Memasuki tahun baru, tentunya banyak harapan baru juga yang kamu impikan. Mungkin salah satunya adalah perbaikan kondisi ekonomi. Tapi di zaman seperti sekarang ini agak sulit apabila kita mengandalkan penghasilan dari bekerja dengan orang lain.

Kalo nggak kerja dengan orang, terus kita dapat penghasilannya dari mana? Selain bekerja dengan orang, kita pun bisa mendapatkan uang dari berjualan. Komoditinya bisa apa saja, misalnya saja jualan donat kentang.

yesienes85.blogspot.com
yesienes85.blogspot.com

Kenapa donat kentang? Karena donat kentang banyak digemari oleh banyak orang. Selain itu, cara membuatnya mudah lho. Jadi kamu bisa membuat dan menjualnya sendiri. Dengan cara seperti ini, kamu bisa dapat untung lebih banyak deh.

Wah, menarik juga ya berbisnis donat kentang, jadi pengen tau cara buatnya. Nah, untuk kamu-kamu yang penasaran dan ingin mencoba buat donat kentang, baiknya langsung kita lihat saja yuk tata caranya di bawah ini!

1Bahan untuk Membuat Donat Kentang

ninq100percent.blogspot.com

Sebelum kita membuat donat kentang, tentunya kita perlu menyiapkan bahan-bahan untuk membuatnya terlebih dahulu. Pastikan bahan-bahan yang kamu pilih berkualitas baik ya! Dan lihatlah tanggal kadaluarsa bahannya.

Untuk membuat donat kentang, bahan utama yang kita perlukan adalah tepung terigu, telur, kentang, dan mentega. Untuk setengah kilogram tepung, maka kita membutuhkan 4 butir telur, masing-masing seperempat kilogram kentang dan mentega.

anneahira.com
anneahira.com

Selain bahan-bahan di atas kita pun membutuhkan ragi instan, garam, gula, minyak goreng, sedikit air, dan baking powder. Penambahan ragi di sini berfungsi sebagai bahan untuk membantu membuat donat ini mengembang dengan proses fermentasinya.

Nah, jika kamu ingin donatmu memiliki toping aneka rasa di atasnya, maka ada baiknya kamu menyiapkan bahan untuk topingnya. Bahannya bisa meises, coklat batang, dan margarin.

2Cara Membuat Donat Kentang

pawonomah.blogspot.com

Hal pertama yang perlu kita lakukan saat membuat donat kentang adalah merebus kentangnya. Setelah matang, maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menghaluskan kentang sampai benar-benar halus.

Setelah kentang dihaluskan, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan semua bahan, kecuali garam dan mentega. Garam dan mentega dicampur setelahnya, karena jika dicampur bersamaan akan membuat adonan jadi kaku.

diahdidi.com
diahdidi.com

Setelah semua bahan dicampur, maka aduklah secara merata dengan alat pengaduk. Aduklah sampai benar-benar kalis atau sampai tidak lengket lagi jika dibentuk.

Adonan yang sudah kalis kemudian dibagi menjadi beberapa bagian. Baru setelah itu didiamkan selama kurang lebih 30 menit sampai adonannya benar-benar mengembang.

Nah, jika adonannya sudah mengembang, maka bentuklah adonan tadi menyerupai bentuk donat pada umumnya, yaitu memiliki lubang di bagian tengahnya. Namun, bentuk yang lain pun juga bisa, disesuaikan dengan selera kamu.

diahdidi.com
diahdidi.com

Jika sudah dibentuk, maka kini saatnya kamu menggorengnya. Gunakan api kecil saat menggoreng. Tentunya, kamu baru boleh memasukkan donatnya saat minyak yang kamu pakai untuk menggoreng sudah panas.

Saat menggoreng pun, kamu perlu meyediakan sumpit. Agar bentuk lubang pada donat tetap ada seperti saat kita membentuknya. Goreng donat sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.

3Menghias Donat dengan Toping

resepkuekering.info

Jika donat sudah matang, maka langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah menghias donat dengan toping. Walaupun sebenarnya kamu cukup menaburi dengan gula halus saja.

Namun, jika kamu ingin donatmu memiliki toping, maka kamu perlu melelehkan coklat batangan terlebih dahulu. Baru kemudian celupkan bagian atas donatnya. Setelah itu, kamu letakkan donat yang sudah berlumur coklat itu ke atas tumpukan meises.