Minum es cendol di siang panas memang menyegarkan, sekaligus menghilangkan rasa haus yang sudah tak tertahan. Minuman khas Indonesia ini terbuat dari tepung beras yang disajikan bersama saus gula merah dan kuah santan yang terasa gurih.

Minum sekali saja tidak cukup, karena kamu akan ketagihan dengan sensasi segar yang akan didapat setelah minum satu teguk saja. Cendol memiliki warna yang khas, yakni warna hijau.

Nah, dari warnanya saja sudah terlihat menyegarkan, pantas saja rasanya pun begitu. Banyak sekali pedagang pinggir jalan maupun pedagang keliling yang menjajakan cendol.

Meski begitu, membuatnya sendiri di rumah pasti lebih sehat dan terasa nikmat. Yuk, buat cendolmu sendiri mulai dari sekarang.

1Membuat Cendol

crustabakes.wordpress.com

Sebelum kamu mengolah cendol, siapkan  terlebih dahulu semua bahan yang akan kamu gunakan untuk membuat cendol. Pastikan bahan-bahan tersedia dan tidak ada yang kurang. Jadi, disela-sela kamu masak tidak akan kebingungan mencari bahan lagi.

Kamu membutuhkan tepung beras sebanyak 75 gram serta 50 gram tepung sagu. 500 ml air bersih dan 1/4 sendok teh garam. Kemudian, 2 sendok teh air kapur sirih, untuk air kapur sirih ini optional, kamu boleh menggunakannya, boleh juga tidak.

thewonglist.blogspot.com

Untuk mendapatkan warna hijau alami yang akan digunakan sebagai pewarna cendol, kamu perlu daun suji sebanyak 40 lembar dan 10 lembar daun pandan. Kemudian kamu haluskan dan peras menggunakan 100 ml air bersih. Saring dan peras airnya.

Sekarang saatnya untuk mengolah semua bahan yang telah tersedia. Pertama-tama, siapkan saringan cendol yang kemudian diletakkan di atas wadah besar berisi air dingin yang banyak.

crustabakes.wordpress.com
crustabakes.wordpress.com

Setelah itu, siapkan wadah lainnya lagi untuk mencampur tepung beras, tepung sagu, air kapur sirih, dan air perasan daun suji serta daun pandan. Aduk sampai licin dan rata. Sisihkan. Lalu, masak air dalam panci yang telah diberi garam.

Masukkan larutan tepung dan aduk hingga mengental dan licin. Apabila sudah mengental, angkat adonan yang akan dibuat menjadi cendol tersebut. Tuangkan adonan secara perlahan pada saringan yang telah disiapkan.

Tekan-tekan adonan supaya keluar melalui saringan dan masuk ke dalam air dingin. Tiriskan cendol yang sudah memadat. Tetapi, sisakan sedikit air dalam wadah agar cendol tidak menyatu satu dan lainnya.

Cendol pun sudah jadi, sekarang saatnya menyiapkan bahan lain untuk membuat es cendol.

2Gula Merah

sayogand.blogspot.com

Cendol yang sudah jadi itu, kemudian dibuat menjadi es cendol yang terkenal dengan kesegarannya. Nah, untuk memberikan rasa manis dan nikmat dari es cendol itu, kamu harus membuat saus gula merah terlebih dahulu.

Siapkan 200 gram gula merah, 50 gram gula pasir, irisan daun pandan sebanyak 3 lembar, 6 lembar daun jeruk, dan 150 ml air bersih. Kemudian, siapkan panci untuk memasak saus gula merah ini.

Masukkan semua bahan ke dalam panci dan masak hingga mendidih. Setelah mendidih, maka kecilkan api dan tunggu hingga gula menjadi larut. Angkat dan saring saus gula merah untuk membuang ampasnya.

3Kuah Santan

primaradio.co.id

Selain gula merah, pelengkap es cendol yang lain adalah kuah santan. Sensasi gurih dari es cendol akan kamu dapatkan dari kuah santan ini. Sekarang, mari kita buat terlebih dahulu si kuah santan sebelum menyajikan es cendolnya.

Siapkan terlebih dahulu 600 ml santan dari setengah butir kelapa, 2 lembar daun pandan, dan potong sepanjang 2 cm, ½ sendok teh garam dan nangka secukupnya.

www.youtube.com
www.youtube.com

Kemudian, rebus santan dalam sebuah panci, tambahkan garam dan irisan daun pandan sambil diaduk agar santan tidak pecah. Masukkan nangka dan masak hingga santan mendidih dan nangka layu. Angkat dan dinginkan.

4Saran Penyajian

www.pegipegi.com

Semua bahan untuk membuat es cendol pun sudah siap, sekarang saatnya untuk menyajikan es cendol untuk segera disantap.

Pertama-tama, siapkan gelas atau mangkuk untuk menyajikan si cendol. Setelah itu, masukkan es batu terlebih dahulu di dasar gelas atau mangkuk, baru beri saus gula merah, cendol dan kuas santan secara berurutan. Es cendol pun siap untuk dihidangkan.

SHARE