Tanaman bonsai termasuk dari salah satu tanaman hias. Tanaman bonsai sendiri bermakna pohon yang dibuat kerdil di dalam sebuah pot.

Tujuan dari mengkerdilkan pohon ini adalah untuk menempatkan pohon yang biasanya tumbuh besar agar bisa dimasukkan dalam sebuah ruangan.

Selain itu juga sebagai tanaman hias. Sehingga kita bisa menikmati pemandangan pohon yang biasanya tumbuh besar dalam bentuk kecil.

Kata bonsai sendiri berasal dari bahasa Jepang dari kata bon yang berarti pot dangkal dan sai yang bermakna menanam.

Sebenarnya praktik menanam bonsai telah terlacak lebih dari seribu tahun yang lalu di Cina. Seni ini disebut sebagai pun-sai.

Bentuk-bentuk bonsai pertama masih amat kasar. Pohon dibuat menyerupai bentuk burung atau naga.Berbeda dengan praktik bonsai modern, daya tarik pohon pun-sai ada pada kemiripan bentuknya dengan legenda atau keyakinan tradisional Cina.

Jepang kemudian mengadopsi bonsai pada masa Kamakura di tahun 1185-1333. Sebuah catatan kuno menunjuk tahun 1195 sebagai saat pertama kali bonsai dibawa ke Jepang.

Saat di Jepang, bonsai berkembang pesat melebihi yang terjadi di Cina. Orang Jepang menganggap bonsai mewakili hubungan spiritual antara manusia dan alam.

Nah buat kamu yang ingin membuat pohon bonsai sendiri tak perlu khawatir. Cara membuat pohon bonsai sendiri cukup mudah. Ikuti langkah berikut ya

1Pemangkasan

bonsaitoursvn.com

Pemotongan atau pemangkasan dilakukan dengan tujuan untuk memberi bentuk, membuang cabang atau ranting yang tidak diperlukan dan memendekkan batang atau cabang.

Pemotongan adalah langkah awal dari bonsai sehingga bonsai bisa dibentuk sesuai dengan keinginan kita. Pemotongan juga memungkinkan pohon tidak lagi tumbuh membesar.

Kamu bisa memaki catut atau gunting tanaman sehingga pekerjaan kamu bisa cepat selesai.

2Pengawatan

ficusbenyamina.blogspot.com

Pengawatan dilakukan untuk membantu pembentukan batang, dahan ataupun ranting agar tumbuh ke arah yang diinginkan.

Pemberian kawat adalah langkah kedua setelah pemotongan. Dengan pengawatan, pohon akan mengikuti pola kawat sehingga bisa kita bentuk sesuai dengan keinginan kita.

3Taruh di Pot

www.artofbonsai.org

Menanam bonsai dalam pot menjadi langkah selanjutnya yang penting. Posisi menanam di pot memengaruhi pertumbuhan bonsai.

Posisi bonsai dalam pot tergantung pada gaya yang digunakan. Tidak selamanya posisi tanaman yang baik tepat ditengah-tengah pot.

Untuk gaya tertentu posisi tanaman terutama pangkal batang dan daerah perakaran bisa saja pada posisi di sebelah kiri atau kanan.

4Penanaman

www.bonsaitreegardener.net

Penanaman dilakukan setelah pot dipilih dan media tanam telah disiapkan. Idealnya, bonsai ditanam dulu baru dilakukan pembentukan sesuai yang diinginkan.

Kamu perlu mengatur posisi pohon bonsai agar pas dengan pot dan menambahkan tanah pada ruang di sekeliling bonsai.

Setelah menanam dengan media tanam yang bagus, pastikan kamu sedikit beri air agar tanamannya tidak mati

5Penuaan

emadhisto.blogspot.com

Bonsai akan terlihat semakin bagus apabila dilakukan teknik penuaan. Penuaan dapat membuat tanaman yang sebenarnya belum tua menjadi tampak tua.

Kesan tua dapat ditandai dengan pertumbuhan cabang yang rata-rata merunduk ke bawah dan akar yang menjalar sampai permukaan tanah.

Penuaan pada bonsai dengan teknik pengelupasan pada kulit dari cabang batang, dilakukan pemolesan dan pemutihan dengan asam

6Penggantian Pot

www.huffingtonpost.com

Penggantian pot biasanya dilakukan pada bonsai yang dianggap sudah jadi atau bonsai yang sedang mengalami perlakuan hingga boleh dikatakan hampir jadi.

Setelah diganti dengan pot yang baru, bonsai akan tumbuh lebih sempurna dan bisa dinikmati untuk segera dijadikan tanaman hias.

Mudah bukan cara membuat bonsai sendiri. Segera ambil peralatan kamu dan bentuklah bonsai kamu sendiri.