Pasti banyak sudah tahu jajanan yang satu ini. Soalnya sudah banyak di pinggir jalan para pedagang yang menjualnya. Rasanya yang gurih dengan cocolan sausnya yang lezat membuatnya banyak digemari orang Indonesia.

Cakwe atau dalam bahasa Mandarin disebut youtiao adalah makanan yang berasal dari negeri Tiongkok, dan dibawa Suku Hokkian ke Indonesia disebut dengan nama Cakwe.

Banyak yang lebih senang membelinya di tempat-tempat jajanan, karena butuh waktu lama untuk membuat cakwe. Tetapi buat kamu yang kebetulan punya waktu luang yang cukup, membuat cakwe dengan resep yang kita tuliskan ini pasti akan menyenangkan.

Cara Membuat Cakwe yang Renyah

Bahan-Bahan:

  • Bahan utama yang digunakan adalah 250 gram tepung terigu kualitas bagus.
  • Baking soda kira-kira sebanyak setengah sendok kecil atau setengah sendok teh.
  • Garam dapur beryodium halus kurang lebih sebanyak 3/4 sendok teh atau sendok kecil.
  • Baking Powder yang dibutuhkan kira-kira sebanyak setengah sendok makan.
  • Air bersih untuk adonan secukupnya atau kurang lebih sekitar 200 ml.
  • Saus tomat kurang lebih dua sendok besar atau dua sendok makan (bahan saus).
  • Bawang putih lokal ukuran sedang agak besar 1 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan untuk campuran saus cakwe.
  • Gula pasir kurang lebih satu sendok teh (bahan saus).
  • Tepung maizena sebanyak setengah sendok makan (bahan saus).
  • Garam dapur beryodium setengah sendok teh (bahan saus).
  • Sambal instan atau sambal botol setengah sendok makan (bahan saus).
  • Air bersih matang kurang lebih 175 ml (bahan saus).
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kue cakwe nya nanti.

Cara Membuat:

Siapkan satu wadah cukup besar. Masukkan 3/4 sendok teh garam dapur beryodium, baking soda dan 1/2 sendok baking powder. Aduk dan campur semua bagian sampai tercampur rata.

youtube.com
youtube.com

Masukkan tepung terigunya dan campur sampai rata dan sampai tidak ada gumpalan. Tambahkan air bersih kira-kira 200 ml. Campur dan aduk semua bahan sampai rata dan kalis. Diamkan kurang lebih selama 15 menit sampai 20 menit.

Aduk dan uleni lagi adonan dari pinggir ke tengah sampai tercampur rata. Diamkan lagi selama 20 menitan. Ulangi proses ini 3-4 kali sampai adonan kue cakwenya elastis dan bisa dibentuk.

youtube.com
youtube.com

Balik adonan yang sudah elastis dan beri sedikit minyak di atas permukaannya. hal ini dilakukan supaya adonan kuenya tetap lembab. Diamkan lagi selama kurang lebih 50 menit sampai 1 jam.

youtube.com
youtube.com

Masukkan adonan di atas ke dalam plastik yang bersih. Diamkan di dalam plastik kurang lebih selama 3 jam sampai 4 jam.

youtube.com
youtube.com

Keluarkan adonan dan giling/tekan dengan kayu atau botol. Tekan adonan sampai agak tipis dengan ukuran tebal kurang lebih sekitar 0.5-1 cm dan panjangnya sekitar 5-6 cm. Jangan lupa tempatnya diberi sedikit tepung supaya adonan tidak lengket.

Rekatkan dan tempel 2 potongan adonan dengan air. Tekan bagian tengah sambungannya dengan sumpit dari atas ke bawah. hati-hati saat menekan dan jangan sampai putus.

youtube.com
youtube.com

Siapkan penggorengan dengan minyak cukup banyak dan api sedang kecil. Tunggu minyak sampai benar-benar panas dan kemudian masukkan beberapa potong adonan di atas.

Jangan lupa sebelum dimasukkan ke dalam minyak tarik adonan sampai memanjang. Goreng sambil dibolak-balik sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

youtube.com
youtube.com

Untuk membuat sausnya tinggal mencampur gula pasir, garam, saus sambal, saus tomat, bawang yang sudah dihaluskan, dan air matangnya.

Aduk-aduk sebentar sampai semua bahan tercampur dan rebus sampai mendidih. Angkat dan masukkan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk.

cookpad.com
cookpad.com

Cakwe dan sausnya sudah siap dihidangkan. Walau butuh waktu lama untuk membuatnya, tapi pasti hasilnya akan memuaskan karena buatan sendiri.