Kacang hijau merupakan salah satu kuliner yang sangat popular di Indonesia. Penikmatnya mulai dari kalangan rakyat jelata hingga para pejabat elit.

Rasa kacang hijau yang unik ini membuat lidah tidak bisa melupakan kelezatannya.

Ada banyak cara memasak kacang hijau. Termasuk dua cara membuat kacang hijau berikut ini. Kamu bisa mencobanya di rumah. Dijamin, kamu akan merasakan kelezatan tak tertandingi dari bubur kacang hijau buatanmu sendiri.

Yuk, ikuti resepnya!

1Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan

ajeyshatiella.blogspot.com

Apakah kamu tergolong orang yang suka bubur kacang hijau namun anti santan? Resep ini pas sekali untuk kamu.

Tidak perlu repot-repot menyiapkan perasan santan. Kamu cukup menyiapkan bahan-bahan berupa kacang hijau, susu kental manis coklat, gula merah, gula pasir, jahe, daun pandan, dan garam dapur.

Langkah pertama, rebuslah air hingga mendidih. Setelah mendidih, masukan kacang hijau, jahe yang telah diiris-iris, gula jawa, dan daun pandan sebanyak dua helai.

youtube.com
youtube.com

Tahap kedua, kalau sudah terlihat matang, aduk-aduk buburnya hingga empuk. Kemudian masukan gula pasir, garam, dan susu kental manis rasa coklat. Tutup lagi dan tunggu sampai matang.

resepbukapuasasehat.ga
resepbukapuasasehat.ga

Setelah buburnya sudah matang, sajikan bersama roti tawar. Sekarang, bubur kacang hijau tanpa santan siap kamu santap.

2Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

kayyisatunnisaa.blogspot.com

Pernah makan ketan hitam? Rasanya gurih bukan? Bagaimana jika ketan hitam kamu campur dengan bubur kacang hijau? Sepertinya akan menghasilkan bubur kacang hijau yang rasanya tidak biasa.

Tapi, sebelumnya kamu siapkan bahan-bahan berupa kacang hijau, daun pandan, gula jawa, air matang, jahe, santan, vanili, beras ketan hitam, gula pasir, garam, dan tepung maizena.

Pertama, bersihkan dulu kacang hijau dan beras ketan hitam secara terpisah. Cara membersihkannya dengan merendam selama 8 jam. Setelah 8 jam, angkat, tiriskan, dan cuci sekali lagi.

Langkah selanjutnya, kamu buat bubur kacang hijaunya dulu ya. Caranya, rebus kacang hijau di dalam panci berisi air matang.

Masukan daun pandan dan jahe yang sudah dimemarkan. Biarkan rebusan bubur kacang hijau sampai air terlihat berkurang dan kacang merekah.

Segera masukan gula jawa, vanili, dan santan. Tutup pancinya dan biarkan hingga mendidih. Upayakan bubur direbus sampai mengental. Angkatlah panci bubur kacang hijau jika buburnya sudah matang.

Sekarang, kamu buat bubur ketan hitamnya. Caranya, terlebih dahulu rebus air kurang lebih 1.200 ml dan masukan daun pandannya, rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, masukan beras ketan hitam.

Gunakan api kecil saat memasak bubur ketan hitam. Kalau air sudah terlihat habis, segera masukan garam dan gula pasir. Rebus lagi hingga mengental. Aduk-aduk lalu cicipi rasanya. Jika sudah pas, angkat dan sisihkan.

primaradio.co.id
primaradio.co.id

Tahap berikutnya adalah menyiapkan santan. Ada dua jenis santan, yaitu santan kemasan dan santan yang berasal dari perasan kelapa.

Apapun jenis santan yang kamu pakai, masukan santannya ke dalam 150 ml air matang.

Aduk-aduk hingga rata lalu masukan ke dalam panci. Jangan lupa masukan daun pandan untuk mendapatkan rasa dan aroma sedap. Tambahkan garam supaya makin gurih kemudian diaduk-aduk sampai mendidih.

Selanjutnya, masukan tepung maizena yang sudah dilarutkan, tutup pancinya dan biarkan hingga mendidih. Sesudah matang, angkat santan dan tampung dalam sebuah wadah.

ekoqren.blogspot.com
ekoqren.blogspot.com

Tahap terakhir yakni mencampurkan bubur kacang hijau, ketan hitam, dan santan.

Kamu bisa menyajikannya secara berlapis mulai dari bubur kacang hijau, lalu di atasnya ada bubur ketan hitam dan diakhiri dengan santan putih.

Soal rasa, jangan khawatir! Dijamin bubur kacang hijau ini terasa lezat dan gurih. Selamat mencoba ya, guys!