shugarysweets.com

Cara Membuat Donat Goreng dengan Berbagai Topping Menggiurkan Sesuai Selera

Posted on

Donat atau yang dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan donut / doughnut sudah sangat terkenal di Indonesia. Bahkan banyak merek dagang tertentu yang khusus hanya menjual donat dan sangat digemari oleh khalayak luas.

Menurut catatan sejarah, kata doughnuts pertama kali diperkenalkan dalam sebuah buku resep yang dipublikasikan tahun 1803. Sebuah buku yang menjelaskan bahwa donat berasal dari Amerika.

Memang pada awalnya roti ini mempunyai topping yang unik dan spesifik yaitu taburan hancuran kacang. Kini, setelah ratusan tahun perkembangannya topping donat juga ikut berkembang dalam berbagai jenis, bentuk, dan rasa.

Tentu saja kamu bisa membuat donat asli buatan kamu sendiri, berikut cara membuat donat goreng yang bisa kamu praktekkan di rumah.

Bahan Donat Goreng

toko-indonesia.org
toko-indonesia.org

Beberapa bahan yang harus kamu siapkan adalah 200 ml air matang, ½ kg tepung terigu, 4 sendok makan (sdm) gula pasir, 3 sdm susu bubuk, 3 sdm mentega, 2 telur ayam, 2 sendok teh (sdt) garam, dan 11 gram ragi instan.

Membuat Adonan

diahdidi.com
diahdidi.com

Kamu cukup menggunakan tangan dalam mencampur seluruh adonan donat dalam wadah besar. Pertama, masukkan 2 butir telur lalu kocok bebas. Kemudian masukkan tepung terigu, susu, dan mentega. Aduk hingga merata.

Masukkan gula pasir perlahan sambil terus kamu aduk, kemudian masukkan garam. Larutkan ragi dalam air secukupnya kemudian campurkan ke dalam adonan. Uleni adonan hingga kalis, jangan sampai masih tersisa gumpalan tepung.

Diamkan adonan dan tutup wadah dengan kain basah, tempatkan di lokasi yang terpapar cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Proses ini penting karena adonan donat akan mengembang dalam kondisi seperti ini.

Membentuk Lubang Donat

diahdidi.com
diahdidi.com

Pertama, sebelum membentuk adonan, kamu bisa melumurkan tepung terigu pada tangan kamu agar adonan tidak lengket di tangan.

Giling perlahan adonan dengan tangan dan bentuklah melingkar dengan cara menyambungkan ujung dengan ujung adonan.

Kamu bisa membentuknya dengan mudah menggunakan tangan. Jika dirasa terlalu memakan banyak waktu, kamu bisa menggunakan alat atau cetakan adonan donat yang dijual di pasaran.

Menggoreng Donat

diahdidi.com
diahdidi.com

Nah, sekarang adonan donat siap digoreng. Goreng dengan api sedang agar donat tidak mudah gosong. Kamu juga harus memasukkan adonan donat satu per satu, bukan banyak sekaligus.

Atur kematangan sehingga satu sisi donat yang berwarna lebih coklat akan kamu jadikan bagian bawah dan sisi lainnya yang berwarna lebih kekuningan kamu jadikan sebagai tempat menghias topping nantinya.

Pembedaan bagian donat yang gelap dan terang ini penting agar donat yang kamu hasilkan seragam dan lebih menarik. Sedap dipandang dan enak dimakan. Oleh karena itu kamu harus berkonsentrasi penuh dalam proses menggoreng donat.

Topping Aneka Selera

bekicookscakesblog.blogspot.com
bekicookscakesblog.blogspot.com

Tentu saja bahan untuk membuat topping donat juga harus kamu siapkan untuk menghasilkan donat terbaik yang pernah dimakan oleh keluarga kamu. Kamu bisa melakukan kombinasi berbagai bahan untuk topping donat kamu.

endlesslyinspired.com
endlesslyinspired.com

Topping yang paling umum digunakan sebagai pelengkap donat adalah coklat dan meses. Namun kamu bisa menggunakan bahan lainnya seperti karamel, kismis, atau bahkan gula manis bubuk berbagai rasa dan warna.

Kamu juga bisa membuat sendiri semacam selai dari jus buah kental yang kamu suka. Krim susu dan es krim juga bisa kamu jadikan pelengkap santapan donat buatan kamu sendiri.

Bagaimana? Penyajian topping donat seperti apa yang kamu jadikan pilihan untuk ‘mendandani’ donat buatan kamu ini?

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *