Cilok merupakan jajanan khas kota Bandung yang sangat populer dan telah menjamur diberbagai daerah di Indonesia, sehingga makanan ini mudah dijumpai diberbagai tempat.

Bentuknya yang bulat dan bertekstur kenyal sangat disukai oleh masyarakat dan bisa membuat kamu ketagihan untuk ingin menyantapnya setiap hari.

Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok. Aci merupakan bahasa Sunda dari tepung tapioka, sedangkan maksud dari kata dicolok adalah ditusuk.

Sesuai dengan namanya, cilok merupakan adonan aci yang dihindangkan dengan cara ditusuk. Cilok memiliki pendamping setia dalam penyajiannya.

Cilok disajikan bersama dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas, sehingga akan menambah kenikmatan dan kelezatan dari cilok itu sendiri.

Harga jual cilok pun dapat dikatan murah dan terjangkau, tetapi jika kamu tidak yakin dengan kebersihan cilok yang dijajakan diluar sana, kamu dapat membuatnya sendiri.

Cara membuat cilok ini sederhana saja, bahan bakunya pun mudah dan biasa kamu jumpai, berikut cara yang praktis untuk membuat cilok dan bumbu kacang sendiri di rumah.

1Bahan-bahan untuk Membuat Cilok

bandung.bisnis.com

Bahan dasar pembuatan cilok adalah tepung aci atau tepung tapioka. Tepung aci dibuat dari singkong yang diparut, diambil sari patinya dan diendapkan lalu dijemur.

Pastikan kamu telah menyiapkan bahan utama dan bahan-bahan pelengkap terlebih dahulu sebelum membuat cilok.

Bahan yang dibutuhkan adalah 100 gram tepung tapioka, 100 gram tepung terigu, 1 sdm ebi sangrai yang telah dihaluskan, 200 ml air panas atau secukupnya.

Siapkan juga 1 siung bawang putih, 2 batang daun bawang yang telah diiris-iris, ¼ sdt merica bubuk, ½ sdt gula pasir, 1 sdt kaldu bubuk dan garam secukupnya.

2Bahan-bahan untuk Membuat Sambal Kacang

tawangrejo.magetan-desa.info

Sambal kacang merupakan pelengkap yang wajib kamu gunakan ketika akan menyantap cilok. Supaya cita rasa yang diberikan lebih nikmat.

Kacang yang digunakan dalam pembuatan sambal kacang ini adalah kacang tanah. Siapkan 100 gram kacang tanah serta 1 siung bawang putih.

Siapkan pula 3 buah cabai merah atau sesuai selera, 25 gram gula merah, kecap manis dan garam secukupnya, jika kamu suka bisa menambahkan saus sambal sesuai selera.

3Cara Membuat Cilok

www.winnywidyawati.com

Campurkan tepung terigu dan bumbu-bumbu yang telah disiapkan tadi, tuang air panas secukupnya sampai adonan cukup basah namun tidak encer.

Setelah itu masukkan tepung tapioka atau tepung kanji dan aduk rata, jangan diuleni terlalu kuat supaya cilok yang dihasilkan tidak terlalu kenyal.

Jika adonan dirasa masih terlalu kering, kamu boleh menambahkan air hingga adonan sudah dapat dibentuk dengan baik.

erincipta12.blogspot.com
erincipta12.blogspot.com

Kemudian bentuk adonan menjadi bulat, lalu rebus dalam air mendidih hingga mengapung dan matang. Setelah itu angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

4Cara Membuat Sambal Kacang

tmirsida.wordpress.com

Pertama-tama yang perlu kamu lakukan adalah menggoreng kacang tanah, cabai dan bawang putih hingga matang.

Jika sudah matang haluskan kacang, bawang putih dan cabai kemudian tambahkan gula, garam, kecap dan saus. Lalu aduk rata.

Sambal kacang buatan sendiri pun dapat kamu hidangkan sebagai pelengkap dari cilokmu.

Kamu dapat menghidangakan cilok dalam sebuah mangkok kemudian siram sambal kacang di atasnya.

www.nasikotaksurabaya.com
www.nasikotaksurabaya.com

Bisa juga kamu sajikan cilok dengan cara ditusuk menggunakan tusuk sate lalu kamu cocolkan cilok ke dalam sambal kacang.

Cilok yang sederhana dan praktis pun dapat kamu sajikan sebagai menu camilan kesukaan keluargamu dan yang pasti dijamin kebersihannya.

Selamat mencoba.

SHARE