Cimol adalah makanan yang berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat. Cimol merupakan singkatan dari aci digemol. Dari namanya dapat diketahui bahwa jajanan anak satu ini berasal dari aci atau tepung kanji.

Meskipun cimol berasal dari tanah Sunda, namun jajanan ini terkenal hingga seantero nusantara sejak zaman bahuela.

Saat kamu SD pasti sudah akrab dengan makanan yang berbentuk bulat putih dengan cabai serbuk pedas. Harganya murah meriah dan terjangkau untuk kantong anak SD. Tekstur yang kenyal serta rasa gurih dan pedas juga disukai anak-anak.

Namun, akan lebih sehat jika bunda memasak cimol ala rumahan untuk camilan bersama suami dan anak-anak saat liburan. Memasak sendiri dapat dikondisikan kebersihan selama pemasakan dan tanpa menggunakan MSG.

Cara membuat cimol rumahan tidaklah sulit. Bahan-bahan yang digunakan juga sederhana, murah, dan mudah didapatkan. Berikut ini cara membuat cimol rumahan yang kenyal, gurih, dan sehat.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.srindr.blogspot.com

Bahan yang perlu disiapkan diantaranya tepung sagu 1 Kg, tepung beras 10 sendok makan, tepung terigu 8 sendok makan, lada secukupnya, soda kue ½ sendok teh, dan air secukupnya.

Agar lebih lezat buatlah sambal cimol dengan menyiapkan cabai rawit sesuai selera, gula merah 50 gram, asam jawa 3 sendok makan, bawang putih 3 siung, gula pasir 2 sendok makan, garam 1 sendok teh, dan air 250 ml.

2Buatlah Adonan Cimol

www.kulinertetehcantik.blogspot.com

Campurkan tepung sagu, tepung beras, tepung terigu, dan garam. Kemudian tambahkan air hangat sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil di aduk menggunakan sendok atau tangan.

Jangan lupa cuci tangan ya sebelum mencampurkan adonan ini.

Setelah adonan sudah mulai mengental, tambahkan soda kue. Aduk kembali adonan sampai semua tercampur merata.

3Goreng Cimol

www.youtube.com

Ambil adonan dan bentuklah adonan. Biasanya bentuk cimol bulat seperti kelereng. Namun kamu dapat memodifikasi bentuk cimol sesuai selera dengan cetakan kue.

Selanjutnya siapkan penggorengan yang telah ditambahkan minyak. Masukan cimol ke dalam minyak panas dengan api sedang. Aduk-aduk beberapa kali agar adonan mengembang.

Setelah matang, angkat cimol dari penggorengan dan tiriskan.

4Buatlah Sambal Cimol

www.anissarizki.blogspot.com

Cara membuat sambal cimol sangat mudah. Haluskan bawang putih, cabai rawit, dan garam. Selanjutnya campurkan bahan-bahan sambal yang lain ke dalam panci di atas perapian sedang.

Rebus bahan-bahan sambal cimol ini sampai mendidih. Terakhir sambal cimol disaring untuk menghilangkan kotoran-kotoran.

5Sajikan untuk Keluarga

www.felisblog.web.id

Sajikan cimol selagi masih hangat dengan menyiramkan sambal cimol ke atasnya. Namun jika kamu tidak mau repot membuat sambal cimol, maka belilah bubuk cabai instan di swalayan.

Bubuk cabai tersebut tersedia dalam berbagai varian rasa seperti rasa balado, rasa keju, barbeque, dan lain-lain. Kamu dapat memilih bubuk cabai sesuai selera keluarga di rumah.

Jangan lupa untuk membeli bubuk cabe yang sudah tersertifikasi kesehatannya oleh BPOM atau minimal terdapat sertifikasi PIRT. Agar lebih aman kehalalannya, pastikan bubuk cabai instan tersertifikasi halal oleh LPPOM MUI.

www.renimardiyani.blogspot.com
www.renimardiyani.blogspot.com

Bagaimanapun juga sambal cimol yang paling aman sebenarnya adalah sambal cimol buatan sendiri. Tanpa bahan penyedap dan tanpa bahan pengawet. Atau jika kamu masih memiliki stok sambal kacang di kulkas, kamu dapat menghidangkannya bersama cimol.

Sajikan bersama teh hangat untuk menemani bercengkrama bersama keluarga di saat hujan di hari libur.

Cimol adalah makanan asli Indonesia. Sudah semestinya kita mengenalkan cimol kepada anak-anak agar makanan ini tidak tergerus oleh zaman dan tergantikan dengan jajanan-jajanan modern.

SHARE