Siapa yang tidak kenal bubur ayam? Menu makanan ini biasa disajikan saat sarapan. Terlebih bagi anak kuliahan, bubur ayam pasti jadi sarapan favorit untuk menghemat waktu dan tenaga di pagi hari.

Bahan-bahan untuk membuat bubur ayam pada dasarnya sama. Tapi, beberapa daerah memiliki kekhasan dalam menyajikan kuah dan tambahan lauk di atasnya selain ayam.

Kalau kamu bosan dengan bubur ayam yang biasa-biasa saja, resep ini bisa kamu gunakan untuk membuat bubur ayam sendiri. Coba intip, yuk!

1Bubur Ayam Khas Bali

astronomy-aficionado.com

Bubur ayam memang ada di mana-mana, termasuk di Bali. Cara membuat bubur ayam Bali ini cukup mudah.

bundagemes.wordpress.com
bundagemes.wordpress.com

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan, yaitu kacang panjang, ayam, kacang tanah goreng, kecambah, santan 250 ml, butir telur, satu gelas air, lada garam, dan penyedap rasa.

Sediakan juga bawang merah, bawang putih, dan buah kemiri masing-masing 2 buah. Tambahkan 1 sendok teh ketumbar dan lengkuas secukupnya. Bahan-bahan tersebut digunakan untuk bumbu.

Nah, sekarang tinggal mengolahnya. Pertama, buatlah bubur dari beras dan kuah bubur ayam.

Cara membuat bumbunya, bahan tadi dihaluskan lalu ditumis hingga harum. Sebagian dipisahkan sebagai campuran sayur. Setelah itu, masukan air secukupnya ke dalam tumisan tersebut.

Jika tumisan sudah selesai, sekarang saatnya merebus ayam. Taburkan garam, lada, dan penyedap rasa di atas rebusan ayam kemudian masukan santan dan aduk rata.

Kalau ayam sudah matang, kamu buat rebusan sayurnya, ya. Sayur yang direbus terdiri dari kacang panjang dan kecambah. Campurkan bumbu tumis dengan rebusan sayuran yang sudah ditiriskan.

Kini semua bahan telah siap dikombinasikan. Bubur ayam khas Bali sudah bisa disantap bersama taburan bawang goreng dan telur rebus. Selamat menikmati, guys!

2Bubur Ayam Khas Palembang

thelulife.com

Kamu rindu Palembang? Mungkin dengan membuat bubur ayam ini rasa rindumu akan sedikit terobati.

Bahan yang membedakan terletak dari bahan-bahan dasar untuk kuahnya. Kalau buburnya sih, sama-sama terbuat dari beras.

Bahan-bahan kuah yang perlu kamu sediakan, yaitu air, garam, bawang putih, bawang merah, buah pala, merica, bawang goreng, buah cengkih, kayumanis, daun salam, kecap manis, kecap asin, dan gula pasir.

Pelengkapnya cakwe, seledri, telur rebus, kerupuk udang, dan emping. Langkah pertama, tentu kamu buat buburnya terlebih dahulu. Campurkan dengan daun salam, garam, dan air lalu masak hingga matang.

Setelah bubur diangkat, buatlah kuahnya. Caranya, ayam direbus menggunakan ½ liter air. Ayam yang sudah matang diangkat lalu air rebusannya disaring dan dididihkan kembali.

Langkah berikutnya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan pala dan cengkih. Tumis sampai harum dan matang, ya. Lalu masukan tumisan ke dalam air kaldu. Tambahkan juga dengan bumbu-bumbu lainnya.

diahdidi.com
diahdidi.com

Nah, sekarang bubur ayam siap disajikan bersama kuah dan bahan pelengkap lainnya. Selamat mencoba, guys!

3Bubur Ayam Khas Betawi

zakaaaa.blogspot.com

Betawi terkenal dengan aneka kulinernya yang khas. Termasuk bubur ayam. Sebenarnya bahan-bahan bumbunya hampir mirip dengan bubur ayam Palembang. Namun, ada sedikit tambahan pada bumbu kuahnya.

Bahan bumbu untuk kuah bubur ayam khas betawi terdiri dari, dua buah paha ayam yang dimemarkan tulangnya dan jahe sepanjang 2 cm. Perbedaan lainnya terletak pada bumbu halus, yaitu ditambahkan ketumbar.

Cara membuatnya pun tidak berbeda dengan cara pembuatan bubur ayam dari Palembang. Hanya saja ketika membuat kuah, diberi tambahan dua paham ayam memar dan sedikit jahe sebagai penyedap.

resepdapurkeluargaku.blogspot.com
resepdapurkeluargaku.blogspot.com

Pertama kali, kamu harus buat bubur beras, kaldu ayam, garam, dan daun salam terlebih dahulu. Setelah itu buatlah kuahnya dengan menggunakan kaldu ayam yang dicampur air dan bumbu halus dan jahe yang sudah ditumis.

Kalau sudah matang semua, sajikanlah bubur beras bersama kuah, ayam dan bahan pelengkap.