Cara Membuat Es Krim Lezat dengan Mudah dan Sederhana

bloggerblast.com

Siapa bilang es krim makanannya anak kecil saja? Sekarang setiap orang dari anak-anak sampai yang udah beruban juga suka merasakan kesegaran es krim.

Walaupun pada faktanya makanan ini memang lebih banyak dibeli oleh anak-anak. Mungkin bagi orang dewasa agak malu untuk membeli es krim di super market.

Namun jangan khawatir, bagi kamu yang kepengen banget makan es krim namun males beli es krim di luar, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

Banyak yang bilang membuat es krim itu susah dan merepotkan. Padahal seperti resep di bawah ini, membuat es krim itu cukup mudah kok! Bahkan cukup dengan melakukan satu kali proses pelembutan es krim atau satu kali menggunakan mixer saja.

Kebanyakan pembuatan es krim dilakukan lebih dari sekali mixer, sehingga menjadi merepotkan dan akhirnya beralih ke teknik blender. Padahal cita rasa blender tentu tidak selezat dengan teknik mixer.

Nah, agar kamu tetap dapat menikmati es krim lezat dengan cara yang mudah, kamu bisa mengikuti resep membuat es krim di bawah ini, resep sederhana hanya dengan satu kali mixer saja.

1Resep Es Krim Lezat dan Sederhana Membuatnya

mommyish.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es krim sederhana:

sweets.seriouseats.com
sweets.seriouseats.com
  • 3 sendok makan tepung maizena berkualitas
  • 1 kaleng penuh susu kental manis (bisa memakai merk apapun dan juga varian rasa apapun sesuai selera, misalnya yang putih, coklat, atau rasa mocca)
  • 1 buah telur
  • 1 sdm SP /Ovalet /TBM
  • 750 ml air
  • Pasta makanan (ini dibutuhkan untuk memberikan rasa pada es krim yang dibuat, bisa juga hanya memakai pewarna makanan)

2Cara Pembuatan Es Krim 1 Kali Mixer

sweets.seriouseats.com

Sebelum di-mixer, bahan es krim ini akan dimasak terlebih dahulu di atas kompor. Yang pertama disiapkan adalah satu buah panci. Kemudian masukkan air dan tepung maizena.

Selanjutnya tepung dan air diaduk-aduk sampai rata dan tak ada lagi butiran tepung yang terlihat. Setelah air menyatu dengan tepung, maka tambahkan satu butir telur dan kembali diaduk-aduk hingga tak terlihat lagi bentuk dari telur tersebut.

Tandanya telah tercampur, adonan di dalam panci akan terlihat lebih berwarna kuning karena warna telur yang telah diaduk dengan tepung.

Langkah selanjutnya, adonan di atas akan dimasak dengan api sedang sambil diaduk-aduk. Pengadukan harus tetap dilakukan sampai larutan telah mendidih. Jika pengadukan dihentikan maka bagian bawah panci akan gosong.

Jika sudah terlihat letupan-letupan dari dasar panci maka hal ini menandakan bahwa adonan sudah mendidih dan api pun bisa dimatikan. Diamkan adonan ini dan biarkan sampai dingin.

beritahu.me
beritahu.me

Setelah dingin, inilah waktunya untuk pe-mixer-an. Pemixeran dilakukan dengan kecepatan yang paling tinggi. Pe-mixer-an yang pertama adalah pada adonan itu sendiri selama 5 menit. Kemudian, ditambahkan SP lalu di-mixer lagi selama 5 menit juga.

Setelah itu, tambahkan satu kaleng penuh susu kental manis dan mixer kembali selama 15 menit. Sesudah 15 menit, tambahkan pasta atau pewarna makanan sesuai dengan selera.

Jangan terlalu banyak menambahkannya, cukup beberapa tetes saja. Kemudian di-mixer lagi sebentar agar pasta dapat tercampur rata dengan adonan.

Adonan telah jadi dengan hanya sekali mixer. Sebelum dimasukkan ke freezer, kamu bisa menempatkan adonan es krim di wadah yang kamu sukai agar bentuknya menarik.

lovefromtheoven.com
lovefromtheoven.com

Jika dimasukkan ke cup plastik kecil yang banyak beredar di pasaran, maka satu resep ini akan menghasilkan 44 cup. Setelahnya, masukan es krim ke freezer dan tunggu sampai beku. Es krim susu siap untuk dinikmati bersama keluarga.

bloggerblast.com
bloggerblast.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here