Jaman dahulu ketika kita ingin berkomunikasi dengan saudara yang jauh ataupun dengan teman di luar kota, surat adalah salah satu akses yang digunakan untuk berkomunikasi.

Seiring perkembang jaman, penggunaan telepon sebagai media komunikasi mulai marak di kalangan masyarakat. Berawal dari telepon rumah kemudian telepon genggam. Sekarang bisa kamu lihat hampir setiap orang mempunyai telepon genggam.

Di jaman modern ini kemajuan teknologi berkembang pesat. Salah satunya di bidang komunikasi.

Sekarang kita tak hanya bisa berkomuniksai dengan saudara kita yang berada di luar kota bahkan kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia dengan hanya duduk santai di rumah.

Banyak media sosial yang memudahkan kita untuk menjalin komunikasi dengan siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Salah satu media sosial yang booming saat ini adalah facebook.

Siapa yang tak tahu facebook? Facebook adalah sistem jaringan pertemanan dalam dunia online. Dengn facebook kamu bisa menjangkau kerabat, keluarga hingga teman dimanapun berada, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Mark Zuckerberg adalah penemu dan pembuat situs jejaring sosial ini. Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh facebook. Antara lain dapat digunakan sebagai media komunikasi yang mudah, gratis, dan menjangkau seluruh dunia, mencari teman baru ataupun teman lama.

Tidak hanya itu, melalui jejaring ini, kamu bisa membuat grup atau komunitas, beriklan, berjualan online, dan banyak lagi manfaatnya.

Nah, bagi kamu yang saat ini belum memilki akun facebook dan kebingunggan dengan cara membuatnya, baiklah berikut cara membuat facebook dengan langkah-langkah yang mudah.

1Memiliki Email

leafculture.files.wordpress.com

Kamu harus memiliki email untuk mendaftar ke akun facebook. Tidak ada ketentuan khusus jenis email apa yang harus digunakan. Kamu dapat memakai gmail, yahoo, hotmail, dan lain-lain.

Selain email, kamu juga dapat menggunakan nomor handphone mu sebagai pengganti email yang nantinya ada kode yang akan dikirim melalui SMS sebagi kode konfirmasi. Jika kamu sudah memiliki email, bisa lanjut ke langkah berikutnya.

2Mengunjungi Website Facebook

ahlifacebook.files.wordpress.com

Setelah kamu memiliki akun email, bukalah website facebook.com. Perhatikan tampilan yang tersedia, apakah tampilan tersebut menggunakan bahasa asing atu bahasa Indonesia.

Jika tampilan masih memakai bahasa asing perhatikan bagian pojok kiri bawah. Kemudian klik link Bahasa Indonesia agar bahasa yang tampil adalah bahasa Indonesia.

3Masukan Biodata Pribadi

apptekno.com

Selanjutnya kamu diminta untuk memasukan data pribadi kamu secara lengkap. Isi Nama Depan dan Nama Belakang. Misal nama lengkapmu Purnama Indah. Pada kolom Nama Depan diisi dengan Purnama dan kolom Nama Belakang dengan Indah.

Pada kolom Email Anda isilah alamat email kamu. Kemudian masukkan alamat email mu kembali pada kolom Masukan Email Ulang. Kolom terakhir yang harus kamu isi adalah Kata Sandi Baru.

Pada kolom tersebut kamu harus mengisi kata sandi rahasiamu. Sebaiknya gunakan kata sandi yang tidak umum, misalnya gunakan kata sandi yang menggunakan kombinasi kata dan angka.

Selanjutnya pada kolom tanggal lahir pilihlah pilihan Tanggal, Bulan, Tahun sesuai dengan data kelahiranmu. Kemudian pada kolom Jenis Kelamin pilih Perempuan atau Laki-laki sesuai dengan data diri kamu.

Jika kamu sudah selesai mengisi biodata dengan lengkap lalu kilik Mendaftar.

4Mengatur Tampilan Facebook

i2.wp.com/yudhabook.com

Selanjutnya akan muncul tampilan yang berisi Langkah 1>Langkah 2>Langkah 3. Pada bagian Langkah 1, perhatikan pojok kanan bawah klik saja ‘Lewati Langkah Ini’.

Kemudian pada Langkah 2 kamu diminta untuk mengisi Informasi Profil kamu. Isilah pada kolm Kota Sekarang-Kota Asal-SMA sesuai data kamu. Lalu klik ‘selanjutnya’.

Kemudian pada Langkah 3, kamu diminta menambahkan Foto Profil mu. Masukkan foto yang kamu inginkan sebagai foto profil akun Facebookmu dengan cara klik tombol ‘Tambahkan Foto’ dan cari fotomu yang ada di komputer. Upload lah, maka akan muncul foto profilmu. Lalu klik ‘Selanjutnya’.

Kamu juga bisa melewati Langkah 2 dan Langkah 3 dengan klik ‘Lewati’. Langkah berikutnya, akan muncul tampilan untuk membuka email agar dapat mengisi kode verifikasi.

Bukalah emailmu, akan terdapat pesan dari facebook, lalu klik lah. Perhatikan kode unik yang muncul. Klik konfirmasi akun baru. Selamat kamu telah mempunyai akun facebook.

Bukalah akun facebook mu dengan alamat email dan kata sandi yang kamu buat tadi. Sekarang kamu telah memiliki akun facebook.

Nah, itu tadi beberapa cara membuat facebook. Mudah bukan? Setelah kamu mempunyai facebook, kamu bisa update status, mengirim pesan ke teman-teman ataupun berbagi informasi melalui facebook. Selamat mencoba.