna-warni pelangi. Lupakan sejenak segala penat dan berkreasilah dengan membuat bolu pelangi.

Sediakan bahan-bahan berupa telur, gula pasir, susu bubuk, maizena, terigu, mentega, SP merek TBM, dan butter cream.

Siapkan pula mixer di meja dapurmu. Lalu masukan bahan-bahan berupa telur, TBM dan gula pasir ke dalam mixer. Kocok ketiga bahan tersebut menggunakan mixer.

Langkah berikutnya, campurkan terigu, maizena, dan susu bubuk menjadi satu sambil diaduk rata. Jika sudah terlihat merata, masukan campuran bahan tersebut ke dalam mixer yang berisi adonan. Ingat, sebelumnya kecilkan speed mixer.

Kalau sudah nampak mengembang dan menyatu sempurna, matikan mixer. Kemudian, tuangkan mentega cair sembari diaduk rata memakai spatula.

kuenya-najmina.blogspot.com
kuenya-najmina.blogspot.com

Adonan tadi dibagi menjadi enam bagian. Masing-masing bagian diberikan warna yang berbeda-beda sesuai selera.

Misalnya, warna merah, kuning, hijau, ungu, biru, dan oranye. Setelah warnanya tercampur sempurna, masukan masing-masing adonan ke dalam piping bag.

Siapkan loyang yang dialasi kertas roti. Selanjutnya, tuangkan adonan dalam piping bag ke loyang dengan bentuk sesuai selera. Disarankan berbentuk serong tiap garis sampai ujung adonan.

Tahap berikutnya adalah memanggang adonan ke dalam oven hingga matang. Kamu bisa menggunakan lidi untuk mengetes tingkat kematangannya.

Angkatlah adonan ketika sudah matang. Segera gulung adonan dalam kondisi panas. Bila sudah digulung, diamkan sejenak sampai agak dingin.

Langkah terakhir yakni membuka gulungan tadi dan mengolesinya dengan butter cream. Gulung kembali jika olesannya sudah merata. Bungkus bolu gulung. Kamu boleh membuka dan memotongnya setelah beberapa menit.

Sajikan bolu gulung pelangi sebagai teman kopi atau teh di pagi hari. Selain itu, kamu juga bisa menghidangkannya untuk acara-acara tertentu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here