Kamu mungkin telah jauh mengenal bolu pisang, tapi tahukah kamu bagaimana dan darimana kue yang disebut dengan istilah banana bread ini berasal? Sejaranhnya bisa jadi tidak terlalu panjang.

Mengapa begitu? Karena baking soda dan baking powder baru dikenal sejak tahun 1930-an. Lantas berbagai resep olahan pisang dikenal secara luas lewat chiquita banana’s recipe book yang dirilis tahun 1950.

resepkuekering.org
resepkuekering.org

Namun, kamu pasti belum tahu bahwa di Amerika Serikat ada National Banana Bread Day. Hari nasional roti pisang, dirayakan tanggal 23 Februari setiap tahunnya. Bagaimana di Indonesia?

Jangan terlalu dipikirkan, kamu bisa rayakan hari bolu pisang nasional setiap hari, di rumah. Dengan kreasi enak bolu pisang kamu sendiri. Ayo membuat bolu pisang!

Berikut beberapa titik rahasia pada cara membuat bolu pisang yang enak. Resep rahasia yang diunggah Rhoda Boone di laman Epicurious.

1Tambahkan Produk Olahan Susu

nourishingmeals.com

Produk olahan susu atau yang biasa disebut dairy product perlu kamu tambahkan lebih untuk memperkuat cita rasa (flavor) dan kelembaban (moistness) bolu pisang buatan kamu.

Kamu bisa krim susu atau buttermilk. Menurut Rhoda yang telah melakukan beberapa kali percobaan. Produk olahan susu yang paling pas untuk ditambahkan adalah krim susu yang asam (sour cream).

2Pakai Pisang Matang

macrolifenaturals.com

Tentu saja kamu menggunakan pisang yang matang bukan? Namun, bukan itu yang dimaksud Rhoda dengan ‘pisang matang’. Pisang matang segar yang berwarna kuning menggiurkan itu harus kamu oven.

Pangganglah selama 15–20 menit pada suhu oven 120⁰C. Jangan dikupas sebelum kamu oven, biarkan kulitnya menjadi hitam karena efek pemanggangan suhu tinggi di dalam oven.

appetitesignite.blogspot.com
appetitesignite.blogspot.com

Warnanya menjadi hitam suram dan tidak menarik lagi? Itu hanya kulitnya. Rasakan hasilnya nanti. Biarkan menjadi dingin lalu kupas dan bisa segera kamu gunakan untuk membuat bolu pisang.

3Jadilah Gelap

orj.cc

Kalau kamu pikir bolu yang baik adalah yang berwarna terang, kamu bisa melakukan kreasi ulang dengan persepsi kamu itu. Tambahkan gula untuk membuat sensasi warna gelap pada bolu pisang kamu.

Kamu bisa gunakan gula pasir berwarna gelap atau bahkan gula jawa (gula merah) dan gula aren. Pilih sesuai selera kamu dengan tingkat kemanisan yang kamu sukai. Jangan lupa tanyakan pendapat anak kamu atau pasangan kamu, mereka lebih suka gula jenis apa.

4Tambahan Kesempurnaan

communitytable.parade.com

Sempurnakan bolu pisang buatanmu dengan berbagai ‘isian’ yang pas dan menggoda. Pikirkan lagi apa kesukaan anak kamu dan pasangan kamu. Kamu bisa berkreasi bebas di area ini.

Kamu bisa tambahkan kacang mete, kacang almond, dan berbagai jenis kacang lainnya. Kamu juga bisa sisipkan kismis, chocolate chip, bahkan bermacam macam berry, blueberry, stroberi dan banyak lagi pilihan lainnya.

Tentu saja berbagai bentuk coklat bisa kamu sajikan selain chocolate chip, kamu bisa masukkan coklat rajang atau cincang kecil menyerupai taburan, hingga kreasi dengan coklat putih yang akan membuat warnanya kontras menawan dengan bolu yang gelap.

Apapun bisa kamu lakukan dengan kreasimu di bagian ini.

5Sajian Istimewa

foodnetwork.com

Dengan semua detil dan kreasi rahasia dari Rhoda di atas, kamu bisa melakukan finishing sendiri tanpa bantuan ide dari Rhoda. Kamu bisa menyajikan bolu pisang ini dengan es krim vanila atau es krim berbagai rasa lainnya.

Bolu pengganti nasi yang mengenyangkan juga bisa menemani coffee time dan tea time kamu di minggu pagi yang segar. Pagi hari yang sempurna bukan? Segera buat bolu pisang kreasimu sendiri di rumah. Untuk keluargamu tercinta.

SHARE