Memang perlu kita akui kalau negara kita ini kaya akan variasi makanannya, mulai dari variasi sate, soto, dan variasi makanan lainnya seperti bubur. Banyak sekali lho jenis bubur di nusantara ini.

Nah, salah satu jenis bubur yang teksturnya lembut, gurih, dan enak diperut adalah bubur sumsum. Kamu pasti tau kan bubur sumsum? Mungkin kamu adalah salah satu penggemar dari bubur sumsum ini.

Jika kamu menggemari bubur sumsum, maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba membuat bubur sumsum sendiri. Perlu kamu tahu bahwa kalau masak sendiri itu, kamu akan mendapatkan dua kenikmatan lho?

Kenikmatan apa maksudnya? Pertama, kenikmatan saat kamu memakan bubur sumsumnya dan yang kedua adalah kenikmatan yang bersumber dari rasa puas setelah menghasilkan makanan yang lezat.

Lagi pula membuat bubur sumsum sederhana sekali lho caranya, nggak pakai ribet dan yang pasti nggak pakai mahal. Bahan-bahannya pun mudah kita beli di toko-toko klontong terdekat.

Daripada kamu nungguin kelamaan gimana caranya buat bubur sumsum, lebih baik langsung kita lihat saja yuk langkah-langkah membuatnya.

1Bahan untuk Membuat Bubur Sumsum

anieyzdelight.blogspot.com

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahan untuk membuat bubur sumsum itu sangat sederhana dan mudah di dapat. Bubur ini hanya membutuhkan tepung beras, garam, pandan, dan santan kelapa, atau bisa juga diganti dengan susu.

i-cantiksihat.blogspot.com
i-cantiksihat.blogspot.com

Selain bahan untuk membuat buburnya, kita pun perlu mempersiapkan bahan untuk membuat kuah gulanya. Kuah gulanya bisa kita buat dari campuran gula ditambah air bersih dan sedikit daun pandan.

berrykitchen.com
berrykitchen.com

Daun pandan yang digunakan untuk kuah gula ini berfungsi agar kuah gulanya menjadi wangi. Jadi dengan aromanya yang wangi, maka kita akan tambah berselera ketika akan memakan bubur sumsum ini.

2Cara Membuat Bubur Sumsum

sayangi.com

Langkah pertama yang perlu kita lakukan saat kita membuat bubur sumsum adalah menyiapkan santan. Jika kita mendapatkan santan dari kelapa asli, maka ya kita perlu memarut dan memeras santannya terlebih dahulu.

Setelah santannya siap, maka langkah selanjutnya adalah membagi santan menjadi dua bagian. Satu bagian dipanaskan terlebih dahulu bersama daun pandan.

foodncrochet.wordpress.com
foodncrochet.wordpress.com

Satu bagian santan yang lain kita campurkan ke tepung beras, kemudian ditambah garam, lalu diaduk hingga semua tepung berasnya tercampur rata dengan santannya.

Saat mengaduk pastikan bahwa tepung berasnya tidak ada yang menggumpal. Kalau tepungnya menggumpal, maka tekstur bubur sumsum yang kita buat menjadi kurang baik.

Saat santan diwadah yang pertama dipanaskan, maka secara bertahap kita bisa memasukkan campuran santan dan tepung beras di wadah yang kedua. Selama proses pencampuran aduk terus hingga mengental.

Jika bubur sumsumnya sudah mengental dan sudah berwarna mengkilat, maka ini tanda bahwa bubur sumsum yang kita buat sudah matang. Nah, kalau sudah matang maka bubur sumsumnya kita angkat dan kita dinginkan.

Selama menunggu bubur sumsumnya matang, maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah membuat kuah gulanya.

3Cara Membuat Kuah Gula

eatgreencake.wordpress.com

Untuk membuat kuah gula, tentunya jauh lebih sederhana dibandingkan kita membuat bubur sumsumnya. Kita hanya perlu mengiris-ngiris gula menjadi bentuk yang lebih halus.

Gulanya diiris supaya lebih cepat mencair ketika dipanaskan. Oiya, jangan lupa mencampur gulanya dengan air dan dicampur dengan daun pandan. Setelah gulanya mencair dan mulai mengental, maka angkat, dan dinginkan.

Bagaimana, mudah kan cara membuat bubur sumsumnya? Terbukti kan kalau nggak ribet?